Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3630 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
44766 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 10 LANGSA
Oleh : Ria septia | Prog.Studi : PGSD (2024)

Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kesiapan belajar. Kesiapan siswa dalam memulai pembelajaran di kelas sangat menentukan apakah siswa termotivasi atau tidak untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 La Hubungan, Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar Siswa [...]

PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UNTUK SISWA SDN PERCONTOHAN KOTA LANGSA
Oleh : Cut syafnila | Prog.Studi : PGSD (2024)

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses pembelajaran sehingga mempermudah penyampaian informasi dalam pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media e-comic. Pengembangan dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran untuk mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Percontohan Kota langsa. Jenis penelitian in pengembangan, media e-comic [...]

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU KELAS IV SD NEGERI 2 LANGSA
Oleh : Isnawati | Prog.Studi : PGSD (2024)

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya respon siswa pada materi yang diajarkan oleh guru dan juga belum bisa memecahkan masalah, selain itu pembelajaran yang terjadi di dalam kelas masih terlihat monoton dengan guru yang menjelaskan dan siswa hanya membaca, mencatat, dan mendengarkan tanpa ada respon balik dari siswa. Penelitian ini bertujuan Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual materi Aku dan Kebutuhanku [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS 1 SD NEGERI 2 SEULALAH KOTA LANGSA
Oleh : Alfi Soraya Ritonga | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dan mengetahui desain, kelayakan dan kepraktisan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Analisis (Analysis), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Impleme Pengembangan, Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT (PPT) INTERAKTIF MATEMATIKA KELAS III SDN 5 LANGSA
Oleh : M. Idris | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini berjudul Pengembangan PowerPoint (PPT) Media Pembelajaran Interaktif Matematika Kelas III SDN 5 LANGSA. Penelitian ini didasari belum adanya pengembangan media Power Point PPT Interaktif matematika dikelas III SDN 5 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media Power Point interaktif Matematika Kelas III dari ta R&D, model ADDIE, PPT Interaktif, Perkalian dan Pembagian [...]

ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR
Oleh : Sarah Nadia | Prog.Studi : PGSD (2024)

Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) adalah sebuah inisiatif atau program yang bertujuan untuk mempromosikan, memahamkan dan menguatkan, pemahaman dan penerapan pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi bangsa di Indonesia. Projek (P5) bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan pengalaman nilai-nilai pancasila dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk dal Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik dan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh : Sintawati | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic dan mengetahui desain, kelayakan serta mengetahui kepraktisan pada media pembelajaran e-comic yang sudah dikembangkan. Metode pada penelitian ini adalah R&D research and development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1. Analysis, 2. Pengembangan, Media pembelajaran e-comic [...]

PENGARUH METODE STEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 10 LANGSA
Oleh : Mutia Zahratul Indiani | Prog.Studi : PGSD (2024)

Melihat permasalahan siswa pada pembelajaran IPAS, peneliti ingin menerapkan metode STEAM untuk mempengaruhi keberhasilan belajar IPAS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode STEAM terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 10 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Expe Metode STEAM, Hasil Belajar IPAS siswa. [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ( TTW ) BERBANTUAN MEDIA LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 7 LANGSA
Oleh : Padlika Askila | Prog.Studi : PGSD (2023)

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan serta hasil penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media LKPD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Langsa. Dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan, penerapan serta mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berb model think talk write, media LKPD, hasil belajar matematika [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh : Ade Tasya Nurlita | Prog.Studi : PGSD (2024)

Media pembelajaran berperan penting dalam proses pembelajaran dikelas. Siswa akan terbantu memahami pesan-pesan yang disampaikan, terlebih penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku. Metode penelitia Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash [...]

PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK (FTB) BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI KELAS II A SD NEGERI 2 SEULALAH   
Oleh : Cintia Ayunita | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di kelas II A. Pada muatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang masih kurang optimalnya dalam penggunaan media pada pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa, sehingga dalam proses belajar mengajar dapat bermakna. rumusan masalah penilitian ini ialah. Bagaimanakah desain pengembangan media PKN,Media,Fun Thinkers Book (FTB)  [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS IV SDN 7 LANGSA
Oleh : Nur Ulfasari | Prog.Studi : PGSD (2024)

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran siswa. Melihat hasil belajar siswa yang menurun, menunjukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi juga cukup rendah. Media yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi cara menghargai keberagaman budaya di lingkungan sekitar ialah media pembelajaran audiovisual Permasalahan ini terkait dengan media pe Media Pembelajaran audiovisual, Validitas, Praktikalitas dan Efektivitas [...]

NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU KUMPULAN DONGENG SI KANCIL: BINATANG KECIL YANG CERDIK LUCU DAN MENGGEMASKAN
Oleh : Nur Azizah | Prog.Studi : PGSD (2022)

Karakter pada anak dapat dibentuk melalui lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Media buku, cerita, dongeng dan media lainnya yang termasuk bagian dari hal-hal yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter pada anak. Pemilihan cerita dongeng yang layak dan mendidik untuk anak mestinya menjadi perhatian penting bagi orangtua maupun keluarga. Guru juga mendapat Nilai Karakter, Buku Dongeng Si Kancil [...]

ANALISIS NILAI MANDIRI PADA FILM BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH
Oleh : Reni nopita sari | Prog.Studi : PGSD (2024)

Pembentukan karakter mandiri dapat dilakukan melalui berbagai media. Salah satu media yang efektif untuk menanamkan nilai karakter adalah dongeng.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai mandiri yang terdapat pada film Bawang Merah dan Bawang Putih. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Subyek penelitian ini film. Tekn Nilai Mandiri, Film Bawang Merah dan Bawang Putih [...]

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Oleh : Putri Melati Sukma | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis aplikasi canva. Untuk mengetahui desain, kelayakan dan kepraktisan serta mengetahui pengaruh video pembelajaran berbasis canva terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembang Pengembangan, Video Pembelajaran Berbasis Canva, Minat Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK KELAS III SD
Oleh : Nectaria Calysiana Maulina | Prog.Studi : PGSD (2024)

Berdasarkan studi pendahuluan di SD Negeri 5 Langsa belum adanya media pelajaran digital pada materi bangun datar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media power point interaktif yang dapat membuat pelajaran lebih menarik sehinga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembela Media, Power Point Interaktif, Bangun Datar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 10 LANGSA
Oleh : Siti Rosmaijar | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon dan mengetahui, desain, kelayakan dan kepraktisan serta mengetahui hasil belajar pada media pembelajaran berbasis powtoon yang telah didapatkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE y Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Powtoon, Hasil Belajar. [...]

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 MEURANDEH
Oleh : Rauzatul Jannah | Prog.Studi : PGSD (2024)

Permasalahan yang terjadi pada saat penelitian yaitu dalam proses pembelajaran guru sudah menggunakan media tetapi media yang digunakan masih bersifat visual seperti media gambar, guru belum menggunakan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Maka oleh sebab itu peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran yang berbasis powtoon Video Pembelajaran, Powtoon, Wujud Zat dan Perubahannya [...]

PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN BLANG TUALANG ACEH TIMUR
Oleh : Rohayati | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penggunaan metode pembelajaran di kelas perlu variasi dan tidak cukup dengan metode ceramah dan keterampilan saja sehingga tidak memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengamati, mencari demi menemukan konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa melalui metode inkuiri dikelas V SDN Blang Tualang Aceh Inkuiri, Keterampilan Sosial. [...]

ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA
Oleh : Kaswi Arleni | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pada saat sekarang ini pembelajaran dilakukan secara DARING, hal ini dilakukan karena menaati surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksnaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19). Pembelajran DARING merupakan salah satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan pembelaj Pemahaman Guru, Pembelajaran DARING [...]

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SD NEGERI 2 LAWE HIJO TAHUN AJARAN 2021/2022
Oleh : Armidayanti | Prog.Studi : PGSD (2023)

Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Bertumpunya proses belajar mengajar pada guru menimbulkan kurang tumbuh berkembangnya sikap kemandirian belajar pada anak, sebab anak akan cenderung menganggap dirinya tergantung pada guru dan sekolah dalam belajar. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa Hasil Belajar, Model Pembelajran, Teams Games Tournament (TGT) [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK PADA MATERI TEKS FIKSI UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Annisa Haura | Prog.Studi : PGSD (2024)

Tujuan penelian ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan suatu produk media pembelajaran e-komik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-komik dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan e-komik, pengembangan, media pembelajaran [...]

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HABIT FORMING DALAM MEMBUDAYAKAN KARAKTER INTEGRITAS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Aldi Pradana Putra | Prog.Studi : PGSD (2023)

Perkembangan zaman yang dirasa saat ini sangat bertentangan dengan nilai karakter pada generasi penerus bangsa. Karakter tidak dapat dipisahkan dari seseorang karena untuk meningkatkan mutu pendidikan indonesia tentunya berpegangan pada karakter suatu bangsa. Adapun masalah yang akan dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran habit fo Model Habit Forming, Karakter Integritas [...]

PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 1 KARANG ANYAR
Oleh : Rahmat Muliana | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 1 Karang Anyar. Hasil belajar pada muatan pembelajaran PPKn masih rendah karena kurang optimalnya penggunaan media pada pembelajaran PPKn. Perlu adanya inovasi dan kreasi pengembangan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna. Ru IPS, Media, Diorama [...]

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DISLEKSIA) SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 SEULALAH
Oleh : Suci Fitria | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca (Disleksia) dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar membaca (Disleksia) siswa kelas 3 SD Negeri 2 Seulalah. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan w Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia), Siswa Kelas 3 [...]

PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SEULALAH
Oleh : NUR HAYYU LESTARI. ZR | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Seulalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen Semu), desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh, karena semua po Media Animasi dan Motivasi Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Dainang Br Simanjuntak | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan suatu produk media big book  pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media,  respon siswa dan guru terhadap media big book sebagai media pembelajaran membaca permulaan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan research & develo media pembelajaran , big book, membaca permulaan, pengembangan [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV
Oleh : Selfia Nora | Prog.Studi : PGSD (2024)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan, validitas, praktikalitas, dan peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Model ADDIE digunakan dalam proyek Studi dan pengembangan (R&D) ini. Berikut hasil dari lima tahap pembuatan media edukasi berbentuk animasi dengan menggunakan media inter Interaktif, Adobe Flash, perkembangbiakan tumbuhan, minat belajar, ADDIE [...]

PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA MATERI SEHATLAH RAGAKU DI SD N 5 LANGSA
Oleh : DERA AULIA | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran buku siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV bab 8 pada materi sehatlah ragaku, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, praktikalitas, dan peningkatan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian in Pengembangan, E-Komik, Materi sehatlah ragaku [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II SDN 1 KEBUN LAMA
Oleh : Putri Faradilla | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini menggunakan Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall pada level 1. Adapun rincian dari penelitian dan pengembangan pada level 1 yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, dan Desain Teruji. Produk akhir dari pengembangan adalah media papan pintar dengan teknik pengumpulan data ya Pengembangan, Media Papan Pintar, Aktivitas Belajar [...]

Kembali ke atas!