Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3336 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
40377 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Dainang Br Simanjuntak | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan suatu produk media big book  pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media,  respon siswa dan guru terhadap media big book sebagai media pembelajaran membaca permulaan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan research & develo media pembelajaran , big book, membaca permulaan, pengembangan [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II SDN 1 KEBUN LAMA
Oleh : Putri Faradilla | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini menggunakan Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall pada level 1. Adapun rincian dari penelitian dan pengembangan pada level 1 yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, dan Desain Teruji. Produk akhir dari pengembangan adalah media papan pintar dengan teknik pengumpulan data ya Pengembangan, Media Papan Pintar, Aktivitas Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI KELAS V SD NEGERI 2 SEULALAH
Oleh : Elsa Veronika Sihite | Prog.Studi : PGSD (2024)

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, dan 3) untuk Media Pembelajaran, Sistem Pernapasan Manusia, Articulate Storyline [...]

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBUN LAMA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : TIWI RAMADHANI | Prog.Studi : PGSD (2023)

Skripsi penelitian tindakan kelas berjudul Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kebun Lama Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020. Rendahnya keterampilan berbicara siswa tersebut salah satunya dipengaruhi oleh metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara di SD Negeri 1 Kebun Lama Lan Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara. [...]

ANALISIS KESESUAIAN MATERI MUATAN PPKN PADA BUKU TEMATIK KELAS IV DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013
Oleh : RISKA RAHMAWATI | Prog.Studi : PGSD (2023)

Buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 hendaknya memenuhi standar pendidikan yang sesuai dengan ketentuan dalam penerapan kurikulum 2013. Ketentuan tersebut yang telah tercantum dalam standar isi, standar proses maupun standar penilaian, buku teks yang mngacu pada kurikulum harus sesuai dengan standar isi. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis tertarik Analisis, Materi PPKN, Kurikulum 2013, Buku Tematik [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VI SD NEGERI ALUE PINEUNG
Oleh : NASARIAH | Prog.Studi : PGSD (2023)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berdampak terhadap perrkembangan keperibadian bangsa indonesia khusunya sikap dan perilaku anak. Untuk itu pentingnya anak-anak sikap relegius. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter religius siswa pada kelas VI SD Negeri Alue Pineung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denga Karakter Religius [...]

PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK BERMUATAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Oleh : Sri Andriani | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk Mengetahui Pengembangan Media Busy Book Bermuatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.2). Untuk mengetahui Validitas Media Busy Book Bermuatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) atau yang disebut dengan penelitian dan pengembangan. Sedangkan Prosed Media Busy Book dan Bahasa Indonesia [...]

IDENTIFIKASI  KEARIFAN LOKAL BERBASIS NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT PESISIR DI SIMEULUE
Oleh : Jufita Aslia | Prog.Studi : PGSD (2023)

Simeulue memiliki sejumlah kekhasan kearifan lokal diantaranya, tradisitradisi, makanan khas, madat kebiasaan, dan lain-lain. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut dapat berguna sebagai sumber belajar yang digunakan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal di Simeulu dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kearifan lokal masyara kearifan lokal, nilai pendidikan [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI 050670 PANTAI GEMI
Oleh : Naufa Firyal Zuhra | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang hasil belajar matematika masih rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajara Make A Match pada kelas 1. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga silkus. Setiap Model Pembelajaran Make A Match, hasil belajar, matematika [...]

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI TITIK PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) QURROTA AYUN AL-MASRI
Oleh : Atiya Husna | Prog.Studi : PGSD (2023)

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang bervariasi dapat melibatkan keaktifan siswa di dalam pembelajaran. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan terlibat secara langsung dalam menggunakan media pembelajaran sehingga hasil belajar dapat tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi Titik Pintar terh Hasil Belajar, Media, Pengaruh, Titik Pintar [...]

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS III SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022
Oleh : Eli Junita Berutu | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Matematika, khususnya pada aspek mengerjakan soal cerita, siswa kurang mengetahui cara penyelesaian soal dalam bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa matematika pada soal cerita dengan menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) pada kelas III SD Negeri 7 Langsa Kemampuan, Soal Cerita, Realistik Mathematic Education (RME) [...]

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD NEGERI 10 LANGSA
Oleh : Sarmila | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis powerpoint melalui pendekatan saintifik di kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developm Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Pendekatan Saintifik [...]

PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERMUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS V SD NEGERI 2 MEURANDEH
Oleh : Reci Anggawi | Prog.Studi : PGSD (2023)

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan yaitu media monopoli. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Adapun langkah-langkah yang dila Media Pembelajaran, Monopoli, IPS, Sekolah Dasar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DI KELAS III SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Syahriani Kusmawardani | Prog.Studi : PGSD (2023)

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran sehingga mempermudah penyampaian informasi materi pelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalahmedia powtoon. Pegembangan dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon untuk keterampilan menyimak di kelas III SD Negeri 2 Kebun Lama dan Mendeskr Pengembangan, Media Pembelajaran, Powtoon, Keterampilan Menyimak [...]

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 MEURANDEH
Oleh : EVALIANA SIREGAR | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk bahan ajar digital berbantuan aplikasi animaker pada pembelajaran IPS kelas V untuk sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validasi ahli materi dan ahli media serta hasil praktikalitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari Bahan ajar digital, aplikasi animaker, pengembangan [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Ria Agustina | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca, maka untuk memperbaikinya diperlukan suatu model pembelajaran yang aktif dan efisien guna membantu peserta didik untuk memahami isi bacaan, maka salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa adalah model pembelajaran Surve Model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite,Review (SQ3R), Membaca Pemahaman [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS DIGITAL PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SEKOLAH DASAR
Oleh : JEREMIA D. J. MANALU | Prog.Studi : PGSD (2023)

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran berupa pop-up book berbasis digital, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran pop-up book berbasis digital sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, dan 3) untuk mengetahui praktikalitas dari penggunaan media pembelajaran pop-up boo Media Pembelajaran, Siklus air, pop-up book digital [...]

PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh : Irfan angga | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk modul digital berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS untuk siswa Sekolah Dasar. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validasi ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengam mode 4D yang terdiri dari empat tahapan pendefenisian (Difine), pere Kearifan Lokal, Modul Digital, Pengembangan [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD NEGERI 1 LANGSA
Oleh : Intan Purnama Dewi | Prog.Studi : PGSD (2023)

Dalam pembelajaran peran media sangat penting. Membaca pemahaman siswa kelas 4 SDN 1 Langsa memperlihatkan bahwa masih rendahnya tingkat membaca pemahaman. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality adalah media yang cocok dan tepat dipakai untuk membantu membaca pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh produk alat bantu pembelajaran berbas Media Pembelajaran; Augmented Reality; Membaca Pemahaman [...]

MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI ACEH TAMIANG
Oleh : Nurleini Bunda Siregar | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada aspek membaca permulaan di kelas III SD Negeri Aceh Tamiang. Adapun teknik pegumpulan data dari penelitian ini yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksana dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertem Model pembelajaran scramble, Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan [...]

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 3 “ MAKANAN SEHAT
Oleh : FITRI NAZHIRA | Prog.Studi : PGSD (2022)

Nilai penguatan pendidikan karakter mandiri  yang terkandung pada buku tematik siswa kurikulum 2013 tema 3 kelas V Edisi Revisi 2017 Rumusan masalah penelitian bagaimanakah nilai pendidikan karakter mandiri pada buku tematik kelas V tema 3 dan tujuan penelitian untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter  pada buku tematik kelas V tema 3
Nilai Penguatan Pendidikan Mandiri, Buku Tematik Kelas V Tema 3 [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LANGSA
Oleh : Laila Azra Safitri | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran yang dilakukan kurang membuat siswa aktif dan kurangnya keterlibatan media pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbasis aplikasi Kahoot untuk m Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, aplikasi Kahoot, hasil belajar matematika [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS 3 DIMENSI UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK PERCAKAPAN KELAS 1 SD NEGERI 1 LANGSA
Oleh : Desi puspita sari | Prog.Studi : PGSD (2023)

Peserta didik kelas 1 B yang belum memiliki keterampilan menyimak yang baik dalam pembelajaran. Media pembelajaran berbasis 3 Dimensi dapat memberikan tampilan yang realistis, dan suara yang jelas peserta didik dapat memahami isi simakan dengan lebih mudah dan menarik perhatian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berba Pengembangan, Media Pembelajaran berbasis 3 Dimensi, Keterampilan Menyimak Percakapan [...]

ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK AUTISME SISWA KELAS 2 SD NEGERI 7 LANGSA
Oleh : Robintang Maharani Bakkara | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak autisme siswa kelas II SD Negeri 7 Langsa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) dengan hasil observasi dan teknik wawancara dan dengan anak, wali kelas dan orang tua anak autisme. Hasil yang didapatkan dari pe Autisme, Kecerdasan Interpersonal [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BIG BOOK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh : Widya Gusriani | Prog.Studi : PGSD (2023)

Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang di kembangkan yaitu media pembelajaran digital big book untuk siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian Research and Developmen Media Pembelajaran, Media Digital, Big Book [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI PAYA UDANG
Oleh : Sappe Kristian Situmorang | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan siswa dalam berbicara. Hal ini disebabkan karena kurangnya siswa dalam berbicara saat menyampaikan pendapatnya saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas V SD Negeri Paya Udang dengan menggunakan model pembelajaran Paired story telling berbantu Media Model Pembelajaran paired story telling, media audio visual, Keterampilan berbicara [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SD NEGERI 6 LANGSA
Oleh : Suriyati Ningsih | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini dilatarbelakangi pada siswa kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi, kurang bervariasi media pembelajaran yang digunakan guru dan guru kurang memakai media pembelajaran pada proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall yang dibatasi dengan beberapa ta Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS DIGITAL MATERI POLA HIDUP GOTONG ROYONG KELAS IV UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh : Wilda Hasanah | Prog.Studi : PGSD (2023)

Permasalahan pada pembelajaran adalah kurangnya penggunaan media berbasis digital atau berbantuan teknologi dalam pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar kurang menarik dan menyenangan. Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengembangan media puzzle berbasis digital sebagai media belajar (2) untuk mengetahui kelayakan media puzzle berbasis digital sebagai media belajar (3) untuk menge Media Pembelajaran, Pengembangan,  Puzzle Berbasis Digital [...]

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KARO UNTUK SEKOLAH DASAR
Oleh : Hermawati | Prog.Studi : PGSD (2023)

Adanya upaya untuk mencapai hasil optimal dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) juga dapat untuk memfasilitasi guru dalam menumbuhkan proses belajar mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan juga lingkungan siswa. Oleh karena itu Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta di Pengembangan, Kearifan local dan Lembar Kerja Peserta Didik [...]

PENGARUH MEDIA DIGITAL SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 LANGSA
Oleh : Irma Aprilia Sihite | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terdapat di  SDN 8 Langsa di kelas IV yaitu dalam pembelajaran bahasa indonesia banyak siswa belum memiliki kemampuan membaca pemahaman yang baik. Hal tersebut dilihat dari kesulitan siswa memaknai bacaan, kemampuan menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa re Media Digital Scrapbook, Keterampilan Memabaca Pemahaman [...]

Kembali ke atas!