Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
1933 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
23660 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS VI SD/MI KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL DAN GENAP
Oleh : Eka Nur Sartika | Prog.Studi : PGSD (2022)

Kemampuan pemahaman ilmu pengetahuan salah satunya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sering disebut dengan sains. Pada tingkat sekolah dasar pembelajaran ilmu pengetahuan alam atau sains merupakan salah satu muatan yang memiliki peranan penting dalam pendidikan. Jadi, pentingnya literasi sains pada buku tematik siswa yang digunakan dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini untu Literasi, Sains, Buku Teks, Literasi Sains [...]

ANALISIS PENANAMAN KARAKTER NILAI SEMANGAT KEBANGSAAN DI SD NEGERI TERUTUNG MEGARA KECAMATAN LAWE SUMUR KABUPATEN ACEH TENGGARA
Oleh : NADIA WULANDARI | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan nasionalisme atau semangat kebangsaan adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan dan tanggap terhadap tuntutan serta perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter nilai semangat kebangsaan di SD Negeri Terutu Karakter Nilai Semangat Kebangsaan, SD Negeri Terutung Megara [...]

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA KELAS V SD NEGERI 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Oleh : Yulia Rahma Putri | Prog.Studi : PGSD (2021)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang dalam keterampilan memanipulasi bentuk jaring-jaring kubus dan balok, dan ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar siswa tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi jaring-jaring kubus dan balok men Hasil Belajar, Jaring-jaring Kubus dan Balok, Metode Pemecahan Masalah [...]

PENGARUH SENAM KEBUGARAN JASMANI TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA SDN 3 KOTA LANGSA
Oleh : Jesi Riahna Ketaren | Prog.Studi : PGSD (2022)

Kebugaran jasmani merupakan salah satu komponen penting dalam mendukung proses pembelajaran. Salah satu kegiatan siswa untuk menunjang kebugaran jasmani yaitu Senam Kebugaran Jamani (SKJ) yang dilakukan setiap minggunya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh SKJ terhadap kebugaran jasmani siswa SDN 3 Kota Langsa dan seberapa besar pengaruh SKJ terhadap kebugaran ja Kebugaran Jasmani, Senam Kebugaran Jasmani [...]

ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN DONGENG ANAK DUNIA TERPOPULER”
Oleh : Akmal Saputra | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pendidikan memiliki peran penting dalam menumbuh kembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki manusia. Sehubungan dengan itu maka melaksanakan Penguatan Karakter peserta didik melalui program Pendidikan sangat di perlukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Penguatan Pendidikan Karakter yang terdapat dalam buku “Kumpulan Dongeng Anak Dunia Terpopu Nilai-nilai penguatan pendidikan karakter, Dongeng [...]

NILAI-NILAI MULTIKULTURAL BUKU SISWAKELAS IV SD SEMESTER GANJIL DAN GENAP
Oleh : Fera Mustika | Prog.Studi : PGSD (2022)

Banyaknya keragaman yang ada di indonesia sangat penting ditanamkan nilai multikultural sejak usia dini, sehingga dapat membentuk perilaku yang saling menghairgai dan memahami perbedaan. Multikultural hadir sebagai proses pendidikan yang mengedepankan keberagaman, perbedaan toleransi, tolongmenolong,cinta tanah air, berbaik sangka, keadilan, nilai persamaan da Buku Siswa, Nilai Multikultural [...]

TELAAH LITERASI NUMERASI PADA BUKU MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Oleh : Robiyah Adwiyah Sembiring | Prog.Studi : PGSD (2022)

Sejak tahun 2016 Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Salah satu bagian dari gerakan literasi nasional yaitu literasi numerasi dimana keterampilan numerasi diperlukan dalam setiap aspek kehidupan. Sederhananya numersi diartikan sebagai kemampuan dalam mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dala Buku Teks, Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar [...]

ANALISIS NILAI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF YANG TERDAPAT DALAM BUKU SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR TEMA 5 WIRAUSAHA
Oleh : Putri Handayani | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam mencetak dan membangun generasi berkualitas. Kreativitas belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu proses pembelajaran. Seorang siswa yang memiliki cara berpikir kreatif dalam belajar akan sangat mempengaruhi siswa tersebut untuk memperoleh suatu keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai keterampilan b Nilai keterampilan berpikir kreatif, Kualitatif, Buku kelas VI sekolah dasar tema 5 wirausaha [...]

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU KOMIK "BELAJAR IS FUN"
Oleh : Nurliza Aryana | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pendidikan karakter merupakan sebuah proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai luhur budi pekerti, jujur, yang berakar pada ajaran agama, adat istiadat, dan nilai-nilai ke Indonesiaan dalam rangka mengembangkan kepribadian peserta didik agar menjadi manuisa yang bermartabat, menjadi warga negara yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur dan perjuangan para tokoh perjuangan bangsa Nilai Penguatan Pendidikan Karakter, Komik [...]

ANALISIS KESESUAIAN BUKU AJAR TEMATIK PADA MATERI IPA KELAS V SD DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013
Oleh : MITA HERLIANTI | Prog.Studi : PGSD (2022)

Buku ajar memiliki peran penting bagi kelancaran proses pembelajaran. Implementasi kurikulum 2013 memiliki banyak revisi pada buku ajar atas kesesuaian materi pelajaran dengan standar isi kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013. Pendekatan penelitian kualitatif, metode penelitian analisis isi dan teknik pengumpulan data dokumentasi. Su Standar isi, Buku tematik terpadu kurikulum 2013 [...]

ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU SISWA KELAS III KURIKULUM 2013
Oleh : Yulia Rizanna | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pada kurikulum 2013 digunakan buku tematik terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Buku tematik berperan penting bagi peserta didik untuk mengembangkan  pemahaman siswa, terutama pemahaman literasi sains, sehingga buku tematik perlu dianalisis. Dengan literasi sains peserta didik mudah memahami lingkungan hidup dan da Literasi, Sains, Buku, Kurikulum 2013 [...]

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM BUMI TADULAKO
Oleh : Nadia Khoirun Nasir | Prog.Studi : PGSD (2022)

Film merupakan sebuah gambaran hidup yang diisi dengan visual dan audio yang digunakan sebagai sarana hiburan yang populer dikalangan masyarakat. Film sering dijadikan sarana media pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membentuk generasi bangsa yang berkarakter. Salah satunya adalah film bumi tadulako, yang m NIlai pendidikan karakter, Film Bumi Tadulako [...]

PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK SD NEGERI 3 LANGSA
Oleh : Anggi Novita | Prog.Studi : PGSD (2021)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar pada anak SD Negeri 3 Langsa dan seberapa besar pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar pada anak SD Negeri 3 Langsa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/i kelas V di SD Negeri 3 Langsa yang berjumlah 66 siswa, Penggunaan Smartphone, Motivasi Belajar [...]

ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU TEMATIK SD KELAS IV TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
Oleh : Elpri Loren Agustina Samosir | Prog.Studi : PGSD (2022)

Kemampuan Literasi Sains peserta didik Indonesia masih di bawah rata-rata jika di bandingkan dengan rerata skor internasional dan secara umum berada pada tahapan pengukuran terendah PISA. Literasi Sains sangat penting untuk di terapkan di SD, hal ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan mengenai literasi sains dan menerapkannya.
Literasi sains, Buku Tematik SD [...]

ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA KELAS II DALAM BUKU TEKS SISWA TEMA 1 “HIDUP RUKUN”
Oleh : Ella Dessy Yani | Prog.Studi : PGSD (2022)

Nilai-nilai pancasila penting ditanamkan pada anak sejak dini atau anak sekolah dasar agar diharapkan anak-anak tersebut mampu menjadi generasi muda yang tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang buruk, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia. Agar tercapainya pendidikan yang bernilai pancasila maka didalam proses pembelajaran diperlukan sumber b Pancasila, Buku Tematik [...]

PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS I SD NEGERI 3 LANGSA
Oleh : Vivi Rafika | Prog.Studi : PGSD (2022)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di kelas. Terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat, karena siswa tidak percaya diri pada saat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan berbicara di kelas.
Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas I SD Negeri 3 Langsa dengan menggunaka Model pembelajaran, Keterampilan berbicara, Talking Stick [...]

PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA
Oleh : Abdur Rahman | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pada pelaksanaan pembelajaran dikelas, terdapat masalah yang dijumpai yaitu adanya siswa yang tidak begitu aktif dan tidak dapat kondusif, terdapat siswa yang hanya duduk diam tanpa memberikan respon terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru, serta ada siswa yang tidak dapat kondusif dan membuat keributan didalam kelas sehingga menyebabkan hasil pembelajaran psikomotorik siswa tidak bagus Model Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar [...]

PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022
Oleh : Muhammad Syukur | Prog.Studi : PGSD (2022)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang memahami bacaan yang dibacanya, ketika guru menanyakan kembali makna yang terkandung didalam bacaan, siswa tersebut tidak dapat menjawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Jenis penelitian yaituPenelitian Tindakan Kelas Strategi Pembelajaran (PQ4R) Keterampilan Membaca Pemahaman [...]

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI ADIT & SOPO JARWO
Oleh : Irvan Syahrizal | Prog.Studi : PGSD (2021)

       Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan selama magang 2 dan magang 3, peneliti menemukan kurangnya sikap bersyukur terhadap sesuatu yang ia dapatkan, tidak mau membantu teman yang sedang berada dalam kesulitan, kurangnya kerja sama dalam kegiatan kelompok belajar atau bermain, berbohong dalam mengerjakan tugas sekolah, dan tidak suka j Nilai Karakter, Film Animasi [...]

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM BUKU CERITA RAKYAT NUSANTARA
Oleh : Ade Rizkia Mahfuza | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin dari sifat kodratnya menuju ke arah peradaban yang manusiawi dan lebih baik Sehubungan dangan adanya sistem pendidikan merupakan langkah awal dalam memperbaiki karakter anak-anak bangsa. salah satunya dengan pendidikan karakter, pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai yang baik pada a Nilai Karakter, Cerita Rakyat [...]

ANALISIS KESESUAIAN SOAL EVALUASI PADA BUKU MATEMATIKA KELAS 4 DENGAN HOTS (HIGHER ORDERTHINGKING SKILLS)
Oleh : MAULIDA PUTRI | Prog.Studi : PGSD (2021)

Keberhasilan dari peserta didik salah satunya dapat dilakukan melalui uji kemampuan yang dilakukan dengan membuat soal-soal tes untuk mengukur atas bahan-bahan pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru bersangkutan.guru akan menilai peserta didik atas penyelesaian setiap tugas yang diberikan.Penilaian tersebut diharapkan dapat membantu siswa siswi dalam meningka Kesesuaian Soal, HOTS, Buku Matematika [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM CERITA DONGENG PADA BUKU SISWA KELAS III SD
Oleh : Yusnita | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena pendidikan adalah proses perubahan tingkah laku, penambahan  ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup agar peserta didik menjadi lebih dewasa dalam pemikiran dan sikap.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu dalam cerita dongeng pada buku siswa kelas III SD.
Me Karakter Rasa Ingin Tahu, Dongeng, Buku [...]

ANALISIS KESESUAIAN BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS V PADA TEMA 5 EKOSISTEM DENGAN KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK
Oleh : Imel fierera | Prog.Studi : PGSD (2021)

Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik) sebagai pendekatan pokok yang perlu diperkuat dengan pembelajaran berbasis penyingkapan, pembelajaran berbasis penelitian, dan pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kesesuaian buku siswa kelas V Tema 5 ekosistem dengan konsep Buku Siswa, Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik. [...]

ANALISIS NILAI MORAL DALAM FILM ANIMASI SHIVA
Oleh : wahida muntaza | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan harus dilaksanakan sebaik mungkin dengan mengarahkan berbagai faktor yang menunjang terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Pembentukan perilaku dan karakter pada anak tidak terlepas dari pendidikan nilai-nilai moral. Pendidikan moral sangat penting diberikan kepada peserta didik karena ini dapat menjadikan dasar sikap yang harus dimiliki oleh anak. Pendidikan moral tidak hanya dia Nilai Moral, Film Animasi Shiva [...]

ANALISIS PERSEPSI SISWA KELAS V DAN PENGARUHNYA TERHADAP SISWA DOWN SYNDROME DI SDN 1 PAYA BUJOK TUNONG
Oleh : Siska Safira Siregar | Prog.Studi : PGSD (2020)

Anak berkebutuhan khusus adalah mereka yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dari anak normal. Di SDN 1 Paya Bujok Tunong adalah sekolah  yang menjalankan pendidikan inklusi, artinya sekolah ini menggabungkan siswa reguler dengan siswa yang berkebutuhan khusus berada didalam satu kelas. Dengan bergabungnya siswa reguler dengan siswa yang memiliki kekh Persepsi, Pengaruh, Down syndrome [...]

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM FILM JEMBATAN PENSIL
Oleh : Dora Keristi H Br Ginting | Prog.Studi : PGSD (2021)

Nilai pendidikan karakter sangat penting sekali ditanamkan sejak dini pada setiap individu manusia, khususnya pada anak peserta didik. Pada saat sekarang ini masih banyak sekali anak muda yang kurang memahami serta menerapkan betapa pentingnya nilai pendidikan karakter di dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan serta penanaman nilai pendidikan karakter juga bisa di Nilai Pendidikan Karakter, Film Jembatan Pensil. [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM LAGU ANAK KARYA A.T. MAHMUD
Oleh : Mulia | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan karakter merupakan perwujudan dalam mencapai generasi yang cerdas dan kepribadian yang berguna bagi bangsa indonesia. Karakter dapat terbentuk melalui lingkungan sekitar yaitu keluarga dan juga di sekolahnya. Pembentukan karakter bisa dilakukan disekolah dalam pembelajaran namun bisa juga melalui lagu-lagu yang di dengar atau dinyanyikan sianak yang diaja Nilai karakter dan lagu anakkarya A.T. Mahmud [...]

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM DORAEMON “STAND BY ME”
Oleh : rohul annisa | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting sebagai pembentukan kepribadian anak agar anak dapat menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Pendidikan karakter perlu ditanamkan agar nilai-nilai tersebut menjadi sebuah sifat-sifat yang melekat dalam diri peserta didik. Pendidikan karakter dalam Film bertujuan untuk memberikan pesan-pesan yang terkandung didalamnya. Film dipertunjukkan kepa Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Film [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER TOLERANSI YANG TERDAPAT DI DALAM BUKU CERITA RAKYAT DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA ACEH
Oleh : Isti Khamatul Masyihah | Prog.Studi : PGSD (2021)

Nilai karakter toleransi dapat menumbuhkan kompetensi multicultural. Prilaku maupun sikap dapat terbentuk dan berubah melalui apa yang didengar dan dilihat. Dari membaca atau mendengar cerita rakyat dapat memberikan pemahaman terhadap karakter salah satunya toleransi.
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai karakter toleransi yang terdapat di dalam buku cerita rakya Karakter Toleransi dan Buku Cerita rakyat [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM TAYANGAN SI BOLANG EPISODE PEWARIS TUNTONG PUSUNG KAPAL
Oleh : Indah Astuti | Prog.Studi : PGSD (2022)

Kekuatan dan kebesaran suatu bangsa pada hakikatnya berpangkal pada kekuatan karakternya. Salah satu nilai karakter yang penting untuk ditanamkan pada anak adalah nilai karakter cinta tanah air. Pembangunan atau penanaman nilai karakter cinta tanah air dapat diajarkan dan diperkenalkan dengan berbagai cara, salah satunya ialah melalui proses sosialisasi dengan media massa seperti program yang d Nilai Karakter Cinta Tanah Air, Si Bolang [...]

Kembali ke atas!