Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3458 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
42229 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
ANALISIS NILAI MANDIRI PADA FILM BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH
Oleh : Reni nopita sari | Prog.Studi : PGSD (2024)

Pembentukan karakter mandiri dapat dilakukan melalui berbagai media. Salah satu media yang efektif untuk menanamkan nilai karakter adalah dongeng.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai mandiri yang terdapat pada film Bawang Merah dan Bawang Putih. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Subyek penelitian ini film. Tekn Nilai Mandiri, Film Bawang Merah dan Bawang Putih [...]

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Oleh : Putri Melati Sukma | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis aplikasi canva. Untuk mengetahui desain, kelayakan dan kepraktisan serta mengetahui pengaruh video pembelajaran berbasis canva terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembang Pengembangan, Video Pembelajaran Berbasis Canva, Minat Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK KELAS III SD
Oleh : Nectaria Calysiana Maulina | Prog.Studi : PGSD (2024)

Berdasarkan studi pendahuluan di SD Negeri 5 Langsa belum adanya media pelajaran digital pada materi bangun datar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media power point interaktif yang dapat membuat pelajaran lebih menarik sehinga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembela Media, Power Point Interaktif, Bangun Datar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 10 LANGSA
Oleh : Siti Rosmaijar | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon dan mengetahui, desain, kelayakan dan kepraktisan serta mengetahui hasil belajar pada media pembelajaran berbasis powtoon yang telah didapatkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE y Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Powtoon, Hasil Belajar. [...]

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 MEURANDEH
Oleh : Rauzatul Jannah | Prog.Studi : PGSD (2024)

Permasalahan yang terjadi pada saat penelitian yaitu dalam proses pembelajaran guru sudah menggunakan media tetapi media yang digunakan masih bersifat visual seperti media gambar, guru belum menggunakan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Maka oleh sebab itu peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran yang berbasis powtoon Video Pembelajaran, Powtoon, Wujud Zat dan Perubahannya [...]

PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN BLANG TUALANG ACEH TIMUR
Oleh : Rohayati | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penggunaan metode pembelajaran di kelas perlu variasi dan tidak cukup dengan metode ceramah dan keterampilan saja sehingga tidak memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengamati, mencari demi menemukan konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa melalui metode inkuiri dikelas V SDN Blang Tualang Aceh Inkuiri, Keterampilan Sosial. [...]

ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA
Oleh : Kaswi Arleni | Prog.Studi : PGSD (2022)

Pada saat sekarang ini pembelajaran dilakukan secara DARING, hal ini dilakukan karena menaati surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksnaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19). Pembelajran DARING merupakan salah satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan pembelaj Pemahaman Guru, Pembelajaran DARING [...]

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SD NEGERI 2 LAWE HIJO TAHUN AJARAN 2021/2022
Oleh : Armidayanti | Prog.Studi : PGSD (2023)

Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Bertumpunya proses belajar mengajar pada guru menimbulkan kurang tumbuh berkembangnya sikap kemandirian belajar pada anak, sebab anak akan cenderung menganggap dirinya tergantung pada guru dan sekolah dalam belajar. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa Hasil Belajar, Model Pembelajran, Teams Games Tournament (TGT) [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK PADA MATERI TEKS FIKSI UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Annisa Haura | Prog.Studi : PGSD (2024)

Tujuan penelian ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan suatu produk media pembelajaran e-komik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-komik dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan e-komik, pengembangan, media pembelajaran [...]

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HABIT FORMING DALAM MEMBUDAYAKAN KARAKTER INTEGRITAS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Aldi Pradana Putra | Prog.Studi : PGSD (2023)

Perkembangan zaman yang dirasa saat ini sangat bertentangan dengan nilai karakter pada generasi penerus bangsa. Karakter tidak dapat dipisahkan dari seseorang karena untuk meningkatkan mutu pendidikan indonesia tentunya berpegangan pada karakter suatu bangsa. Adapun masalah yang akan dikaji pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran habit fo Model Habit Forming, Karakter Integritas [...]

PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 1 KARANG ANYAR
Oleh : Rahmat Muliana | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 1 Karang Anyar. Hasil belajar pada muatan pembelajaran PPKn masih rendah karena kurang optimalnya penggunaan media pada pembelajaran PPKn. Perlu adanya inovasi dan kreasi pengembangan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna. Ru IPS, Media, Diorama [...]

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DISLEKSIA) SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 SEULALAH
Oleh : Suci Fitria | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca (Disleksia) dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar membaca (Disleksia) siswa kelas 3 SD Negeri 2 Seulalah. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan w Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia), Siswa Kelas 3 [...]

PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SEULALAH
Oleh : NUR HAYYU LESTARI. ZR | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Seulalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen Semu), desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh, karena semua po Media Animasi dan Motivasi Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Dainang Br Simanjuntak | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan suatu produk media big book  pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media,  respon siswa dan guru terhadap media big book sebagai media pembelajaran membaca permulaan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan research & develo media pembelajaran , big book, membaca permulaan, pengembangan [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV
Oleh : Selfia Nora | Prog.Studi : PGSD (2024)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan, validitas, praktikalitas, dan peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Model ADDIE digunakan dalam proyek Studi dan pengembangan (R&D) ini. Berikut hasil dari lima tahap pembuatan media edukasi berbentuk animasi dengan menggunakan media inter Interaktif, Adobe Flash, perkembangbiakan tumbuhan, minat belajar, ADDIE [...]

PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PADA MATERI SEHATLAH RAGAKU DI SD N 5 LANGSA
Oleh : DERA AULIA | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran buku siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV bab 8 pada materi sehatlah ragaku, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, praktikalitas, dan peningkatan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian in Pengembangan, E-Komik, Materi sehatlah ragaku [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II SDN 1 KEBUN LAMA
Oleh : Putri Faradilla | Prog.Studi : PGSD (2024)

Penelitian ini menggunakan Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall pada level 1. Adapun rincian dari penelitian dan pengembangan pada level 1 yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, dan Desain Teruji. Produk akhir dari pengembangan adalah media papan pintar dengan teknik pengumpulan data ya Pengembangan, Media Papan Pintar, Aktivitas Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI KELAS V SD NEGERI 2 SEULALAH
Oleh : Elsa Veronika Sihite | Prog.Studi : PGSD (2024)

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, dan 3) untuk Media Pembelajaran, Sistem Pernapasan Manusia, Articulate Storyline [...]

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBUN LAMA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : TIWI RAMADHANI | Prog.Studi : PGSD (2023)

Skripsi penelitian tindakan kelas berjudul Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kebun Lama Langsa Tahun Pelajaran 2019/2020. Rendahnya keterampilan berbicara siswa tersebut salah satunya dipengaruhi oleh metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara di SD Negeri 1 Kebun Lama Lan Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara. [...]

ANALISIS KESESUAIAN MATERI MUATAN PPKN PADA BUKU TEMATIK KELAS IV DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013
Oleh : RISKA RAHMAWATI | Prog.Studi : PGSD (2023)

Buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013 hendaknya memenuhi standar pendidikan yang sesuai dengan ketentuan dalam penerapan kurikulum 2013. Ketentuan tersebut yang telah tercantum dalam standar isi, standar proses maupun standar penilaian, buku teks yang mngacu pada kurikulum harus sesuai dengan standar isi. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis tertarik Analisis, Materi PPKN, Kurikulum 2013, Buku Tematik [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VI SD NEGERI ALUE PINEUNG
Oleh : NASARIAH | Prog.Studi : PGSD (2023)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berdampak terhadap perrkembangan keperibadian bangsa indonesia khusunya sikap dan perilaku anak. Untuk itu pentingnya anak-anak sikap relegius. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakter religius siswa pada kelas VI SD Negeri Alue Pineung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denga Karakter Religius [...]

PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK BERMUATAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Oleh : Sri Andriani | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk Mengetahui Pengembangan Media Busy Book Bermuatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.2). Untuk mengetahui Validitas Media Busy Book Bermuatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) atau yang disebut dengan penelitian dan pengembangan. Sedangkan Prosed Media Busy Book dan Bahasa Indonesia [...]

IDENTIFIKASI  KEARIFAN LOKAL BERBASIS NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT PESISIR DI SIMEULUE
Oleh : Jufita Aslia | Prog.Studi : PGSD (2023)

Simeulue memiliki sejumlah kekhasan kearifan lokal diantaranya, tradisitradisi, makanan khas, madat kebiasaan, dan lain-lain. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut dapat berguna sebagai sumber belajar yang digunakan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal di Simeulu dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kearifan lokal masyara kearifan lokal, nilai pendidikan [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD NEGERI 050670 PANTAI GEMI
Oleh : Naufa Firyal Zuhra | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang hasil belajar matematika masih rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajara Make A Match pada kelas 1. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga silkus. Setiap Model Pembelajaran Make A Match, hasil belajar, matematika [...]

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI TITIK PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) QURROTA AYUN AL-MASRI
Oleh : Atiya Husna | Prog.Studi : PGSD (2023)

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang bervariasi dapat melibatkan keaktifan siswa di dalam pembelajaran. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan terlibat secara langsung dalam menggunakan media pembelajaran sehingga hasil belajar dapat tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi Titik Pintar terh Hasil Belajar, Media, Pengaruh, Titik Pintar [...]

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS III SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022
Oleh : Eli Junita Berutu | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Matematika, khususnya pada aspek mengerjakan soal cerita, siswa kurang mengetahui cara penyelesaian soal dalam bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa matematika pada soal cerita dengan menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) pada kelas III SD Negeri 7 Langsa Kemampuan, Soal Cerita, Realistik Mathematic Education (RME) [...]

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD NEGERI 10 LANGSA
Oleh : Sarmila | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis powerpoint melalui pendekatan saintifik di kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developm Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Pendekatan Saintifik [...]

PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERMUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS V SD NEGERI 2 MEURANDEH
Oleh : Reci Anggawi | Prog.Studi : PGSD (2023)

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan yaitu media monopoli. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Adapun langkah-langkah yang dila Media Pembelajaran, Monopoli, IPS, Sekolah Dasar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK DI KELAS III SD NEGERI 2 KEBUN LAMA
Oleh : Syahriani Kusmawardani | Prog.Studi : PGSD (2023)

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran sehingga mempermudah penyampaian informasi materi pelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalahmedia powtoon. Pegembangan dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon untuk keterampilan menyimak di kelas III SD Negeri 2 Kebun Lama dan Mendeskr Pengembangan, Media Pembelajaran, Powtoon, Keterampilan Menyimak [...]

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 MEURANDEH
Oleh : EVALIANA SIREGAR | Prog.Studi : PGSD (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk bahan ajar digital berbantuan aplikasi animaker pada pembelajaran IPS kelas V untuk sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validasi ahli materi dan ahli media serta hasil praktikalitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari Bahan ajar digital, aplikasi animaker, pengembangan [...]

Kembali ke atas!