PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 1 KARANG ANYAR

Rahmat Muliana (2023), PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 1 KARANG ANYAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 1 Karang Anyar. Hasil belajar pada muatan pembelajaran PPKn masih rendah karena kurang optimalnya penggunaan media pada pembelajaran PPKn. Perlu adanya inovasi dan kreasi pengembangan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa, sehingga proses belajar mengajar dapat bermakna. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah desain pengembangan media diorama pada muatan PPKn dan bagaimanakah kevalidan media diorama pada muatan PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama serta menguji kevalidan atau kelayakan media diorama untuk muatan PPKn. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Develompment (RnD) yang menganut model pengembangan ADDIE menggunakan 5 langkah yaitu 1. Analiisis (Analyze) 2. Perancangan (Design) 3. Pengembangan ( Development) 4. Implementasi (Implementation) dan 5. Evaluasi (Evalution). Tetapi peneliti hanya mengambil sampai tahap ke tiga saja yaitu pengembangan (Development). Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi, validator ahli media, siswa kelas V dan guru wali kelas SD Negeri 1 Karang Anyar, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket validasi, lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran diorama dinyatakan layak oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa, dengan presentase penilaian kelayakan media 96,3% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayakan materi % dengan kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran diorama dinyatakan layak digunakan untuk muatan PPKn materi peraturan perundang-undangan. Saran dalam penelitian ini, agar media pembelajaran diorana dapat digunakan sebagai salah satu media yang diterapkan dalam pembelajaran.

Kata kunci : IPS, Media, Diorama

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rahmat Muliana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 26-02-2024 11:25
Terakhir diubah : 01-04-2024 10:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5413
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!