PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Sintawati (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic dan mengetahui desain, kelayakan serta mengetahui kepraktisan pada media pembelajaran e-comic yang sudah dikembangkan. Metode pada penelitian ini adalah R&D research and development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1. Analysis, 2. Design, 3. Development, 4. Implementation dan 5. Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pengembangan media e-comic berupa analisis dan rancangan terhadap produk 2. Validasi media pada pengembangan media pembelajaran e-comic dari ahli materi mendapat 81,57,% dengan kategori “sangat layak/valid). Oleh ahli media 91,66% dengan kategori “ sangat layak/valid) dan ahli bahasa mendapat persentse 96,87 % dengan kategori (sangat layak/valid. Dengan itu media pembelajaran e-comic sangat valid dijadikan sebagai media pembelajaran. 3. Uji implementasi dalam uji coba skala kecil atau skala terbatas oleh siswa dan guru juga dinyatakan sangat praktis dengan hasil praktisi guru mendapat 85,41 % dengan kategori “sangat praktis” dan praktisi siswa mendapat 84,25 % dengan kategori “sangat praktis”. Jadi media pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis dijadikan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Media pembelajaran e-comic

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sintawati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 30-05-2024 16:05
Terakhir diubah : 07-06-2024 10:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5868
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!