Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3711 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
45977 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
ANALISIS DAMPAK ILLEGAL LOGGING TERHADAP BAHAYA (HAZARD) BANJIR BANDANG DI KABUPATEN ACEH TENGGARA
Oleh : Yunus Pagan | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Hutan merupakan sumberdaya alam yang dapat di perbaharui dan memberikan konstribusi bagi negara berupa pajak dan kesejahteraan masyarakat dari nilai kayu yang ada. Pada tahun 2018, terdapat 2.418 kasus pembalakan liar dengan total volume kayu ilegal sebesar 4.353,81 meter kubik dari berbagai jenis. Selain itu, terjadi 1.838 kasus perambahan hutan yang meliputi area Dampak Illegal Logging, Bahaya (Hazard) Banjir Bandang [...]

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR SPASIAL PADA PELAJARAN GEOGRAFI
Oleh : Khana Malahayati | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Pengetahuan mitigasi bencana dan kemampuan berfikir spasial penting dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi dibidang pendidikan adalah masih kurang maksimalnya pembelajaran dikelas. Seharusnya para pendidik memiliki model yang efektif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses p Problem Based Learning, Mitigasi Bencana, Kemampuan Berfikir Spasial [...]

PEMETAAN PERUBAHAN LUASAN HUTAN MANGROVE DI KAWASAN BELAWAN PULAU SICANANG KOTA MEDAN
Oleh : Piteri Yana | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui perubahan luasan hutan mangrove di Belawan Pulau Sicanang pada tahun 2010 hingga 2020 (2) Menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan penyebaran luasan hutan mangrove. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode klasifikasi multispekral. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa cit Belawan Pulau Sicanang, hutan mangrove, faktor kelestarian [...]

ANALISIS KESIAPSIAGAAN BANJIR PADA SISWA/I SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN JULOK ACEH TIMUR
Oleh : Yulida Siska | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesiapsiagaan siswa/i sekolah menengah pertama di Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur dalam menghadapi bencana banjir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Dari Kesiapsiagaan Banjir [...]

PEMETAAN PERUBAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI LAWE MENGGAMAT DI KECAMATAN KLUET TENGAH KABUPATEN ACEH SELATAN
Oleh : Kari'ah | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

DAS merupakan satu kesatuan ekosistem yang unsur-unsur uatmanya terdiri atas Sumber Daya Alam yakni tanah, air, dan vegetasi serta Sumber Daya Manusia yang memanfaatkan Sumber Daya Alam tersebut. DAS Lawe Menggamat merupakan sungai utama di Kecamatan Kluet Tengah. Seiring dengan perilaku manusia dalam memanfaatkan lahan di pematang sungai tersebut, maka dapat menimb DAS Lawe Menggamat, Citra Landsat, SIG [...]

PERSEPSI RISIKO DAN FATALISMEMASYARAKAT DESA ALUE IE MIRAH TERHADAP BAHAYA BANJIR DIKECAMATAN INDRAMAKMUR KABUPATEN ACEH TIMUR
Oleh : Putri Agustin Daulay | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat persepsi risiko dan fatalisme masyarakat Desa Alue Ie Mirah yang bertempat tinggal di Desa Alue Ie Mirah,Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh terhadap bahaya banjir, total seluruh responden dalam penelitian iniadalah 30 subjek dan seluruh responden di dalam penenlitian ini pernah mengalami bencana banjir. Penelitia Persepsi risiko, fatalisme, bencana banjir . [...]

ANALISIS KERENTANAN FISIK, SOSIAL, EKONOMI, LINGKUNGAN TERHADAP BENCANA BANJIR DI GAMPONG ALUE IE MIRAH KECAMATAN INDRA MAKMUR KABUPATEN ACEH TIMUR
Oleh : Manda Marissa Harahap | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Kerentanan merupakan suatu kondisi yang menyebabkan ketidakmampuan masyarakat menghadapi bencana. Kerentanan berpengaruh terhadap tinggi dan juga rendahnya tingkat resiko suatu bencana. semakin tinggi tingkat resikonya maka semakin tinggi juga potensi bencanya. Semakin rendah tingkat kerentannya maka semakin rendah juga resiko bencananya. Penelitian ini memiliki fok Kerentanan Fisik, Bencana, Banjir [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ALAT PERAGA HIDROLOGI SIKLUS AIR KELAS X MAN 2 LANGSA
Oleh : Irna Rahim Saputri | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

 Tujuan peneliti adalah mengembangkan media pembelajaran alat peraga untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi siklus air. Penelitian ini mengggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) merupakan suatu penelitian yang menghasilkan produk dan menguji kepraktisan dalam pembelajaran. Model penelitian yang digunakan pada penel pengembangan, media pembelajaran, alat peraga, siklus air [...]

PENGARUH METODE EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BENTUK PERMUKAAN BUMI
Oleh : Ayu Nasri | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Dalam membahas kajian geografi, maka kreativitas menjadi salah satu tolok ukur yang penting bagi guru dan siswa. Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk menemukan cara-cara bagi pemecahan suatu masalah yang dihadapi siswa dalam situasi belajar yang berdasarkan tingkah laku siswa guna menghadapi perubahan yang tidak dapat dihindari dalam perkembangan proses belaj Kreativitas, Metode Explicit Instruction, Bentuk Permukaan Bumi, Karya Seni Lukis [...]

PERSEPSI RISIKO DAN KESIIAPSIAGAAN SISWA TERHADAP BANJIR DI DESA LHOKSUKON KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA
Oleh : Nurul Hidayah | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi risiko dan kesiapsiagaan dikalangan siswa sekolah dasar terhadap bencana banjir di Kuta Lhoksukon. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan hasil yang diambil 40 respon Persepsi resiko, Kesiapsiagaan, Bencana Banjir [...]

KNOWLEDGE, ATTITUDE, PRACTICE MASYARAKAT TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN SIROMBU NIAS BARAT
Oleh : Linda Sri Yantilis Polem | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tentang bagaimana pengetahuan, sikap, dan praktik masyarakat terhadap bahaya tsunami di Kecamatan Sirombu Nias Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pada teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 dengan kriteria berdasa Knowledge, Attitude, Practice Masyarakat Sirombu Nias Barat [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMA  
Oleh : Nadita Moulina | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran peoject based learning berdiferensiasi terhadap kreativitas siswa di SMA Negeri 3 Langsa. Ditunjukan dengan ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan dengan model pembelajran project based learning berdiferensiasi dan project based learning tidak berdiferensia Model Project Based Learning, Diferensiasi, Kreatif, Siswa [...]

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 5 LANGSA
Oleh : Siska Agustina | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Problem based learning (pbl) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan meningkatkan pemahaman dari materi pelajaran. Pembelajaran berbasis masalah merupakan pendekatan pembelajaran yang Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis siswa [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Oleh : Cici Damai Yanti | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

 Penelitian ini di latar belakangi dengan kurang berkembangnya  metode pembelajaran di kelas karena menggunakan metode pembelajaran yang mana murid hanya terpaku saat guru menjelaskan dan menulis apa yang di sampaikan oleh guru menyebabkan peroses pembelajaran di kelas kurang sepenuhnya efektive. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa berpen Pengaruh, Kemampuan berfikir kreatif, Problem based learning, Inkuiri [...]

PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) UNTUK KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Oleh : TRIWINDA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model Discovery Learning yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PJBL) dan discovery learning (DL) untuk kemampuan bernalar kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Unggul Cut Nyak Dhien, Kota Langsa. Sampel yang digunakan adalah XI.1 dan kelas XI.2 Tahun pel Pengaruh, Kemampuan Bernalar Kritis, Project Based Learning, Discovery Learning [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA
Oleh : Afra Syadida | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi keragaman flora dan fauna serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah pengembangan, media pembelajaran, sparkol videoscribe, keragaman flora dan fauna [...]

PENGARUH KEBERADAAN PETERNAKAN AYAM BOILER TERHADAP KUALITAS AIR BAKU DI DESA LAE ORAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM
Oleh : JUWITA KHAIRANI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Ayam boiler merupakan jenis ayam unggulan hasil persilangan bangsabangsa ayam yang memiliki produktifitas tinggi. Namun sangat disayangkan letak pemukiman ini masi sangat dekat dengan pemukiman, salah satunya terletak di Desa Lae Oram, Kabupaten Subulussalam. Letaknya sangat dekat dengan pemukiman mengakibatkan berbagai masalah bagi lingkungan sekitar yang dapat mem Peternakan Ayam Boiler, Desa Lae Oram, Air Baku [...]

PERSEPSI RISIKO DAN FATALISME MASYARAKAT KARO TERHADAP BAHAYA ERUPSI SINABUNG
Oleh : Dedek Br. Sembiring | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat persepsi risiko dan fatalisme masyarakat karo yang bertempat tinggal di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo terhadap bahaya erupsi Sinabung pasca 12 tahun erupsi, total seluruh responden dalam penelitian ini berjumlah 31 subjek dan seluruh responden dalam penelitian ini pernah mengalami bencana eru Persepsi Risiko, Fatalisme [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI CANVA PADA MATERI BENCANA GEMPA BUMI
Oleh : Raysa Alhasni | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini merupakan studi tipe Research and Development (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Fokus penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berupa video animasi pada materi bencana gempa bumi, Proses pengembangan video animasi dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Canva, se Canva, Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Alat [...]

ANALISIS KESADARAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA SUNGAI SIMPANG DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN
Oleh : SILVIE CHARMELLYA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Sampah adalah masalah yang patut diperhatikan. Sampah merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Karena pada dasarnya semua manusia pasti menghasilkan sampah. Sampah adalah sampah yang diakibatkan oleh setiap aktivitas manusia. Pada dasarnya manusia membutuhkan lingkungan hidup yang sehat, bersih hujau, asri dan nyaman. Kebersihan lingkungan mempunyai Kesadaran Lingkungan Masyarakat Desa Sungai Simpang [...]

PENGETAHUAN KEARIFAN LOKAL SMONG PADA TAHUN 2004 DI KALANGAN GENERASI MUDA KECAMATAN SIMEULUE BARAT KABUPATEN SIMEULUE
Oleh : APRILIANI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Pengetahuan Kearifan Lokal Smong merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di kepulauan Simeulue yang berarti Tsunami atau gelombang air laut yang naik kedaratan. Istilah smong sudah dikenal oleh masyarakat Simeulue Barat setelah tragedi tsunami yang terjadi pada tanggal 4 januari 1907. Smong merupakan suatu peristiwa yang menjadi suatu bentuk pemahaman sistem pe Pengetahuan Kearifan Lokal Smong, Generasi Muda [...]

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA MANGROVE TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN PESISIR DESA MEUNASAH BLANG KECAMATAN DARUL AMAN ACEH TIMUR
Oleh : NUR ASIKIN | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Penanaman mangrove untuk wilayah pesisir sangat dibutuhkan karena hutan mangrove mempunyai banyak peranan penting misalnya sebagai pencegah abrasi, penghasil oksigen, tempat tinggal tumbuhan dan hewan kecil seperti ikan-ikan kecil dan spesies primate yang tinggal di mangrove tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat desa meunasah blang Persepsi Masyarakat, Masyarakat, Kualitas Lingkungan Pesisir [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA
Oleh : Efatri Muswika | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran yang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi geografi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran generatif dan dengan hasil b Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar. [...]

ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI DI DESA GAMPONG TEUNGOH KOTA LANGSA
Oleh : SRI HARYUNI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Menganalisis Kualitas Air Sungai Desa Gampong Teungoh Langsa Kota Berdasarkan Parameter Fisik. (2) Menganalisis Kualitas Air Sungai Desa Gampong Teungoh Langsa Kota Berdasarkan Parameter Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah meto Kualitas, Air Sungai, Gampong Teungoh [...]

PEMETAAN EKOWISATA KABUPATEN ACEH TAMIANG BERBASIS WEBGIS
Oleh : SHELFI RAHMANA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Aceh Tamiang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Aceh yang memilki wilayah dengan ekosistem lengkap yang terdiri dari pantai, daratan, perbukitan sehingga memiliki potensi alam untuk dijadikan wisata alam (ekowisata). Kabupaten Aceh Tamiang merupakan kawasan yang memilki pariwisata unggul yaitu terdiri dari Sangka Pane, Tamsar 27,Ujung Tamiang, Gunung Pandan, Kemampuan Lahan, Potensi Ekowisata, Pengembangan Ekowisata [...]

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA LITOSFER KELAS X DI SMAN 2 LANGSA
Oleh : GITA IRIANI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran pada materi dinamika litosfer kelas X, (2) Menganalisis kelayakan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran pada materi dinamika litosfer kelas X di SMA Negeri 2 Langsa Penelitian ini mengunakan jenis penlitian Media Pembelajaran, Aplikasi Adobe Flash, dan Materi Dinamika Litosfer [...]

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL DINAMIKA PLANET BUMI DAN TATA SURYA KELAS X DI SMA N 1 PEUREULAK
Oleh : Khairunnisa | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Flip Book Maker pada materi mengenal dinamika planet bumi dan tata surya kelas X (2) Untuk mengetahu respon peserta didik terhadap media pembelajaran digital book menggunakan Flip Book Maker (3) Menganalisis kelayakan multimedia berbasis flip book maker sebagai media pembelajaran Media Pembelajaran, Aplikasi Flip Book , dan Materi Mengenal Dinamika Planet Bumi Dan Tata Surya [...]

PERSEPSI RESIKO BENCANA TSUNAMI DI KALANGAN PESERTA DIDIK   DI KABUPATEN SIMEULUE  
Oleh : Rosmalita | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Peserta didik merupakan kelompok yang rentan mengalami dampak dari bencana gempa bumi sehingga memerlukan pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Pendidikan bencana disekolah dapat memberikan persepsi yang baik pada siswa sehingga akan meningkatkan keingintahuan dan partisipasi dalam mempelajari bahaya dari bencanaPengetahuan yang dimiliki biasanya dapat mempengaruhi sikap dan kepedulian p Persesepsi, Resiko Bencana, Peserta Didik [...]

ANALISIS TINGKAT KESADARAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP KETERSEDIAAN AIR DI GAMPONG SUKAJADI KEBUN IRENG KECAMATAN LANGSA
Oleh : Dwi oktavianda | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) untuk menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat terhadap ketersediaaan air di dusun merak makmur dan merak sukajadi.(2). Untuk menganalisis tingkat masyarakat terhadap ketersediaan air di dusun merak makmur dan merak sukajadi.(3) untuk menganalisis kondisi lingkungan masyarakat dusun merak makmur dan merak sukajadi.Jenis p Ketersediaan Air, Tingkat Kesadaran Lingkungan Masyarakat, Gampong Sukajadi Kebun Ireng [...]

ANALISIS KAPASITAS PEMANGKU KEPENTINGAN TERHADAP BENCANA BANJIR DI KOTA LANGSA
Oleh : Rita audia | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas pemangku kepentingan terhadap bencana banjir di kota langsa.Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa indonesia merupakan negara yang rawan akan bencana.Tingginya tingkat resiko bencana banjir dan banyak nya kerugian yang di timbulkan dari bencana ini maka di perlukan kapasitas yang tinggi dari pemangku kep Kapasitas, Pemangku Kepentingan, Bencana Banjir [...]

Kembali ke atas!