Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3458 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
42229 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMA  
Oleh : Nadita Moulina | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran peoject based learning berdiferensiasi terhadap kreativitas siswa di SMA Negeri 3 Langsa. Ditunjukan dengan ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan dengan model pembelajran project based learning berdiferensiasi dan project based learning tidak berdiferensia Model Project Based Learning, Diferensiasi, Kreatif, Siswa [...]

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 5 LANGSA
Oleh : Siska Agustina | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Problem based learning (pbl) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan meningkatkan pemahaman dari materi pelajaran. Pembelajaran berbasis masalah merupakan pendekatan pembelajaran yang Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis siswa [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 TAMIANG HULU PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Oleh : Cici Damai Yanti | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

 Penelitian ini di latar belakangi dengan kurang berkembangnya  metode pembelajaran di kelas karena menggunakan metode pembelajaran yang mana murid hanya terpaku saat guru menjelaskan dan menulis apa yang di sampaikan oleh guru menyebabkan peroses pembelajaran di kelas kurang sepenuhnya efektive. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa berpen Pengaruh, Kemampuan berfikir kreatif, Problem based learning, Inkuiri [...]

PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) UNTUK KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Oleh : TRIWINDA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model Discovery Learning yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PJBL) dan discovery learning (DL) untuk kemampuan bernalar kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Unggul Cut Nyak Dhien, Kota Langsa. Sampel yang digunakan adalah XI.1 dan kelas XI.2 Tahun pel Pengaruh, Kemampuan Bernalar Kritis, Project Based Learning, Discovery Learning [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA
Oleh : Afra Syadida | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi keragaman flora dan fauna serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah pengembangan, media pembelajaran, sparkol videoscribe, keragaman flora dan fauna [...]

PENGARUH KEBERADAAN PETERNAKAN AYAM BOILER TERHADAP KUALITAS AIR BAKU DI DESA LAE ORAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM
Oleh : JUWITA KHAIRANI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Ayam boiler merupakan jenis ayam unggulan hasil persilangan bangsabangsa ayam yang memiliki produktifitas tinggi. Namun sangat disayangkan letak pemukiman ini masi sangat dekat dengan pemukiman, salah satunya terletak di Desa Lae Oram, Kabupaten Subulussalam. Letaknya sangat dekat dengan pemukiman mengakibatkan berbagai masalah bagi lingkungan sekitar yang dapat mem Peternakan Ayam Boiler, Desa Lae Oram, Air Baku [...]

PERSEPSI RISIKO DAN FATALISME MASYARAKAT KARO TERHADAP BAHAYA ERUPSI SINABUNG
Oleh : Dedek Br. Sembiring | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat persepsi risiko dan fatalisme masyarakat karo yang bertempat tinggal di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo terhadap bahaya erupsi Sinabung pasca 12 tahun erupsi, total seluruh responden dalam penelitian ini berjumlah 31 subjek dan seluruh responden dalam penelitian ini pernah mengalami bencana eru Persepsi Risiko, Fatalisme [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI CANVA PADA MATERI BENCANA GEMPA BUMI
Oleh : Raysa Alhasni | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini merupakan studi tipe Research and Development (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Fokus penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berupa video animasi pada materi bencana gempa bumi, Proses pengembangan video animasi dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Canva, se Canva, Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Alat [...]

ANALISIS KESADARAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA SUNGAI SIMPANG DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN
Oleh : SILVIE CHARMELLYA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Sampah adalah masalah yang patut diperhatikan. Sampah merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Karena pada dasarnya semua manusia pasti menghasilkan sampah. Sampah adalah sampah yang diakibatkan oleh setiap aktivitas manusia. Pada dasarnya manusia membutuhkan lingkungan hidup yang sehat, bersih hujau, asri dan nyaman. Kebersihan lingkungan mempunyai Kesadaran Lingkungan Masyarakat Desa Sungai Simpang [...]

PENGETAHUAN KEARIFAN LOKAL SMONG PADA TAHUN 2004 DI KALANGAN GENERASI MUDA KECAMATAN SIMEULUE BARAT KABUPATEN SIMEULUE
Oleh : APRILIANI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Pengetahuan Kearifan Lokal Smong merupakan salah satu kearifan lokal yang ada di kepulauan Simeulue yang berarti Tsunami atau gelombang air laut yang naik kedaratan. Istilah smong sudah dikenal oleh masyarakat Simeulue Barat setelah tragedi tsunami yang terjadi pada tanggal 4 januari 1907. Smong merupakan suatu peristiwa yang menjadi suatu bentuk pemahaman sistem pe Pengetahuan Kearifan Lokal Smong, Generasi Muda [...]

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA MANGROVE TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN PESISIR DESA MEUNASAH BLANG KECAMATAN DARUL AMAN ACEH TIMUR
Oleh : NUR ASIKIN | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2022)

Penanaman mangrove untuk wilayah pesisir sangat dibutuhkan karena hutan mangrove mempunyai banyak peranan penting misalnya sebagai pencegah abrasi, penghasil oksigen, tempat tinggal tumbuhan dan hewan kecil seperti ikan-ikan kecil dan spesies primate yang tinggal di mangrove tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat desa meunasah blang Persepsi Masyarakat, Masyarakat, Kualitas Lingkungan Pesisir [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA
Oleh : Efatri Muswika | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran yang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi geografi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran generatif dan dengan hasil b Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar. [...]

ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI DI DESA GAMPONG TEUNGOH KOTA LANGSA
Oleh : SRI HARYUNI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Menganalisis Kualitas Air Sungai Desa Gampong Teungoh Langsa Kota Berdasarkan Parameter Fisik. (2) Menganalisis Kualitas Air Sungai Desa Gampong Teungoh Langsa Kota Berdasarkan Parameter Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah meto Kualitas, Air Sungai, Gampong Teungoh [...]

PEMETAAN EKOWISATA KABUPATEN ACEH TAMIANG BERBASIS WEBGIS
Oleh : SHELFI RAHMANA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Aceh Tamiang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Aceh yang memilki wilayah dengan ekosistem lengkap yang terdiri dari pantai, daratan, perbukitan sehingga memiliki potensi alam untuk dijadikan wisata alam (ekowisata). Kabupaten Aceh Tamiang merupakan kawasan yang memilki pariwisata unggul yaitu terdiri dari Sangka Pane, Tamsar 27,Ujung Tamiang, Gunung Pandan, Kemampuan Lahan, Potensi Ekowisata, Pengembangan Ekowisata [...]

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA LITOSFER KELAS X DI SMAN 2 LANGSA
Oleh : GITA IRIANI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran pada materi dinamika litosfer kelas X, (2) Menganalisis kelayakan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran pada materi dinamika litosfer kelas X di SMA Negeri 2 Langsa Penelitian ini mengunakan jenis penlitian Media Pembelajaran, Aplikasi Adobe Flash, dan Materi Dinamika Litosfer [...]

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL DINAMIKA PLANET BUMI DAN TATA SURYA KELAS X DI SMA N 1 PEUREULAK
Oleh : Khairunnisa | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2024)

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Flip Book Maker pada materi mengenal dinamika planet bumi dan tata surya kelas X (2) Untuk mengetahu respon peserta didik terhadap media pembelajaran digital book menggunakan Flip Book Maker (3) Menganalisis kelayakan multimedia berbasis flip book maker sebagai media pembelajaran Media Pembelajaran, Aplikasi Flip Book , dan Materi Mengenal Dinamika Planet Bumi Dan Tata Surya [...]

PERSEPSI RESIKO BENCANA TSUNAMI DI KALANGAN PESERTA DIDIK   DI KABUPATEN SIMEULUE  
Oleh : Rosmalita | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Peserta didik merupakan kelompok yang rentan mengalami dampak dari bencana gempa bumi sehingga memerlukan pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PRB). Pendidikan bencana disekolah dapat memberikan persepsi yang baik pada siswa sehingga akan meningkatkan keingintahuan dan partisipasi dalam mempelajari bahaya dari bencanaPengetahuan yang dimiliki biasanya dapat mempengaruhi sikap dan kepedulian p Persesepsi, Resiko Bencana, Peserta Didik [...]

ANALISIS TINGKAT KESADARAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP KETERSEDIAAN AIR DI GAMPONG SUKAJADI KEBUN IRENG KECAMATAN LANGSA
Oleh : Dwi oktavianda | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) untuk menganalisis tingkat pengetahuan masyarakat terhadap ketersediaaan air di dusun merak makmur dan merak sukajadi.(2). Untuk menganalisis tingkat masyarakat terhadap ketersediaan air di dusun merak makmur dan merak sukajadi.(3) untuk menganalisis kondisi lingkungan masyarakat dusun merak makmur dan merak sukajadi.Jenis p Ketersediaan Air, Tingkat Kesadaran Lingkungan Masyarakat, Gampong Sukajadi Kebun Ireng [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL ANIMASI PADA MATERI TSUNAMI
Oleh : KHALIFATU NADYA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media geografi berbasis audio visual animasi pada materi Tsunami, dan menjelaskan hal-hal yang abstrak pada materi tersebut berbentuk video animasi pada buku cetak pembelajaran geografi bencana. Dalam pengembangan media ini, peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Developmen (R&D), didalam penelitian R& Geografi Bencana, Media Animasi, Tsunami [...]

TINGKAT KERENTANAN LINGKUNGAN BENCANA BANJIR DI KOTA LANGSA
Oleh : Nadia Kesuma | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Kota Langsa merupakan salah satu wilayah yang sering menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Menurut data BPBD dari tahun 2019 – 2022, penyebab banjir di Kota Langsa didominasi dengan curah hujan intensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya air sungai dan menenggenangi pemukiman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerentanan dalam asp Kerentanan Lingkungan, Bencana banjir, Kota Langsa [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA MENGGUNAKAN POSTER INFOGRAFIS DI SMP IT TADZKIA
Oleh : MARNI CAHYATI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media yang dapat menerapkan pembelajaran IPS menggunakan Poster Infografis pada materi Flora dan Fauna di Indonesia untuk menguji kelayakan media pembelajaran menggunakan Poster Infografis yang dikembangkan melalui validasi ahli materi dan validasi ahli media serta mengetahui penilaian respon pratiksi pendidik da Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster Infografis [...]

PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MATERI FLORA DAN FAUNA DI SMP SWASTA BANGUN MULIA PANGKALAN BRANDAN
Oleh : SULISTIA RAHMAH | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan peneliti untuk mengetahui pelaksanaanya gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa materi flora dan fauna di SMP Swasta Bangun Mulia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawacara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah SMP Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, Buku Bacaan, Minat Baca [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA INFOGRAFIS PADA MATERI INTERAKSI KERANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA ASEAN KELAS VIII
Oleh : NANDA PRATIWI | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Tujuan peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran infografis untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di negara ASEAN. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Research and Development (R&D) merupakan suatu peneliti yang menghasilkan produk dan menguji keefektifanya dalam bidang pendidikan. Model penelitia Pengembangan, Media Pembelajaran, Infografis, Inetaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara ASEAN [...]

PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI MITIGASI BENCANA BANJIR
Oleh : M. REZA ANDRE PARERA | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Skripsi ini bertujuan mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran mitigasi bencana banjir dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D. Pendidikan geografi mempelajari mitigasi bencana banjir melalui pendekatan inovatif untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk mempelajari mitigasi bencana banjir. Pengembangan, media pembelajaran, komik digital, mitigasi banjir [...]

KAJIAN KESESUAIAN DAN DAYA DUKUNG OBJEK WISATA BATU SIAMBUNG-AMBUNG SIMEULUE DENGAN PRINSIP EKOWISATA
Oleh : Nur Yuni Safitri | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Kabupaten Simeulue memiliki banyak wisata bahari salah satunya wisata batu Siambung-ambung yang terletak di Desa Lubuk Baik. Batu Siambung-ambung ini sangat cocok untuk dijadikan pariwisata bagi masyarakat Simeulue dan diluar daerah Simeulue, Batu Siambung-ambung salah satu wisata pantai yang menarik, tempat untuk refleshing, tempat berfoto bagi wisatawan. Penelitia daya dukung objek wisata batu siambung-ambung, prinsip ekowisata [...]

ANALISIS SIKAP DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI PEMILAHAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG MEUTIA KECAMATAN LANGSA KOTA
Oleh : Sausan Alya Taisir | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Sampah merupakan sisa kegiatan sehari-hari manusia atau dari proses alam yang berbentuk padat. Laju produksi sampah terus meningkat, tidak saja sejajar dengan dengan laju pertumbuhan penduduk tetapi juga sejalan dengan meningkatnya pola komsumsi masyarakat. Di sisi lain kapasitas penanganan sampah yang dilakukan masyarakat maupun pemerintah daerah belum optimal. Unt Sampah, Pengelolaan, Pemilahan, Pengetahuan dan Sikap [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SERVICE LEARNING TERHADAP  EKOLITERASI PESERTA DIDIK  PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI  DI SMAN 1 RANTAU SELAMAT  
Oleh : Nelda wati | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui pengaruh model  pembelajaran  service learning terhadap  ekoliterasi  peserta  didik  pada  mata pelajaran geografi materi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group.Populasi dalam penelitian  ini  ad Pengaruh, Model Pembelajaran, Model Service Learning,  Ekoliterasi Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA GEOGRAFI BERBASIS ANIMASI PADA MATERI GEMPA BUMI
Oleh : Wiwin prandika | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

 
 
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media geografi berbasis animasi pada materi gempa bumi, sekaligus u   ntuk menguji keefektivitasan animasi sebagai penyokong atau pendorong buku cetak geografi bencana. kurang nya pengembangan media didalam buku cetak geografi bencana menjadikan peneliti ingin mengembangkan media tersebut. Dalam pengembangan medi geografi bencana, media animasi, materi gempa bumi [...]

KAJIAN MORFOLOGI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) DI KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM
Oleh : Winda Aulia | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Daerah Aliran Sungai (DAS) Lae Soraya merupakan Daerah Aliran Sungai yang terletak di Kecamatan Rundeng. Daerah Aliran Sungai ini vegetasinya masih di kategorikan cukup rapat tetapi kondisi air sungainya masih keruh dan debit air yang tidak stabil. Morfologi Daerah Aliran Sungai, didefenisikan sebagai ukuran kuantitatif karakteristik Daerah Aliran Sungai yang terkai DAS Lae Soraya, Morfologi, Topografi, Banjir [...]

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK MSYARAKAT TERHADAP BAHAYA TSUNAMI DI KAMPUNG BAKARO KECAMATAN MANOKWARI TIMUR
Oleh : Farmadi | Prog.Studi : Pendidikan Geografi (2023)

Pada tanggal 3 bulan 1 2009 terjadi gempa dengan kekutan 7,6 SR dan terjadi tsunami kecil yang melanda kabupaten Manokwari. Akibat tsunami tersebut kerusakan yang di timbulkan hanya sedikit,namun kerugian mencapai ratujan juta. Survei Pengetahuan, Sikap, dan Praktik (PSP) adalah survei yang digunakan peneliti untuk menyelidiki apa yang orang ketahui (pengetahuan), b Tsunami, Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik [...]

Kembali ke atas!