PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Ade Tasya Nurlita (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Media pembelajaran berperan penting dalam proses pembelajaran dikelas. Siswa akan terbantu memahami pesan-pesan yang disampaikan, terlebih penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Namun, desain pengembangan Adobe Flash ini hanya meliputi lima langkah yang terdiri dari potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi desain. Hasil penelitian menyatakan bahwa Adobe Flash sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan hasil pada penilaian ahli bahwa Adobe Flash tersebut telah layak diuji cobakan dengan dibuktikan dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 93,33% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 96,36% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli bahasa mendapatkan skor 97,1% dengan kategori sangat layak.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ade Tasya Nurlita
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 24-04-2024 10:52
Terakhir diubah : 04-06-2024 11:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5663
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!