PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ( TTW ) BERBANTUAN MEDIA LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 7 LANGSA

Padlika Askila (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ( TTW ) BERBANTUAN MEDIA LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 7 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan serta hasil penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media LKPD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Langsa. Dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan, penerapan serta mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media LKPD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Langsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggrat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes serta dokumentasi dan teknik analisis data yang dipakai adalah Statistik Deskriptif yaitu analisis data sederhana dengan subjek penelitian ini berjumlah 18 orang terdiri dari 11 orang wanita dan 7 orang pria. Penelitian ini diadakan di SDN 7 Langsa, dengan hasil belajar kognitif siklus I presentase tuntas mencapai 41,18% dan yang tidak mencapai ketuntasan 75 mencapai presentase 58,82% dengan rata-rata nilai 57,12%. Siklus II hasil belajar kognitif dengan presentase tuntas mencapai 78,57% dan yang tidak tuntas mencapai presentase 21,43% dengan nilai rata-rata yaitu 78,57%. Siklus III hasil belajar kognitif siswa dengan presentase ketuntasan sebesar 100% dengan rata-rata nilai 92,35%. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa dalam penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media LKPD bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 7 Langsa dengan materi pecahan senilai.

Kata kunci : model think talk write, media LKPD, hasil belajar matematika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Padlika Askila
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 20-05-2024 11:32
Terakhir diubah : 25-06-2024 10:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5795
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!