PENGARUH METODE STEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 10 LANGSA

Mutia Zahratul Indiani (2024), PENGARUH METODE STEAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 10 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Melihat permasalahan siswa pada pembelajaran IPAS, peneliti ingin menerapkan metode STEAM untuk mempengaruhi keberhasilan belajar IPAS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode STEAM terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 10 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 10 Langsa berjumlah 226 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, jumlah sampel pada kelas IV A 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan pada kelas IV B 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil nilai rata-rata dari Pre-Test atau sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen adalah nilai rata-rata Pre-Test sebesar 49,5 meningkat menjadi 84. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata Pre-Test 43,33 meningkat menjadi 57,5. Berdasarkan analisis Uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berdasarkan pada kriteria maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode STEAM terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 10 Langsa. Disarankan bagi guru agar memilih metode pembelajaran yang menarik sehingga dapat membuat siswa fokus dan aktif dalam proses pembelajaran, Sehingga akan membawa pengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Diharapkan penelitian ini bisa menjadi referensi dan juga menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaan penyusunan penelitian selanjutnya sehingga penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Kata kunci : Metode STEAM, Hasil Belajar IPAS siswa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Mutia Zahratul Indiani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 01-05-2024 21:42
Terakhir diubah : 20-06-2024 15:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5710
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!