PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING (OEL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDAR BARU ACEH TIMUR

Winda Ramadhani (2024), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING (OEL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDAR BARU ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Peningkatakan kemampuan berfikir kreatif pada siswa sangat penting, agar mampu memahami pembelajaran, maka itu diperlukan model pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan kemampuan hasil belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Bandar Baru Aceh Timur. Model yang digunakan yaitu pembelajaran Open Ended Learning merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Subyek penelitian sebanyak 29 siswa. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Open Ended Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data sederhana meliputi pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, analisis data, dan interprestasi data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil tes belajar siswa pada siklus I mencapai 31% dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus II terdapat peningkatan dalam hasil tes belajar siswa mencapai 45% dengan nilai rata-rata 69. Pada siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 93% dengan nilai rata-rata 80. Pada hasil belajar dari siklus I sampai siklus III mencapai peningkatan hingga 62%. Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Open Eneded Learning dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian dan pembagian bilangan desimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 

Kata kunci : Model Pembelajaran, Open Ended Learning (OEL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar, Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Desimal

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Winda Ramadhani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 04-07-2024 10:16
Terakhir diubah : 15-07-2024 15:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=6060
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!