Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3444 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
42020 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
IDENTIFIKASI BAKTERI COLIFORM PADA ES KRISTAL DI KOTA LANGSA
Oleh : Siti Rahmawati Sitorus | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Air adalah zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Air merupakan cairan jernih, tidak berbau, tidak berwarna, serta tidak berasa. Air merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup Terutama sebagai air minum. Salah satu pengelolahan air minum adalah dengan cara dibekukan menjadi es. Es batu merupakan produk pangan yang sudah sangat dikenal masyarakat secara Bakteri Coliform,Es Kristal, MPN, Uji IMViC [...]

UJI TOKSISITAS EKSTRAK ETANOL DAUN LAKUM (CAYRATIA TRIFOLIA L.) DENGAN METODE BRINE SHRIMP LETHALITY TEST (BSLT)
Oleh : Cut Hadisti Arhafna | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Tumbuhan lakum (Cayratia trifolia L) merupakan tumbuhan herbal yang digunakan masyarakat sebagai obat tradisional dan termasuk kedalam family Vitaceae yang hidup liar. Daun lakum ini memiliki kandungan metabolit sekunder yaitu flavonoid, alkaloid, fenol, steroid, terpenoid, dan tanin. Pada kadar tertentu senyawa flavonoid, alkaloid, dan steroid memiliki efek toksik Daun lakum (Cayratia trifolia L), tumbuhan herbal, uji toksisitas, Artemia salina leach, Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). [...]

KEANEKARAGAMAN MAKROFAUNA TANAH PADA LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KABUPATEN ACEH TIMUR
Oleh : Syafani Syarifah | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Studi ini bertujuan untuk mengetahui jenis makrofauna yang terdapat di perkebunan kelapa sawit, dan mengetahui berapa kepadatan, indeks keanekaragaman, indeks kemerataan, indeks dominansi, dan indeks similaritas. Penentuan lokasi yaitu ditentukan berdasarkan usia tumbuhan sawit dan ditetapkan menjadi 3 stasiun penelitian. stasiun 1 pada tumbuhan umur 5 Tahun, stasiu keanekaragaman, kelapa sawit, makrofauna [...]

PENGARUH MEDIA TANAM AMPAS KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM PUTIH (PLEUROTUS OSTREATUS)
Oleh : DEWI RENGGANIS | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Jamur merupakan Ordo Agaricales termasuk kedalam kelas Basidiomycetes. Jamur tiram ini mempunyai manfaat sangat besar bagi kesehatan karena di dalam nya banyak mengandung zat gizi yang seimbang terutama kandungan karbohidrat dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pertumbuhan dan perkembangan jamur sangat tergantung pada nutrisi yang tersedia pada media tanam Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), ampas kelapa, diameter pileus [...]

PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 LANGSA
Oleh : Laila Ramadhani | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Model pembelajaran Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran yang membantu siswa untuk aktif berinteraksi dalam proses pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk menemukan solusi pada kesulitan saat memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian mengetahui penerapan model Numbered Heads Together terhadap karakter siswa dan penerapan model Numbered He Model Numbered Heads Together, Karakter, Hasil Belaja [...]

PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI BUNGKIL BIJI KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERRI) PADA PAKAN IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)
Oleh : EVI SRI WULANDARI | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Nila merupakan ikan air tawar yang termasuk kedalam kelas Osteichthyes. Ikan nila dapat hidup pada perairan minim oksigen yaitu kurang dari 3 ppm (part permillion). Ikan nila jenis hewan omnivore yaitu pemakan segala jenis makanan, pakan alami ikan nila adalah fitoplankton, zooplankton, dan buahan, serta daun-daun lunak yang jatuh dalam air. Tujuan penelitian untuk Ikan Nila (Oreochromis niloticus), bungkil kedelai (Glycine max L. Merri), Pertumbuhan ikan Nila [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA N 5 LANGSA
Oleh : TENDRIANI | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Model Direct Instruction adalah suatu model pengajaran yang terdiri dari penjelasan guru mengenai konsep atau keterampilan baru, melibatkan guru bekerja dengan siswa secara individual, atau dalam kelompok-kelompok kecil model pembelajaran ini dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural Model Direct Instruction, Hasil Belajar [...]

KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU SEJATI (POLYPODIOPSIDA) DI TAMAN HUTAN RAYA BUKIT BARISAN KECAMATAN DOLAT RAKYAT KABUPATEN KARO
Oleh : INDRA AULIA | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Taman Raya Hutan Bukit Barisan yang berada di Kabupaten Karo merupakan suatu kawasan hutan lindung yang letaknya dengan gunung Sinabung. Keasrian yang ada di kawasan hutan lindung ini membuat kawasan ini banyak ditumbuhi beranekaragam tumbuhan salah satunya tumbuhan paku sejati (Polypodiopsida). Kurangnya data informasi penelitian mengenai morfologi tumbuhan paku se Tumbuhan paku sejati (polypodiopsida), indeks keanekaragaman, Taman Raya Bukit Barisan [...]

PENERAPAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 3 LANGSA
Oleh : Rotua Santaria Tampubolon | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan penerapan e-book di SMA Negeri 3 Langsa dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan e-book pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Langsa. Biologi, E-Book, Hasil Belajar, Penerapan [...]

PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMAN 3 LANGSA
Oleh : Lisa Mawarda | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Penelitian ini bertolak dari masih kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran biologi serta kurangnya penilaian terhadap keterampilan proses sains di SMAN 3 Langsa. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi tidak aktif dan keterampilan proses sains siswa menjadi tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran praktikum terhadap p Hasil Belajar Praktikum, Keterampilan Proses Sains [...]

PENGARUH EKSTRAK ETANOL TUMBUHAN SRI REJEKI (DIEFFENBACHIA SEGUINE) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK JAGUNG (SPODOPTERA FRUGIPERDA)
Oleh : Ema Kusyani | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Jagung merupakan tanaman hortikultura serta komuditas pangan yang penting kedua setelah padi dan menjadi prioritas utama dalam meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. Akan tetapi, dalam pengembangannya masih terdapat kendala yaitu tingginya serangan hama ulat Grayak (Spodoptera frugiperda). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ektrak etanol Tum Jagung, Mortalitas Ulat Grayak, Sri rejeki [...]

UJI KADAR PROTEIN PADA GASTROPODA DAN BIVALVIA DIKAWASAN EKOSISTEM MANGROVE YANG DIKONSUMSI MASYARAKAT KOTA LANGSA
Oleh : Nurul Koimah | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Masyarakat Kota Langsa banyak memanfaatkan gastropoda dan bivalvia yang mereka dapatkan di ekosistem mangrove Kuala Langsa sebagai sumber bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan protein. Protein dibutuhkan sebagai zat penyusun, pertahanan dan sebagai pemasok energi, tubuh membutuhkan energi 10-15% dari total energi dengan porsi kebutuhan protein nabati adalah 60-80%da protein, masyarakat, gastropoda, bivalvia [...]

LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMAN 3 LANGSA
Oleh : Astuti Rinawati Padang | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajarmelalui penerapan LKPD berbasis model Problem Based Learning (PBL) di SMAN 3 Langsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one groub pre-test post-test. Sampel dalam p Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Hasil Belajar [...]

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 STABAT
Oleh : Dinda Febrian | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains yang ditinjau dari aspek pengetahuan dan kompetensi siswa di SMA Negeri 1 Stabat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentase, selanjutnya dikelompokkan berdasarkan kategori. Populasi Literasi Sains, Aspek Pengetahuan, Aspek Kompetensi [...]

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS XI SMA SWASTA DAERAH KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Oleh : MHD. Rizki Syahputra | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Gaya belajar merupakan cara mudah dalam mengambil sebuah informasi, dengan mengetahui gaya belajar maka akan memberikan dampak positif dan peluang terhadap peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar serta berapa besar pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar di kelas XI IPA SMA Swasta Gaya Belajar, Prestasi Belajar, SMA Swasta Daerah Kisaran [...]

PENGARUH PEMBERIAN AMPAS TAHU DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (BRASSICA RAPA SUBSP. CHINENSIS)
Oleh : Juni Artika | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2024)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan komposisi mana yang memberikan pengaruh paling baik terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis). Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen menggunakan design Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisis data yang digunakan dalam penelitian in Ampas Tahu, Pakcoy , Pupuk Kandang. [...]

PENGARUH PUPUK KANDANG LEMBU TERHADAP PERTUMBUHAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA. L)
Oleh : FITRI AMELIA UTAMI | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2020)

Untuk dapat tumbuh dan menghasilkan tanaman lidah buaya memerlukan lingkungan  yang sesuai dengan persyaratan tumbuhnya. Lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman akan lebih efisien daripada penggunaan berbagai faktor teknologi. Salah satu pupuk organik yaitu pupuk kandang lembu, pupuk kandang mempunyai keuntungan sifat yang lebih baik daripada pupuk orga Pengaruh, Pupuk Kandang Lembu , Pertumbuhan Lidah Buaya (Aloe vera. L) [...]

PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN OBAT-OBATAN TRADISIONAL UNTUK MENGATASI PENYAKIT GASTRITIS DI GAMPONG MATANG SEULIMENG KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA
Oleh : Widya fadhillah | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2022)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan da pemanfaatan masyarakat terhadap obat-obatan tradisional untuk mengatasi penyakit Gastritis di Gampong Matang Seulimeng Kota Langsa. peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil sampel 70 warga desa Matang Seulimeng sebagai responden penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulka Gastritis, Pengetahuan, Pemanfaatan dan Obat Tradisional [...]

EFEKTIVITAS MEDIA WORDWALL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN KINERJA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LANGSA
Oleh : Antika Rahayu | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan kinerja dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Langsa. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah teknik random sampling sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adala media wordwall, keterampilan kinerja, hasil belajar [...]

PENERAPAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS LIVEWORKSHEETS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 3 LANGSA
Oleh : Chelsea Ruth Maranatha | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi. Hadirnya konsep e-learning ditengah-tengah pendidikan belum seutuhnya dimanfaatkan pendidik sebagai salah satu referensi dalam membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 3 Langsa yang diajarkan dengan m Hasil Belajar Biologi, E-LKPD, Liveworksheets [...]

PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TUMBUHAN (PLANTAE) BAGI SISWA SMAN 2 LANGSA
Oleh : Juwita Br Sinaga | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Penelitian ini bermaksud untuk memgembangkan panduan praktikum biologi berbasis problem based learning pada materi tumbuhan bagi siswa SMAN 2 langsa dan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan panduan praktikum biologi yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4 Panduan Praktikum, PBL, Pengembangan,Tumbuhan [...]

PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN
Oleh : Nadya Aulina Barus | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-book interaktif dalam pembelajaran sistem pernapasan dan mengetahui kelayakan serta mengetahui kepraktisan media e-book interaktif yang telah dihasilkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Thiagarajan) yaitu define, design E-book interaktif, Pengembangan, Sistem pernapasan [...]

EKSPLORASI TUMBUHAN BRYOPHYTA DI KAWASAN EKOWISATA BUKIT LAWANG
Oleh : ISMI EKA PRATIWI BR KELIAT | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Bukit lawang adalah bagian kawasan konservasi dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Keberadaan Bukit lawang hingga saat ini masih asri dengan suasana hutan tropis, lumut salah satu komponen penting dalam kawasan hutan pegunungan tropis yang berperan signifikan dalam keseimbangan air dan siklus hara hu Lumut (Bryophyta), Kawasan Ekowisata Bukit awang, Dominansi [...]

PEMETAAN KERUSAKAN EKOSISTEM MANGROVE AKIBAT AKTIVITAS MASYARAKAT DI DESA KUALA LANGSA KECAMATAN LANGSA BARAT
Oleh : MINDA ARDINI PURBA | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2022)

Ekosistem Manggrove adalah wilayah yang harus dilestarikan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai, dan sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuat arang. Namun, melihat kondisi lapangan terlihat hutan manggrove banyak ditebang dikarenakan untuk pembuatan arang sehingga terjadinya kerusakan pada beberapa lahan sehingga tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola pemetaan kerusaka Hutan Mangrove, Kerusakan, NDVI, dan Pemetaan [...]

TINGKAT KESADARAN SISWA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID - 19 (CORONAVIRUS DISEASE - 19) SMP KOTA LANGSA
Oleh : Lestari Utari | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Diawal tahun 2019, dunia pertama kali di kagetkan dengan munculnya kasus virus Covid-19. Negara Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang berdampak atas terjadinya wabah virus Cocid-19. Gejala awalnya adalah batuk, demam, letih, sesak nafas dan tidak nafsu makan. Penularan virus covid-19 ini di tularkan melalui kontak dekat dan percikan / bersin (droplet). A Pencegahan Penularan, Covid – 19, Tingkat Kesadaran [...]

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 5 LANGSA
Oleh : Devi Rahayu | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2022)

Kegiatan belajar mengajar akan tercapai apabila siswa mampu mengikuti proses pembelajaran yang diberikan oleh guru didalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar yang baik guru harus dapat memilih dan menerapkan sebuah model pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) me Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI UNGGUL ACEH TIMUR
Oleh : DILLA FARHANA | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ialah model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan moti Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Motivasi [...]

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI GASTROPODA DI PERAIRAN PANTAI BAGIAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATRA UTARA
Oleh : Ameliyani | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Gastropoda merupakan kelas moluska yang memiliki tubuh lunak berjalan menggunakan perut sebagai alat gerak. Gastropoda memiliki peranan penting dalam ekosistem di karenakan adanya hubungan timbal balik dengan lingkunganya. Keanekaragaman merupakan gabungan antara kekayaan jenis dan kemerataan dalam satu nilai tunggal sebagai jumlah jenis diantara jumlah total indivi Gastropoda, Keragaman, Pola Distribusi [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII DI SMPN 1 INDRA MAKMU ACEH TIMUR ABSTRAK
Oleh : Hayatul Nurul Fitri | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Model pembelajaran every one is a teacher here merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mengutamakan pengajaran sesama siswa yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuannya sehingga berpengaruh baik terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajar Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here, Hasil Belajar [...]

KARAKTERISTIK MORFOLOGI VARIETAS KOPI MASYARAKAT DI KECAMATAN PINING KABUPATEN GAYO LUES
Oleh : Kasmawati | Prog.Studi : Pendidikan Biologi (2023)

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantara perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui karakteristik morfologi varietas dan klon tanaman kopi masyarakat di Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini merupakan Kecamatan Pining, Kopi, Morfologi. [...]

Kembali ke atas!