HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 10 LANGSA

Ria septia (2024), HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 10 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kesiapan belajar. Kesiapan siswa dalam memulai pembelajaran di kelas sangat menentukan apakah siswa termotivasi atau tidak untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 10 Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa sebanyak 41 orang sedangkan sampel pada penelitian ini hanya kelas V A sebanyak 20 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa dan tidak ada hubungan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel x (kesiapan belajar) dan variabel y (motivasi belajar siswa). Berdasarkan hasil dalam penelitian ini menunjukkan pada uji koefisien korelasi rxy diperoleh nilai koefisien korelasi rxy sebesar 15,74 yang diklasifikasikan pada taraf rendah yang berarti kesiapan belajar tidak memiliki hubungan dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa. Kemudian pengujian hipotesis dengan uji t dengan hasil thitung sebesar 0,270 kemudian dengan mencari nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 (5%) sebesar 1,684 maka dapat disimpulkan bahwa thitung < ttabel dimana 0,270 < 1,684, sehingga kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa tidak memiliki hubungan yang signifikan. Maka kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji hipotesis adalah Ha ditolak yaitu “tidak ada hubungan yang signifikan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Langsa”.


 


 


 

Kata kunci : Hubungan, Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ria septia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 13-06-2024 12:03
Terakhir diubah : 28-06-2024 16:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5977
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!