Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
1933 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
23660 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LANGSA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh : Wahyu Syahputra | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Covid-19 adalah sebuah wabah virus yang menyerang system pernapasan. Pandemi covid (19) ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk KesulitanBelajar, Covid-19 [...]

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP COMMUNICATION SKILL DAN COLLABORATION SKILL SISWA SMP NEGERI 5 LANGSA
Oleh : Nurdi | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Communication skill dan Collaboration Skill merupakan keterampilan yang termasuk kedalam 21st Century Skill. Kedua keterampilan tersebut dituntut untuk dimiliki setiap siswa demi menghadapi tantangan abad 21. Model pembelajaran yang tepat untuk mencapai keterampilan tersebut salah satunya Model Project Based Learning. Penelitian ini bertuj Communication skill, Collaboration skill, Project Based Learning [...]

PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 LANGSA
Oleh : Wahyu Gunawan | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Pembelajaran fisika yang hanya berpusat pada guru, menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang pahamnya siswa pada konsep fisika berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini Strategi REACT, Kognitif, Afektif, Psikomotorik [...]

ANALISIS INTEGRASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KOTA LANGSA
Oleh : Nur Arafah | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Memasuki abad 21 pendidikan terdapat sebuah tantangan yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu untuk bersaing dalam era 4.0. Dalam menghadapi tantangan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan STEM dalam penddidikan. Hal tersebut karena STEM menerapkan empat aspek seperti sains, teknologi, teknik dan matematika agar mencipta STEM, Integrasi, Persepsi, Modul [...]

ANALISIS SOAL TES ESSAY BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI MAN 1 LANGSA
Oleh : canda | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal essay buatan guru fisika kelas XI di MAN 1 Langsa. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif. Subjek dan Objek dalam penelitian ini adalah guru fisika  dan soal essay buatan guru kelas XI di MAN 1 Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik anal validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, tes essay [...]

PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOLABORASI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU
Oleh : Tia Novia | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Perkembangan dan kemajuan teknologi di era modern ini telah mengubah sistem pembelajaran konvensional menjadi modern dengan memanfaatkan pembelajaran e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan kolaborasi siswa menggunakan pembelajaran e-learning berbasis aplikasi edmodo. Penelitian ini teermasuk penelitian Pre-eksperimental dengan desain Edmodo¸ E-learning, Keterampilan Kolaborasi, Pemahaman Konsep [...]

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Oleh : Nurlaili | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Proses belajar mengajar di sekolah mengalami kendala yang disebabkan menyebarnya wabah virus corona pada awal bulan Maret 2020 di Indonesia. Untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19, proses pembelajaran dilakukan secara online atau daring di semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pembelajaran daring selama pan efektivitas, pembelajaran daring, covid-19 [...]

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA YANG TERDAMPAK BENCANA BANJIR DI DESA SEULALAH BARU KECAMATAN LANGSA LAMA
Oleh : Fikransyah Tanjung | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Bencana banjir yang menjadi ancaman bagi infrastruktur masyarakat dan mempengaruhi kesejahteraan siswa dalam berbagai hal seperti akses makanan, kesehatan, kehadiran ke sekolah, akses air bersih dan sanitasi, keamanan fisik, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan minat belajar siswa yang terdampak bencana banjir di Desa Seulalah Minat Belajar Siswa, Bencana Banjir, Desa Seulalah Baru. [...]

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR TEMPERATUR RUANGAN BERBASIS ARDUINO UNO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LANGSA KELAS X IPA
Oleh : irwansyah putra | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Media pembelajaran merupakan salah satu pendukung berlangsungnya proses belajar mengajar disekolah, dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Fungsi utama dari media pembelajaran yaitu sebagai alat bantu mengajar yang dapat mempengaruhi kondisi kelas dan lingkun Media Pembelajaran, Metode Eksperimen Verifikasi, Hasil Belajar [...]

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SUHU PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh : SITI JUNIAR HARAHAP | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Pada penelitian ini akan diterapkan strategi pembelajaran Question Student Have untuk melihat pengaruh strategi hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Question Student Have dalam pengaruh strategi hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu di kelas VII.2 SMP Negeri 4 Langsa Tahun Pelajaran 202 Strategi, Question Student Have, Hasil Belajar [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA LANGSA
Oleh : NURMASYITHAH | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2020)

Beberapa fakta dalam dunia pendidikan menunjukan bahwa tidak sedikit dari peserta didik yang masih memiliki hasil belajar rendah. Hal yang paling berpengaruh dari hasil belajar peserta didik disebabkan kurangnya pemahaman konsep dalam materi yang dipelajari oleh peserta didik. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga untuk melihat pemahaman kons model pembelajaran generatif, pemahaman konsep [...]

PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS APLIKASI ONLINE (PLATFORM) DI MASA PANDEMI COVID-19
Oleh : Lisa Mustika | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Menindaklanjuti kebijakan pemerintah dalam hal mengurangi dampak penyebaran Covid-19, proses pembelajaran dilakukan secara online atau daring termasuk perguruan tinggi. Pembelajaran jarak jauh secara online khususnya dalam pembelajaran pada Program Studi Fisika FKIP Universitas Samudra sebagai sistem pembelajaran yang baru diterapkan sehingga mahasiswa pendidikan fisika belum semua mengerti ten persepsi, pembelajaran daring, aplikasi online (platform),Covid-19 [...]

ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENDETEKSI KEBERADAAN LOGAM MENGGUNAKAN MEDIA PRAKTIKUM SELF POTENTIAL
Oleh : Novita afriani | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Sikap ilmiah terdapat pada diri masing-masing setiap orang hanya saja kita tidak bisa mengetahuinya sikap ilmiah apa yang terdapat di dalam tubuh kita, sikap ilmiah juga diartikan suatu sikap yang dibentuk dalam diri seseorang serta bergerak dibidang ilmiah yang memiliki sifat ilmiah. Metode self potential (SP) ialah metode survei geofisika yang dapat digunakan untu Sikap ilmiah dan self potential(SP) [...]

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN PEMBELAJARAN SISTEM SHIFT SELAMA PANDEMI COVID 19
Oleh : Orizha Cantika Nurfajariah | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

COVID-19 merupakan penyakit yang baru ditemukan pada Desember 2019, dan saat ini telah menyebar dengan pesat diseluruh wilayah di permukaan bumi. Dampak dari pandemi ini dirasakan pada dunia pendidikan yang mengharuskan pemerintah mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah. Pada ajaran baru tahun 2020/2021 semester genap masih berada pada kon Covid-19, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sistem Shift [...]

KESIAPAN GURU FISIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA LANGSA
Oleh : Thea Deninta | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berdampak dalam bidang Pendidikan sehingga kegiatan belajar langsung atau tatap muka tidak boleh dilakukan di sekolah tetapi dilakukan di rumah menjadi kegiatan belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru fisika terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Kota Langsa. Penelitian Kesiapan, Pembelajaran daring, E- Learning Readiness [...]

ANALISIS INDEKS KERENTANAN SEISMIK DI KOTA LANGSA DENGAN METODE HVSR SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA
Oleh : Cindy Rasta Br Ginting | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Pada tahun 2018 dan 2020 silam terjadi gempa bumi dengan intensitas III – V MMI pada struktur patahan yang belum diketahui pasti di Kota Langsa. Sehingga memungkinkan kemungkinan kerugian yang diakibatkan oleh gempa bumi. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat bahaya gempa bumi yang ditimbulkan adalah dilakukannya survei mikrotremor di wilayah Kota Langsa. Adapun tujuan dari penelitian Indeks Kerentanan Seismik, HVSR, Mikrotremor, Modul, Mitigasi Bencana [...]

ANALISIS BUKU PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X DI KOTA LANGSA BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS
Oleh : Bela veronika br. Karo | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Pada era revolusi industri 4.0 terjadi perubahan yang sangat pesat baik dalam bidang industri maupun bidang lainnya. Faktor dari kemajuan teknologi adalah pengetahuan sains dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi suatu negara juga dipengaruhi oleh pendidikan di negara tersebut. Buku adalah komponen pendidikan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Pemilihan buku ajar yang tepat diharap Literasi sains, Buku Fisika Kelas X [...]

ANALISIS KECAKAPAN SISWA KELAS XI IPA DALAM PENGUASAAN MEDIA DIGITAL BERBASIS PLATFORM SCHOOLOGY DI MAN 1 LANGSA
Oleh : Wal Asri Rahmadani | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Penelitian ini berjudul Analisis Kecakapan Siswa Kelas XI IPA Dalam Penguasaan Media Digital Berbasis Platform Schoology Di MAN 1 Langsa. Hal yang melatar belakangi penelitian ini yaitu karna adanya penggunaan media digital berbasis schoology sebagai salah satu media untuk membantu dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran fisika.
Kunci: Kecakapan, Media Digital, Schoology [...]

ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA TERHADAP PRAKTIKUM PEMBUATAN BIODIESEL
Oleh : Lola Pratiwi | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

     Sikap ilmiah merupakan pondasi awal dalam menciptakan seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Dalam pembelajaran fisika dapat melakukan suatu proses berupa penemuan dan pembentukan sikap ilmiah. Sehingga untuk menganalisis sikap ilmiah mahasiswa program studi pendidikan fisika dilakukan kegiatan praktikum pembuatan biodiesel.
Sikap Ilmiah, Praktikum, Biodiesel [...]

ALAT PENYULINGAN AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR DENGAN PROSES DESTILASI SEDERHANA MENGGUNAKAN ENERGI MATAHARI
Oleh : MALINI JAHARI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

        Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia selain udara dan makanan. Kelangkaan dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih yang layak pakai menjadi permasalahan yang sering dialami masyarakat pesisir pantai. Penyulingan air laut menjadi air tawar dengan proses destilasi menggunakan energi matahari merupakan cara yang efektif da Air, Kesulitan air bersih, Air laut, Air tawar, Proses destilasi, Validasi, Permenkes RI [...]

PEMBUATAN ALAT PERAGA PRISMA BERONGGA UNTUK MENGUKUR INDEKS BIAS TERHADAP ZAT CAIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI OPTIK KELAS IX
Oleh : Era fajira | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Telah dilakukan penelitian Pembuatan Alat Peraga Prisma Berongga untuk Mengukur Indeks Bias Zat Cair Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Optik Kelas IX dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari alat peraga yang dikembangkan pada materi optik sub materi pembiasan cahaya sebagai media pembelajaran dan untuk mengetahui respon ketertarikan peserta didik t Prisma berongga, validasi media dan materi, angket, respon peserta didik [...]

ANALISIS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI KOTA LANGSA
Oleh : Yuniati | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Laboratorium merupakan sarana penunjang proses pembelajaran yang digunakan untuk melaksanakan praktikum, penyelidikan, percobaan pengembangan dan pembekuan. Berdasarkan hasil Observasi di SMA Negeri Kota Langsa pada masing-masing sekolah, sudah mempunyai Laboratorium dan bagaimana pemanfaatan Laboratorium untuk kepentingan praktikum Fisika dalam menunjang kegiatan b Pemanfaatan Laboratorium, Pembelajaran Fisika [...]

PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY,ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 LANGSA 2018/2019
Oleh : Ziza ananda | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2020)

Model pembelajaran yang telah diterapkan dalam pengajaran khususnya pembelajaran IPA di SMP Negeri 7 Langsa salah satunya  adalah pembelajaran konvensional, yaitu metode ceramah yang monoton, tanpa ada kegiatan eksperimen atau fasilitas pendukung sebagai media pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini akan Model Pembelajaran STEM, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa [...]

ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN RUSIP ANTARA
Oleh : Ayu Aynar Lida Fitri | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 19 Takengon di Kecamatan Rusip Antara selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitiam kuantitatif dengan hasil penelitian: Aspek Fasilitas yaitu 100% (seluruhnya) guru diberikan fasilitas kuota internet oleh sekola Covid-19, Fasilitas, Interaksi, Kendala, Peran Orang Tua Proses Pembelajaran, dan Tanggapan. [...]

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA AYUNAN NEWTON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Oleh : FITRI MAH BENGI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Mempelajari ilmu fisika merupakan salah satu hal yang penting di karenakan fisika adalah salah satu ilmu yang paling dasar dari ilmu pengetahuan. Dalam hal ini maka perlunya dilakukan suatu penelitian untuk memudahkan dalam mempelajari ilmu fisika yaitu salah satunya tentang pengembangan alat peraga. Telah dilakukan penelitian Pengembangan Alat Peraga Ayunan Newton Ayunan Newton, validasi praktisi lapangan dan respon siswa [...]

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI
Oleh : ESTAVINA BR SITEPU | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2019)

Dalam pembelajaran fisika guru biasanya menjelaskan dengan metode ceramah tanpamenjelaskan dan mengkaitkan ke kehidupan sehari-hari dan itu yang membuat siswasalah konsep dan salah pengertian sehingga menimbulkan miskonsepsi.Pembelajaran fisika di SMA saat ini banyak mengalami permasalahan karena siswasulit untuk memahami pelajaran fisika atau materi yang disampaikan gur Kata Kunci : Miskonsepsi, certainty of response index (CRI) [...]

PENGEMBANGAN MODUL LAB MANDIRI ROKET AIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM III NEWTON DI SMA NEGERI 4 LANGSA
Oleh : NURHALIZA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2019)

Dalam proses belajar mengajar, berdasarkan pengertian laboratorium, dan sifatmodul yang telah dijelaskan, modul dibutuhkan dalam pembelajaran laboratoriumFisika. Modul lab yang akan dirancang berupa modul lab mandiri roket air.Prinsip kerja roket air salah satunya adalah Hukum III Newton. Pada materiHukum III Newton perlu adanya penjelasan yang disajikan dengan praktikum - [...]

Kembali ke atas!