Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3458 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
42229 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh : Maduri Putri | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada materi gerak melingkar beraturan kelas X di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana peneliti menganalisa data hasil penerapan model pembelajara problem based learning, Pretest-Postest Control Group Design, Quasy eksperimental design [...]

PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X DI MAN 1 LANGSA
Oleh : Chafidotul Hasanah | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas X di MAN 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Designs dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X-MIA MAN 1 Langsa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Sampling purposive yang Project Based Learning (PjBL), Kreativitas [...]

ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU FISIKA SMA DI TANJUNG BALAI
Oleh : Deviona Aurora | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

TPACK merupakan kerangka kerja (framework) yang dirancang untuk memahami hubungan antara pengetahuan mengenai pengajaran dan penggunaan teknologi. TPACK menekankan hubungan antara teknologi, konten, dan metode pengajaran tertentu yang menunjukkan bagaimana pemahaman guru tentang teknologi, metode pengajaran, dan konten dapat saling mempengaruhi yang menghas TPACK, Guru Fisika, Framework [...]

PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN SAINTIFIK APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI MAN 1 LANGSA
Oleh : Alvahra Ridwana | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Keterampiran Proses Sains (KPS) adalah kemampuan peserta didik untuk berfikir secara ilmiah dalam pembelajaran untuk memahami, mengembangkan dan menemukan suatu pengetahuan sesuai dengan fenomena yang terjadi. Pembagian KPS yaitu, KPS dasar dan KPS terintegrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan Model PjBLSaintifik Approach, Keterampilan Proses Sains [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING (SRL) SISWA
Oleh : Oktavia Bu'ulolo | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan kognitif yang memerlukan keterlibatan kemampuan afektif dan psikomotorik. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir k Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Regulated Learning (SRL) [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA DI SMP N 5 LANGSA
Oleh : Megawati Putri Simamora | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Pembelajaran IPA di SMP N 5 Langsa didapatkan bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan banyaknya guru hanya menyampaikan materi saja sehingga siswa menjadi kurang aktif. Salah satu tujuan belajar sains yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses belajar, mengonstruksi, merevisi serta membangun model mental sendiri dan POE (Prediction, Observation and Explanation), Model Mental. [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SISWA SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA
Oleh : Dion Bagus DS | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Penelitian didasari oleh kurangnya siswa dalam memahami konsep-konsep fisika karena metode pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lawe Sigala-gala masih menggunakan metode konvensial. Sehingga pembelajaran cenderung kurang kondusif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa di mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa mengg Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD LEARNING PHYSICS SISWA
Oleh : KHAIRATUL NISA RITONGA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Perkembangan teknologi yang semakin maju dapat mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia, seperti halnya dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran yang kurang menarik akan mempengaruhi attitude toward learning physics siswa, maka dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan attitude toward learning physics siswa seperti media pembelajaran berb Augmented Reality (AR), Attitude Toward Learning Physics, Praktis [...]

ANALISIS MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII TKJ DI SMK NEGERI 1 BENDAHARA
Oleh : Ayu Sri Wahyuni | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan keterampilan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Siswa SMK dipersiapkan untuk menempati lapangan kerja setelah lulus dari sekolah. Namun, pada kenyataannyapersaingan yang ketat mengharuskan siswa melanjutkan pendidikan ke perguruantinggi agar mampu ber Faktor internal, faktor eksternal, minat, perguruan tinggi [...]

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA LOGGER PRO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Oleh : Sinta Nuriah | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Keterampilan berpikir kritis adalah potensi yang ada pada setiap individu, bisa dinilai, ditingkatkan, dan diperbaiki. Penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, karena hal ini mampu meningkatkan kecerdasan siswa. Penelitian bertujuan untuk melihat efektivitas keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran experie Model Pembelajaran Experiential Learning, Media Logger Pro, Keterampilan Berpikir Kritis [...]

PENGARUH MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS ETNOFISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Oleh : Muhammad Agussalim | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu perwujudan dari berpikir tingkat tinggi, hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan kognitif yang paling tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbasis etnofisika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 2 Langsa. Jenis penelitian PjBL (Project Based Learning), Etnofisika, Berpikir Kreatif [...]

REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) DI SMA NEGERI 1 BADAR
Oleh : Ega Maiyuri | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains yang mempelajari peristiwa alam dalam kehidupan sehari-hari dan mengutamakan penguasaan konsep. Konsep merupakan salah satu aspek penting bagi peserta didik. Pemahaman konsep tersebut memberikan tujuan dalam penelitian ini untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika materi suhu dan kalor dengan pendekatan SET Miskonsepsi, Suhu dan Kalor, Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society). [...]

PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA
Oleh : Febrina | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam IPA. Pendidikan IPA menjadikan siswa tidak hanya mengetahui dan menghafal konsep-konsep IPA saja, tapi harus mampu membuat siswa memahami konsep-konsep dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep tersebut memberikan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui jenis Miskonsepsi, Cahaya, CRI, Diagnostik Tes [...]

PEMBELAJARAN KONSEP ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL SISWA
Oleh : EMMI VIORENCE | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan dan peningkatan model mental siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi energi terbarukan di kelas eksperimen. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Sampel penelitian sebanyak 46 siswa ke Augmented Reality, N-Gain, Model Mental [...]

ANALISIS KETERAMPILAN SCIENTIFIC REASONING MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Oleh : Irma Nadia Siahaan | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Scientific Reasoning (Penalaran Ilmiah) merupakan keterampilan untuk menarik dan menyajikan kesimpulan yang beralasan, menjelaskan istilah-istilah yang digunakan dalam memecahkan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan Scientific Reasoning Mahasiswa Calon Guru Fisika. Metode Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan Keterampilan Scientific Reasoning Mahasiswa Calon Guru Fisika [...]

EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Oleh : M. AULIA FAHREZY | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pendidikan di era globalisasi saat ini menuntut sekolah untuk dapat menciptakan siswa bukan hanya pintar kognitif, namun juga pintar secara keterampilan, begitu pula dengan cara melaksanakan suatu proses pembelajaran, peran pendidikan menjadi sangat penting dalam mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan abad 21, oleh karena itu dilakukanlah dengan menggunakan Literasi Sains, STEM, Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia [...]

ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP KETERTARIKAN MENAMBAH WAKTU BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK
Oleh : Wahyuni | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana mengetahui sikap siswa terhadap ketertarikan menambah waktu belajar Fisika. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Hasil penelitian persentase jawaban terhadap item pernyataan kategori Kognisi yaitu sebesar 72,37% yang menyatakan jawaban siswa terh Sikap siswa, Ketertarikan menambah waktu [...]

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
Oleh : Krismanto Ramadan | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Case Method adalah alternatif dari aktivitas belajar mengajar dengan pola penerapan berupa metode kasus dari permasalahan terkait dengan materi perkuliahan yang bisa saja bersumber dari lingkungan internal organisasi ataupun dari lingkungan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Case Method dan Project Based Learning di Case Method, Project Based Learning (PjBL), Model CIPP [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS MIKROKONTROLER PADA GERAK JATUH BEBAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA
Oleh : SITI HUMAIROH | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media praktikum berbasis mikrokontroler yang layak dan efektif untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian perkembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (Design), pengembangan (D Media Praktikum, Mikrokontroler, Keterampilan Proses Sains [...]

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 LANGSA
Oleh : MUTIA RAHMATIKA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Perkembangan teknologi diera saat ini menuntut penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif seperti adanya komputer dan internet, media animasi dan media gambar dapat digunakan sebagai media yang inovatif bagi peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dalam berimajinasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil Media Pembelajaran, Media Animasi, Media Gambar, Hasil Belajar [...]

PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN MENGGUNAKAN MEDIA KONVERTER ENERGI TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
Oleh : NISYA TAMBUN | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pendidikan merupakan pokok utama yang harus dimiliki oleh setiap orang, dan untuk menerapkan pendidikan membutuhkan sebuah metode, salah satu metodenya yaitu metode pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yaitu metode pembelajaran yang membutuhkan sebuah media berupa media Konverter Energi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masala Media Konverter Energi, Integrasi STEM, Kterampilan Pemecahan Masalah [...]

PEMBELAJARAN GELOMBANG BERMUATAN ETNOFISIKA ACEH “SEURUNE ON U” SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS
Oleh : SITI DESY RAHMADANI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Dunia pendidikan fisika erat kaitannya dengan fenomena alam. Proses pembelajaran fisika membutuhkan proyek kerja nyata. LKPD dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami dan memecahkan sebuah masalah sehingga siswa dapat lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan teruji dalam meni Desain LKPD, Literasi Sains, Pembelajaran Gelombang [...]

PENGEMBANGAN PROJECT BASED LABORATORY STEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA SMA
Oleh : SALSA DILA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA setelah menggunakan LKPD model PjBL-STEM pada materi Fluida Statis. Metode penelitian menggunakan Research and Development (RND) model borg and gall dengan tahapan analisis masalah, perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk. Penelitian dilaksanakan pa Berpikir kreatif, PjBL-STEM, Fluida Statis [...]

ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM IMPLEMENTASI STEM-PJBL
Oleh : RISMAWATI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa sekolah menengah atas setelah diimplementasikan STEM-PjBL pada materi Gerak Parabola. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest penelitian. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa/i SMA dipilih menggunakan teknik simple random sampling. In (1). Dr. HENDRI SAPUTRA, M.Pd. (2). DONA MUSTIKA, S.Pd., M.PFis. [...]

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Oleh : WINDA CRISTINA SIAHAAN | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Banyaknya permasalahan pembelajaran yang sudah dialami oleh siswa saat pembelajaran berlangsung dan permasalahan tersebut menjadi pusat perhatian dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan oleh tenaga pendidik. Permasalahan ini banyak sekali ditemui pada tiap siswa mengenai pemahaman belajar siswa di dalam kelas tentang mata pelajaran yang diajarkan guru kepa Identifikasi miskonsepsi, CRI, Termodinamika [...]

PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LABORATORY STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Oleh : MUTIA SARI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran PBL-STEM pada materi Listrik Dinamis. Metode penelitian menggunakan Research and Development (RND) model Borg and gall dengan tahapan pengumpulan informasi awal, perencanaan, desain produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk. Penelitian dilakuka Keterampilan Berpikir Kritis, PBL-STEM, Listrik Dinamis [...]

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BELIEFS SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA
Oleh : YANTI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran yang biasa. Pembelajaran berbasis masalah membuat siswa merasa senang, tertarik, tertantang, serta dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, keberanian dalam komunikasi dan juga meningkatkan keyakinan (beliefs) siswa. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terahadap beliefs s Pembelajaran Berbasis Masalah, Beliefs (keyakinan) siswa, dan Suhu dan Kalor [...]

DESAIN LKPD BERMUATAN ETNOFISIKA ACEH “GEULENGKUE TEU PEU POE” BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI GERAK PARABOLA
Oleh : VIRNALITA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pembelajaran fisika pada materi gerak parabola masih menggunakan metode ceramah dengan sumber belajar berupa buku cetak dan belum dapat mengukur keterampilan proses sains siswa sehingga peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan teruji dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Desain LKPD, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Parabola [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUALISASI GERAK PELURU BERBASIS VBA EXCELL UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD PHYSICS LABORATORY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Oleh : Maqamam Mahmuda | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Media dalam pembelajaran merupakan sarana yang dipergunakan sebagai perantara komunikasi guna menyampaikan pesan berupa ilmu pengetahuan dari berbagai sumber ke peserta didik. Untuk itu pembelajaran fisika menjadi salah satu pembelajaran yang banyak memerlukan media untuk menjelaskan materi maupun konsep. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajara Media Simulasi, Pemahaman Konsep, dan Attitude Toward Physics Laboratory [...]

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN DI SMP NEGERI 9 LANGSA
Oleh : Devi Putri Wahyuni | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan memperoleh kesimpulan yang tepat dengan didasarkan pada pemikiran yang sistematis dan beralasan sehingga mampu memberikan banyak alternatif dari setiap hasil pemikirannya. Berpikir kritis juga merupakan suatu proses yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk membuat keputusan yang penting yang masuk akal terhadap apa yang harus d Berpikir, Indikator, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. [...]

Kembali ke atas!