ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR

Sarah Nadia (2024), ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) adalah sebuah inisiatif atau program yang bertujuan untuk mempromosikan, memahamkan dan menguatkan, pemahaman dan penerapan pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi bangsa di Indonesia. Projek (P5) bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan pengalaman nilai-nilai pancasila dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk dalam pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan intrerpersonal peserta didik pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, data disajikan dalam bentuk deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ditemukan hasil bahwa peserta didik kelas V menunjukkan tiga ketercapaiannya indikator kecerdasan interpersonal yaitu menjalin keakraban dengan orang lain, bekerjasama dengan orang lain dan mengkoordinasi kelompok. Saran , hasil penelitian dapat dijadikan bahan referensi mengenai acuan dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik pada kegiatan proyek penguatan profil Pancasila (P5) dan dapat dijadikan referensi untuk meneliti kecerdasan interpersonal peserta didik pada kegiatan proyek penguatan profil Pancasila (P5) pada buku tematik siswa dengan tema lainnya.

Kata kunci : Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik dan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila (P5)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sarah Nadia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 30-04-2024 08:43
Terakhir diubah : 02-07-2024 10:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5694
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!