PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS 1 SD NEGERI 2 SEULALAH KOTA LANGSA

Alfi Soraya Ritonga (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS 1 SD NEGERI 2 SEULALAH KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif dan mengetahui desain, kelayakan dan kepraktisan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Analisis (Analysis), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Penilaian validitas kelayakan diukur oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Kepraktisan media pembelajaran powerpoint interaktif diukur berdasarkan respon praktisi pembelajaran dan respon peserta didik. Penelitian diujicobakan pada siswa kelas 1 dengan jumlah 14 siswa di SD Negeri 2 Seulalah Kota Langsa. Hasil penelitian berupa media pembelajaran powerpoint interaktif diperoleh hasil validasi materi sebesar 92% dengan kategori “sangat layak, hasil validasi bahasa sebesar 93,4% dengan kategori “sangat layak” dan validasi media sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”. Pada tahap implementasi diperoleh hasil penilaian praktisi pembelajaran sebesar 95,13% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik sebesar 95, 65% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian, media pembelajaran powerpoint interaktif layak dan praktis digunakan

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alfi Soraya Ritonga
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 07-06-2024 10:57
Terakhir diubah : 19-06-2024 10:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5935
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!