ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DISLEKSIA) SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 SEULALAH

Suci Fitria (2024), ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA (DISLEKSIA) SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 SEULALAH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca (Disleksia) dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar membaca (Disleksia) siswa kelas 3 SD Negeri 2 Seulalah. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, diantaranya data collection (pengumpulan data), data  reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (verifikasi dan kesimpulan data). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di SD Negeri 2 Seulalah berjumlah 5 orang, terdapat 4 indikator kesulitan belajar membaca (Disleksia), yaitu: 1) tidak lancar dalam membaca, 2) sering terjadi kesalahan dalam membaca, 3) kemampuan memahami isi bacaan sangat rendah, 4) sulit membedakan huruf yang mirip. Dari empat kriteria indikator kesulitan belajar membaca (Disleksia), bahwasannya kelima siswa tersebut memenuhi 4 indikator kesulitan belajar membaca (Disleksia). Adapun faktor penyebab kesulitan belajar membaca (Disleksia) yaitu faktor dari dalam diri siswa maupun luar diri siswa, diantaranya: 1) variasi mengajar guru, 2) penggunaan media pembelajaran, 3) motivasi dan minat. Adapun saran yang bisa dilakukan guru adalah harus lebih memperhatikan karakteristik setiap siswa, agar guru dapat mengetahui siswa yang kesulitan belajar membaca (Disleksia), guna dapat memberikan bimbingan khusus kepada siswa disleksia tersebut. Kepada siswa diharapkan untuk membaca huruf ejaan dengan secara berulang, lalu menyusun huruf sesuai nama, dengan begitu dapat mempermudah pengingatan dalam membaca. Kepada peneliti dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi peneliti selanjutnya khususnya mengenai kajian tentang kesulitan belajar membaca (Disleksia) dan anak yang berkebutuhan khusus.

Kata kunci : Kesulitan Belajar Membaca (Disleksia), Siswa Kelas 3

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Suci Fitria
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 28-02-2024 09:57
Terakhir diubah : 14-03-2024 13:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5445
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!