LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMAN 3 LANGSA

Astuti Rinawati Padang (2024), LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMAN 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajarmelalui penerapan LKPD berbasis model Problem Based Learning (PBL) di SMAN 3 Langsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one groub pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah X IPA 4 dengan jumlah siswa 35 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan LKPD berbasis Problem Based Learning di SMA N 3 Langsa. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan perolehan hasil nilai rata- rata N-gain sebesar 0,588 dengan kriteria sedang dalam meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya perhitungan uji t sebelum dan sesudah perlakuan dengan perolehan thitung= 10,973> ttabel= 2,032, dengan kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penerapan LKPD berbasis model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswadi SMA N 3 Langsa.

Kata kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Astuti Rinawati Padang
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 13-12-2023 08:42
Terakhir diubah : 22-12-2023 15:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5090
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!