HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SAMUDRA

Inayah Syahputri Sukamto (2024), HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SAMUDRA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Konsentrasi belajar sebagai upaya memfokuskan perhatian pada suatu hal sehingga mudah dimengerti, dipahami dan meminimalisir perhatian yang pecah. Konsentrasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti suasana lingkungan dan internal seperti jasmani dan kurangnya tidur. Buruknya kualitas tidur banyak ditemukan di kalangan mahasiswa yang dapat mempengaruhi memori dan konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas tidur mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra, untuk mengetahui konsentrasi belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra dan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain observasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2023, 2022 dan 2021 dengan teknik sampel yaitu simple random sampling berjumlah 32 orang. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur mahasiswa dengan nilai persentase 47% dinyatakan baik dan 53% dinyatakan buruk. Konsentrasi belajar mahasiswa di pagi hari dengan nilai persentase 56% dinyatakan baik dan 44% dinyatakan kurang, sedangkan di siang hari dengan nilai persentase 41% dinyatakan baik dan 59% dinyatakan kurang. Uji Chi Square hubungan antara antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pagi menunjukkan sig 0,004 < 0,05 dengan koefisien kontigensi (C) 0,499 dan siang menunjukkan sig 0,014 < 0,05 dengan koefisien kontigensi (C) 0,446 artinya ada hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra dengan kekuatan hubungan sedang (cukup signifikan).

Kata kunci : Konsentrasi Belajar, Kualitas Tidur, Mahasiswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Inayah Syahputri Sukamto
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 05-06-2024 11:00
Terakhir diubah : 25-06-2024 10:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5919
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!