KARAKTER MORFOMETRIK DAN MERISTIK IKAN PUTAK (NOTOPTERUS NOTOPTERUS) PADA ALIRAN SUNGAI ROKAN KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU

Aini Munte (2024), KARAKTER MORFOMETRIK DAN MERISTIK IKAN PUTAK (NOTOPTERUS NOTOPTERUS) PADA ALIRAN SUNGAI ROKAN KABUPATEN ROKAN HILIR RIAU. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan putak (Notopterus notopterus) merupakan ikan asli Indonesia yang dilindungi berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1999 tentang Jenis-Jenis Hayati Indonesia yang Dilindungi. Habitat dan faktor lingkungan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberadaan dan karakter morfometrik serta meristik ikan putak. Perairan di Kabupaten Rokan Hilir Riau merupakan salah satu habitat ikan putak (Notopterus notopterus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter morfometrik, meristik, dan faktor fisik kimia lingkungan perairan ikan putak (Notopterus notopterus) pada aliran sungai rokan Kabupaten Rokan Hilir Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi di 2 titik stasiun pengamatan, penentuan stasiun pengamatan dilakukan dengan metode purposive sampling. Dimana stasiun 1 berada di pemukiman masyarakat dan stasiun 2 berada di perkebunan kelapa sawit pada aliran sungai rokan Kabupaten Rokan Hilir Riau. Analisis data yang digunakan dengan metode deskriptif kuantitatif menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian didapatkan ikan putak (Notopterus notopterus) sebanyak 22 ekor pada setiap stasiun yang terdiri dari 11 ekor ikan jantan dan 11 ekor ikan betina. Hasil karakter morfometrik dari panjang total lebih didominasi oleh ikan betina yang memiliki rata-rata 211,91 pada stasiun 1 dan rata-rata 255,91 mm pada stasiun 2, dibandingkan dengan ikan jantan yang hanya memiliki rata-rata 178,55 mm pada stasiun 1 dan rata-rata 222,00 mm pada stasiun 2. Analisis regresi menunjukkan bahwa morfometrik ikan putak (Notopterus notopterus) masuk dalam status atau kriteria allometrik positif pada stasiun 2 dengan karakter TL/SL, sedangkan karakter lainnya masuk ke dalam status allometrik negatif. Hasil data karakter meristik ikan putak (Notopterus notopterus) lebih tinggi pada stasiun 2 dibandingkan stasiun 1. Faktor fisik kimia stasiun 1 dan stasiun 2 memiliki perbedaan pada temperatur, dimana temperatur stasiun 2 lebih tinggi dibandingkan stasiun 1.

Kata kunci : Ikan Putak (Notopterus notopterus), Meristik, Morfometrik, Sungai Rokan Kabupaten Rokan Hilir Riau

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Aini Munte
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 30-05-2024 15:56
Terakhir diubah : 07-06-2024 10:02
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5867
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!