PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 2 LANGSA

Susi Mulianti Lubis (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 2 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Langsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design dan desain pretest-posttest control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5 SMAN 2 Langsa dengan jumlah 53 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 41,22 (rendah) dan kelas kontrol sebesar 33 (sangat rendah) sehingga selisih antara kedua kelas tersebut sebesar 8,22. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,16 (tinggi) dan kontrol sebesar 69,91 (sedang) sehingga selisih antara kedua kelas tersebut sebesar 12,25 dengan nilai uji hipotesis thitung > ttabel atau 10,937 > 2,007. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 2 Langsa.


 

Kata kunci : Case Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Sirkulasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Susi Mulianti Lubis
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 31-05-2024 16:19
Terakhir diubah : 25-06-2024 10:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5882
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!