PENGARUH EKSTRAK ETANOL TUMBUHAN SRI REJEKI (DIEFFENBACHIA SEGUINE) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK JAGUNG (SPODOPTERA FRUGIPERDA)

Ema Kusyani (2024), PENGARUH EKSTRAK ETANOL TUMBUHAN SRI REJEKI (DIEFFENBACHIA SEGUINE) TERHADAP MORTALITAS ULAT GRAYAK JAGUNG (SPODOPTERA FRUGIPERDA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jagung merupakan tanaman hortikultura serta komuditas pangan yang penting kedua setelah padi dan menjadi prioritas utama dalam meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. Akan tetapi, dalam pengembangannya masih terdapat kendala yaitu tingginya serangan hama ulat Grayak (Spodoptera frugiperda). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ektrak etanol Tumbuhan Sri Rejeki (Dieffenbachia seguine) Terhadap Mortalitas Ulat Grayak Jagung (Spodoptera frugiperda). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini menggunakan 5 perlakuan dan 4 ulangan sehingga diperoleh 20 unit percobaan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji one way ANOVA pada taraf 5%. Sedangkan untuk uji lanjut digunakan uji BNT atau LSD (Least Significance Different) untuk melihat beda nyata setiap perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi pemberian konsentrasi ektrak maka semakin tinggi tingkat mortalitas yang dihasilkan. Konsentrasi yang paling efektif untuk mortalitas ulat Grayak (Spodoptera frugiperda) pada penelitian ini adalah 30% dengan rata-rata kematian adalah 100%. Sedangkan dari uji ANOVA diperoleh nilai sig yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara ektrak etanol tumbuhan Sri rejeki (Dieffenbachia seguine) terhadap mortalitas ulat Grayak (Spodoptera frugiperda). Sedangkan dari uji lanjut BNT diperoleh bahwa P0 berbeda nyata dengan perlakuan P1, P2, P3 dan P4. P1 tidak berbeda nyata dengan P2, tetapi berbeda nyata dengan P0, P3 dan P4. P2 juga tidak berbeda nyata dengan P1dan P3, tetapi berbeda nyata dengan P0, dan P4, P3 berbeda nyata dengan P0 dan P1, tetapi tidak berbeda nyata dengan P2 dan P4. Sedangkan pada P4 berbeda nyata dengan P0, P1, dan P2 tetapi tidak berbeda nyata dengan P3.

Kata kunci : Jagung, Mortalitas Ulat Grayak, Sri rejeki

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ema Kusyani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 15-12-2023 10:00
Terakhir diubah : 19-12-2023 10:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5109
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!