PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 KOTA LANGSA

Herlina Wati Pohan (2024), PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar siswa SMAN 5 Langsa pada materi sistem koordinasi di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kurang partisipasi siswa dan kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa yang pasif dalam peroses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model pembelajaran role playing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Penerapan model role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model role playing. Metode yang disusun berdasarkan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Grup Pretest-Posttest. Instrumentt dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan rumus N gain dan uji paired sample t tes dan analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 57,23 % dengan kategori sedang. Hasil uji paired sample t test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig < 0,05) sehingga H0 di tolak dan Ha diterima dan hasil aktivitas belajar siswa menunjukkan rata-rata untuk observasi pertemuan pertama sebesar 65,6 % dengan kriteria aktif sedangkan observasi pertemuan kedua sebesar 87% dengan kriteria sangat aktif dan observasi pertemuan ketiga sebesar 92,2% dengan kriteria sangat aktif.. Maka dapat disimpulkan penerapan model role playing menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa setelah mengalami pembelajaran dengan menggunakan model role playing.

Kata kunci : Role Playing, Hasil Belajar, Sistem Koordinasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Herlina Wati Pohan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 13-06-2024 15:49
Terakhir diubah : 25-06-2024 10:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5983
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!