PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMAN 3 LANGSA

Lisa Mawarda (2024), PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMAN 3 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari masih kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran biologi serta kurangnya penilaian terhadap keterampilan proses sains di SMAN 3 Langsa. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi tidak aktif dan keterampilan proses sains siswa menjadi tidak berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran praktikum terhadap peningkatan keterampilan proses sains di SMAN 3 Langsa pada materi sistem indra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, desain penelitian menggunakan tes awal dan tes akhir satu kelompok (one group pretest-posttest design), subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Langsa yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan penilaian lembar observasi, hasil tes KPS, uji N-Gain dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Langsa pada hasil tes KPS siswa dengan perolehan rata-rata skor pretest 41 dan posttest 65,33 serta nilai rata-rata N-gain 0,4 dengan kategori sedang. Pembelajaran praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Langsa pada sepuluh indikator KPS yakni merencanakan percobaan, mengamati, menggunakan alat dan bahan, berkomunikasi, mengajukan pertanyaan, menerapkan konsep, meramalkan, membuat hipotesis dan menyimpulkan dengan perolehan skor rata-rata sebesar 63,67 % kategori baik untuk pengukuran dengan instrumen lembar observasi dan skor rerata 70,29 % kategori baik dengan pengukuran instrumen soal tes KPS. Pengukuran KPS dapat menggunakan instrumen tes dan observasi karena hasilnya pada kategori yang sama yakni kategori baik.

Kata kunci : Hasil Belajar Praktikum, Keterampilan Proses Sains

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lisa Mawarda
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 15-12-2023 11:49
Terakhir diubah : 16-12-2023 13:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5110
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!