PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP EKOLITERASI SISWA PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH DI SMA NEGERI 1 STABAT

Zill Sekar Gading Fawwaz Sentosa (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP EKOLITERASI SISWA PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH DI SMA NEGERI 1 STABAT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ekoliterasi adalah konsep pemahaman yang menyeluruh terhadap ekosistem dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model pembelajaran Inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap sikap ekoliterasi siswa dan bagaimana sikap ekoliterasi siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi daur ulang limbah. Metode pada penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas kontrol di SMA N 1 Stabat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata sikap ekoliterasi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 87,2% dengan kategori “baik”. Sedangkan rara-rata sikap ekoliterasi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 62,7% dengan kategori “cukup”. Hal ini terbukti bahwa rata-rata sikap ekoliterasi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi/baik dibandingkan rata-rata sikap ekoliterasi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran pada kedua model tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis data menggunakan uji hipotesis dengan nilai thitung > ttabel atau 35,676 > 1,994 dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata sikap ekoliterasi siswa tertinggi pada sub indikator mendengarkan arahan guru yaitu memperoleh nilai 95,47% dengan kategori “sangat baik”. Rata-rata sikap ekoliterasi siswa pada sub indikator sikap ekoliterasi siswa dari keseluruhan sub indikator yaitu 87,21% dengan kategori “baik”.

Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Sikap Ekoliterasi Siswa, Materi Daur Ulang Limbah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zill Sekar Gading Fawwaz Sentosa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2024)
Tanggal disimpan : 25-04-2024 10:49
Terakhir diubah : 17-05-2024 09:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5664
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!