Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
ANALISIS NILAI-NILAI PENGAMALAN PANCASILA PADA BUKU CERITA MENGENAL PERBEDAAN UNTUK KELAS III
Oleh : Fitri nurlena | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta harus tertanam kedalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali ditemukan warga negara yang kurang memahami nilai-nilai pancasila. Inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Analisis Nilai-Nilai Pengamalan Pancasila Pada Buku Cerita Mengenal Perbedaan Untuk Kelas III”.T Pengamalan, Nilai-nilai Pancasila, Buku Cerita [...]

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISWA DOWN SYNDROME (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG)
Oleh : Masta Anjelia. S | Prog.Studi : PGSD (2020)

Down syndrome merupakan suatu kelainan genetik yang menyebakan seseorang mengalami keterbelakangan mental dan fisik. Selain itu, pengidap down syndrome juga mengalami keterbelakangan bahasa dan sosial. Dengan keterbatasan tersebut, dalam pembelajaran disekolah peran guru sangatlah penting untuk melatih serta mendampingi aktivitas perkembanagnnya. SD Negeri 1 Paya Bu Down Syndrome, Pembelajaran, Problematika [...]

MUATAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB YANG TERKANDUNG DALAM BUKU SISWA PADA TEMA TUGASKU SEHARI HARI DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR
Oleh : Dilla Asiana | Prog.Studi : PGSD (2021)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pendidikan, hal ini terlihat dari adanya siswa yang tidak bertanggung jawab baik itu send Nilai karakter, Tanggung Jawab [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER KERJA KERAS DAN JUJUR PADA FILM MURSALA
Oleh : Yulianti Agustina | Prog.Studi : PGSD (2021)

Film merupakan karya seni budaya yang dibuat berdasarkan sinematografi dengan atau tanpa suara dan dapat dipertunjukkan. Film dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu membawa peserta didik dalam mengenal dan memahami nilai-nilai positif juga nilai-nilai pendidikan sehingga dapat membentuk generasi anak bangsa yang berkarakter di dalam kehidup Film Mursala, Nilai Karakter, Kerja Keras, dan Jujur [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB YANG TERDAPAT DALAM LAGU “PODA NAULI”
Oleh : Bernita R Simamora | Prog.Studi : PGSD (2021)

Setiap manusia pasti memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga dapat membedakan yang satu dengan yang lain. Pembentukan karakter biasanya berawal dari lingkungan terdekat si anak yakni keluarga. Pembentukan karakter itu bisa dilakukan dalam proses pemberian materi pembelajaran kepada anak bisa juga melalui mendengarkan lagu-lagu. Tujuan penelitan ini adalah untuk Karakter Tanggung Jawab, Lagu Poda Nauli [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER NASIONALIS PADA FILM DI TIMUR MATAHARI
Oleh : ALICIA PUJA PUSVITA | Prog.Studi : PGSD (2021)

Nilai nasionalis sangatlah penting ditanamkan sejak dini dalam setiap individu, khususnya pada anak-anak. Pada saat ini masih banyak sekali anak-anak muda yang kurang memahami akan pentingnya nilai nasionalis. Seperti tidak pandai menggunakan bahasa daerah, tidak suka memakai pakaian tradisional, lebih gemar mengikuti gaya hidup bebas , dan lebih suka menonton film- Nilai Karakter Nasionalis, Film [...]

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU CERITA MAJALAH BOBO
Oleh : Rara Novita Nasution | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan karakter mempunyai peran yang sangat penting bagi kita terutama pada diri seorang anak-anak. Karena pendidikan karakter dalam pendidikan dapat dijadikan sebagai proses dalam pembentukan kepribadian anak agar anak dapat menjadi kepribadian yang jauh lebih baik. Pendidikan karakter merupakan upaya seseorang dengan cara sengaja menanamkan atau mengembangkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Majalah Bobo [...]

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI KELUARGA SOMAT
Oleh : Nurhayati Matanari | Prog.Studi : PGSD (2021)

Proses pembentukan pendidikan karakter tidak hanya melalui pendidikan yang formal saja. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilaksanakan melalui media elektronik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Keluarga Somat. Pendekatan dan jenis p Film Animasi, Keluarga Somat, Nilai Karakter, Pendidikan [...]

ANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU CERITA ANAK “MANIK-MANIK YANG SEINDAH PELANGI”
Oleh : Putri Dwi Windari | Prog.Studi : PGSD (2021)

Peranan buku cerita anak dapat digunakan sebagai buku bacaan dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang diharapkan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi persoalan karakter bangsa saat ini. Salah satu media buku yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah buku cerita anak “Manik-m Analisis, Nilai Karakter, Buku Cerita Anak [...]

ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA KELAS V SD NEGERI 1 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : Diana Afrita | Prog.Studi : PGSD (2021)

Kurikulum 2013 revisi menuntut guru untuk mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan empat hal penting, yaitu PPK, Literasi, Keterampilan Abad-21 (4C) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Maka dari itu, guru harus mampu mengembangkan dan merancang pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembel Analisis, HOTS, Pembelajaran [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU TEMATIK PADA TEKS CERITA SISWA KELAS II SEMESTER I SD/MI
Oleh : Risya Hastinah | Prog.Studi : PGSD (2021)

Buku teks termasuk media bahan ajar yang sering dibaca oleh siswa sehinggah buku tersebut dapat mempengaruhi perkembangan siswa termasuk karakternya. Peneliti tertarik untuk menganalisis nilai karakter yang terkandung dalam buku tematik kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam buku tematik pada teks cerita siswa Nilai Karakter, Buku Tematik, Kurikulum 2013 [...]

ANALISIS LITERASI MATEMATIKA PADA BUKU AJAR KELAS IV SD
Oleh : Dhea Mauliza Azraida | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pentingnya literasi matematika untuk diterapkan di SD, salah satunya melalui buku ajar. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi aspek literasi matematika pada buku kelas IV SD. Metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dokumentasi dan teknik analisis data analisis konten. Subjek penelitian buku matematika kelas IV dan objeknya literas Literasi Matematika, Buku Ajar [...]

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DITENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh : Rosalima Pandiangan | Prog.Studi : PGSD (2021)

Virus Corona merupakan jenis penyakit baru Jenis penyakit ini sangat berbahaya bahkan mematikan. Penyakit ini masuk ke Indonesia pada awal bulan Februari, dengan meningkatnya angka kematian akibat dari penyebaran Virus ini maka pemerintah mengambil kebijakan dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini mengharuskan melakukan pembelajar Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19 [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT ACEH BANTA SEUDANG
Oleh : Rina Yunita | Prog.Studi : PGSD (2020)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter yng terdapat dalam cerita rakyat Aceh Banta Seudang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Libraryan Research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian men Nilai Karakter, Cerita Rakyat [...]

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA LAGU DAERAH ACEH YANG TERDAPAT DI SD NEGERI 3 LANGSA
Oleh : Harry Setiawan | Prog.Studi : PGSD (2020)

Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting dalam pesanan karakter suatu bangsa. Analisis, Nilai Karakter, Lagu Daerah [...]

MENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V.A SDN 3 KOTA LANGSA
Oleh : Karina Nelisa Putri | Prog.Studi : PGSD (2021)

 
Pembelajaran aktif dikelas dapat dikategorikan diantaranya keaktifan peserta didik dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari gurunya selama proses pembelajaran berlangsung. Tapi masih banyak ditemuin siswa yang belum berani untuk bertanya pada saat proses pemebelajaran berlangsung dikelas atau keterampilan bertanyanya masih kurang.Penelitian dilaksa Keterampilan Bertanya Siswa, Strategi The Learning Cell [...]

ANALISIS KESIAPAN SEKOLAH TERHADAP GERAKAN LITERASI DIGITAL DI SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh : Nilam Miranda HR | Prog.Studi : PGSD (2021)

Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah terkait pemanfaatan digital dalam lingkungan pendidikan yang menuntut adanya kemampuan untuk mengkoneksikan dengan sistem belajar. Hal ini menyebabkan kepala sekolah serta komponennya untuk tanggap terhadap tuntutan arus perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan sekolah terhadap gerakan lit Kesiapan Sekolah, Literasi Digital [...]

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU HARIAN KELAS V. B TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SD NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : Lindri martinopa | Prog.Studi : PGSD (2021)

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dilatih sedari dini. Tetapi masih banyak siswa Kelas V.B SD Negeri 6 Langsa sangat susah dalam mengapresiasikan karangan narasi melalui tulisannya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa tampak acuh pada proses pembelajaran karena pembelajaran monoton dan membosankan, terbukti dengan banyaknya kesalahan menulis n Keterampilan Menulis Narasi, Media Buku Harian [...]

ANALISIS PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 LANGSA
Oleh : Liong Edis Putra Simamora | Prog.Studi : PGSD (2020)

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah kosakata yang sangat mempengaruhi siswa dalam kegiatan menulis karangan narasi. Kurangnya pengetahuan siswa dalam mengembangkan tulisannya dikarenakan kosakata yang dimiliki siswa sangatlah sedikit, maka dari itu pentingnya bagi siswa untuk mengembangkan dan memperbanyak penguasaan kosakata, karena semakin banyak Penguasaan Kosataka, Keterampilan Menulis [...]

ANALISIS MUATAN LITERASI MEMBACA PADA BUKU SISWA TEMA 2 MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD
Oleh : Adika Yuliawati | Prog.Studi : PGSD (2021)

Membaca merupakan sarana dalam memperoleh informasi terhadap seluruh pengetahuan. Literasi menjadi sebuah cara memperoleh pemahaman utuh mengenai hal yang nyata. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan muatan literasi membaca pada buku siswa tersebut. Pendekatan untuk penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yakni penelitian des Buku teks siswa, Literasi membaca [...]

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI TAYO THE LITTLE BUS
Oleh : Linawati | Prog.Studi : PGSD (2021)

Salah satu tontonan alternatif yang banyak dimanfaatkan masyarakatdalam penanaman karakter adalah media televisi. Tayo the little bus adalah animasi yang disetiap adegan maupun dialognya mengemas nilai edukasi dan sangat menarik perhatian anak-anak. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam serial animasi Tayo The L Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Animasi Tayo The Little Bus [...]

PENINGKATAN KETRAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MELALUI METODE TIME TOKEN DI KELAS V SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG
Oleh : Shienta Ari Marzura | Prog.Studi : PGSD (2021)

Ketrampilan mengemukakan pendapat siswa di SD Negeri 1 Paya Bujok Tunong masih kurang. Salah satu metode yang tepat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan mengemukakan pendapat siswa adalah dengan mengunakan metode time token. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan mengemukakan pendapat siswa dengan menggunakan metode time token dikelas V SD Neger Ketrampilan mengemukakan pendapat, metode time token [...]

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM BUKU CERITA RAKYAT BOHONG MERINANG
Oleh : IRPAN RISKI HARAHAP | Prog.Studi : PGSD (2021)

Pendidikan karakter adalah suatu sistem yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan pendidikan karakter adalah melalui sumber bacaan yang didalamnya mengandung nilai-nilai karakter. Cerita rakyat adalah cerita berkembang di tengah masyarakat dan berhubungan dengan pe Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat, Bohong Merinang [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU CERITA ANAK "PELAJAR-PELAJAR PEJUANG"
Oleh : Jay Sampri Sitorus | Prog.Studi : PGSD (2021)

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya peranan buku cerita anak pelajar- pelajar pejuang dalam menanamkan dan mengembangkan karakter peduli sosial pada anak. Karakter peduli sosial adalah sikap dan perbuatan yang mencerminkan kepedulian terhadap orang lain maupun masyarakat yang membutuhkan. Melalui penanaman karakter peduli sosial yang baik pada anak yait Analisis, Cerita Anak, Karakter Peduli Sosial [...]

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM NUSSA DAN RARA
Oleh : Vivi kananda Br kabeakan | Prog.Studi : PGSD (2020)

Hadirnya film kartun Nussa dan Rara seolah menjadi jawaban dari keresahan para orang tua akan minimnya tayangan edukasi untuk anak-anak. Padatnya nilai-nilai keagamaan yang dibingkis dengan kualitas tayangan, tentunya membuat anak-anak tertarik untuk menontonnya. Banyaknya nilai religius pada film ini membuat peneliti tertarik untuk menggali nila Nilai Pendidikan Karakter, Nussa dan Rara [...]

ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SD NEGERI 1 PAYA BUJOK TUNONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : Rauzatul jannah | Prog.Studi : PGSD (2021)

Proses pembelajaran yang menyenangkan dinilai penting karena dapat menarik perhatian peserta didik. Dengan adanya perhatian peserta didik maka proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh oleh seorang guru jika guru senantiasa menambah pengetahuan serta mengembangkan ide-idenya. Seorang guru diituntut kreativitasnya dalam Kreatifitas Guru, Analisis, Media Pembelajaran [...]

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA TEMA 2 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN KELAS VI SD
Oleh : Raudatul Jannah | Prog.Studi : PGSD (2021)

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah Banyaknya konflik yang terjadi di Negara Indonesia tidak jauh dari adanya perbedaan, baik antar individu maupun antar kelompok. Pada dasarnya setiap individu memiliki banyak perbedaan contohnya saja seperti warna kulit, panjang rambut, tinggi badan, bahasa, agama, maupun agamanya. Bagi seseorang yang tidak memaham Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural [...]

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENGGUNAKAN TANDA BACA DALAM KARANGAN NARASI KELAS V SD NEGERI 2 KEBUN LAMA KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : Dara Mustika | Prog.Studi : PGSD (2020)

Tanda baca digunakan untuk memahami bagian-bagian dari kalimat sehingga agar mempermudah pemahaman pembaca. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan tanda baca mereka. Tanda baca yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah tanda baca titik dan tanda baca koma. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanaka Kata Kunci: Tanda baca, Analisis, Karangan Narasi [...]

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANG ANYAR TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh : Dika Ayunda Putri | Prog.Studi : PGSD (2020)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ulangan harian siswa. Terlihat proses pembelajaran berlangsung masih pasif. Strategi pembelajaran aktif, hasil belajar, Index Card Match [...]

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD N 6 LANGSA T.P 2019/2020
Oleh : Iwasiilata Mafira | Prog.Studi : PGSD (2020)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD N 6 Langsa dengan model pembelajaran Cooperative Script. Metode penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD N 6 Langsa yaitu dengan persentase keterampilan berbica Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Keterampilan Berbicara [...]

Kembali ke atas!