Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
1933 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
23660 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
ANALISIS BUKU AJAR KIMIA KELAS X DI KOTA LANGSA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS
Oleh : Rahmad Suhadi | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2022)

Pentingya literasi sains untuk dikuasai setiap individu dikarenakan literasi sains tidak hanya sebatas pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi berkaitan erat dengan bagaimana seseorang dapat memahami lingkungan hidup dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase dari mas Buku Ajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Literasi Sains [...]

ANALISIS MISKONSEPSI BERDASARKAN MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM BUKU AJAR KIMIA DI KOTA LANGSA
Oleh : Sandro Freddy Lumban Tobing | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2022)

Konsep termokimia sangat berhubungan dengan konsep pelajaran kimia lainnya, karena adanya hubungan antar konsep-konsep tersebut maka apabila terjadi miskonsepsi pada buku ajar kimia akan memberikan dampak miskonsepsi terhadap konsep konsep lain yang berhubungan dengan konsep termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan bentuk miskonsepsi ber analisis, bahan ajar, miskonsepsi, multipel representasi, termokimia [...]

ANALISIS HASIL PELAKSANAAN DAN KENDALA PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING DI SMA NEGERI KOTA LANGSA
Oleh : Nilam Cahaya | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2022)

Pelaksanaan pembelajaran dimasa Covid-19 menjadi tantangan baru bagi pendidik dan peserta didik. Namun belum diketahui bagaimana hasil pelaksanaan dan kendala pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelaksanaan dan kendala pembelajaran kimia secara daring di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Langsa. Pendekatan pada penelitian ini Analisis, Daring, Hasil Pelaksanaan, Kendala Pembelajaran [...]

PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Oleh : Yumi Marwati | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2022)

Pembelajaran blended learning salah satu model pembelajaran yang sedang berkembang saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluru Blended Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar [...]

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN NILAI KARAKTER PADA MATERI MINYAK BUMI
Oleh : Anisah Putri | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Abad ke-21 menuntut setiap manusia untuk mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi, dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat tentunya pendidik diharapkan lebih memperhatikan nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Langsa pada materi minyak bumi menyebabkan rendahnya motivasi dan minat peserta didik dalam memahami materi mi Karakter, LKPD, Minyak Bumi [...]

TOKSISITAS MENGGUNAKAN METODE BSLT (BRINE SHRIMP LETHALITY TEST) DAUN DAN BUNGA FAMILY ASTERACEAE
Oleh : Maulidya Husnul Khatimah | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Metode penapisan awal pada pengobatan bahan alam untuk antikanker yang dapat dilakukan adalah dengan uji toksisitas ekstrak tumbuhan. Berdasarkan uji pendahuluan yang dilakukan ekstrak daun dan bunga family Asteraceae memiliki kandungan metabolit sekunder alkaloid, flavonoid dan fenol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder dan to Brine Shrimp Lethality Test (BSLT), family Asteraceae, Uji Toksisitas [...]

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT TUMBUHAN JUKUT PENDUL (KYLLINGA BREVIFOLIA) MENGGUNAKAN METODE DPPH (2,2-DIPHENYL-1-PICYLHYDRAZYL)
Oleh : Nurul Raudatul Husna | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Sebagai daerah tropis, Aceh kaya dengan keanekaragaman tumbuhan obat. Provinsi Aceh khususnya Kota Langsa memiliki banyak tumbuhan yang dapat berkhasiat sebagai obat. Ada beberapa tumbuhan yang berpotensi sebagai obat, seperti tumbuhan Jukut Pendul (Kyllinga brevifolia). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan fraksi etil asetat dalam tumbuhan Jukut Pendul (Kyll Antioksidan, DPPH (2,2-diphenyl-1-picylhydrazyl), Fraksi Etil Asetat, Tumbuhan Jukut Pendul (Kyllinga brevifolia) [...]

FLAVONOID TOTAL EKSTRAK KASAR ETANOL DAUN DAN BUNGA AIR MATA PENGANTIN (ANTIGONON LEPTOPUS) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VISIBLE
Oleh : Handayani | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Berdasarkan uji pendahuluan yang telah dilakukan oleh penulis, tanaman air mata pengantin (Antigonon leptopus) mengandung senyawa metabolit sekunder yaitu alkaloid, flavonoid, terpenoid, tanin dan saponin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar total flavonoid pada daun dan bunga air mata pengantin (Antigonon leptopus). Tahap penelitian ini meliputi preparasi sampel, pengujian metaboli Antigonon leptopus, Ekstrak Etanol, Flavonoid, Spektrofotometri UV-Visible [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Oleh : Irma Amalia | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi struktur atom dan mengetahui kelayakan media serta mengetahui respon guru terhadap media yang telah dihasilkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE yang diadaptasi dari Dick and Carrey. Subjek penelit E-learning, Media Pembelajaran, Moodle, Pengembangan, Struktur Atom [...]

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR
Oleh : Vitri Tamala Sihite | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Bahan ajar merupakan sebuah alat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, penggunaan bahan ajar seperti buku paket selama pembelajaran berlangsung membuat peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Peserta didik membutuhkan bahan ajar yang mempunyai bentuk sajian yang ringan dan menarik minat baca sehingga Pengembangan, LKPD, dan Scaffolding [...]

PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING EDMODO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Oleh : Eminari Simatupang | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Kemampuan berpikir kritispeserta didik yang rendah adalah masalah yang masih umum di dunia pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Edmodo sebagai media pembelajaran, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penggunaan mediaEdmodo, Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan Edmodo. Metode yang digunakan dalam e-learning, Edmodo, kemampuan berpikir kritis [...]

ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM BUKU AJAR KIMIA KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Oleh : Nurhabibah | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku ajar kimia di SMA kelas X pada materi struktur atom serta mengetahui nilai karakter yang paling banyak muncul dalam buku ajar kimia di SMA kelas X pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis konten. Populasi penelitian ini adalah guru Analisis, Buku Ajar, Karakter, Struktur Atom [...]

TOKSISITAS EKSTRAK KASAR ETANOL TANAMAN LENGKAP RUKU-RUKU (OCIMUM TENUIFLORUM L.) MENGGUNAKAN METODE BRINE LETHALITY TEST (BSLT)
Oleh : Mutia elsi | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Tanaman ruku-ruku (Ocimm tenuiflorum L.) merupakan tanaman herbal yang mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, alkaloid, steroid, tanin, dan sopanin.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana toksisitas ekstrak kasar etanol bunga, daun, dan batang ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.) menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) yang ditunjukkan dengan nilai LC50. Penelitian Ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum L.), BSLT, Artemia Salina Leach. LC50 [...]

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PHET SIMULATIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF
Oleh : FIZA RADASARI | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan PhET Simulations. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA di MAN 1 Langsa tahun pelajaran 2019/2 Hasil belajar kognitif, Learning Cycle 5E, PhET Simulations, [...]

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Oleh : Fathanah Khairunnisa | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan suatu konsep yang mengaitkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran yang dipandang tepat adalah pendekatan kontekstual, dimana konsep pembelajaran dapat membantu guru untuk mengaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa. Adapun model pembelajaran yang dapat diterapkan di sekola berpikir kritis, kontekstual, problem based learning [...]

PENGARUH PENDEKATAN STEM TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Oleh : Nur Ainun Situmeang | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM (science, technology, engineering, and matmematic) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII IPA SMA N 5 Langsa. Sampel yang digun Pengaruh pendekatan STEM, Kreativitas, Hasil belajar, Redoks [...]

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEER DAN SELF ASSESMENT UNTUK MENILAI KINERJA SISWA PADA PRAKTIKUM DI SMA
Oleh : Afrillia Redista | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk penilaian kinerja yang berupa desain instrumen peer dan self assesment pada praktikum larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dan penelitian ini sampai pada tahap Analisis, Design, Development. Subjek pada penelitian ini adalah ahli bahasa dan materi dan uji coba skala larutan penyangga, penilaian kinerja, peer assesment, self assesment. [...]

UJI TOKSISITAS DAUN SERUNI (WEDELIA BIFLORA LINN) DAN DAUN SERUT (STREBLUS ASPER) YANG DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN MAKANAN KHAS ACEH
Oleh : Retno Widy Astuti | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Tanaman seruni (Wedelia biflora Linn) dan tanaman serut (Streblus asper) merupakan beberapa tanaman yang daunnya digunakan sebagai bahan pembuatan makanan khas Aceh yaitu Ie Bu Peudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toksisitas dari daun seruni dan daun serut yang digunakan sebagai bahan pembuatan makanan khas Aceh. Toksisitas diartikan sebagai kemampuan s Ie Bu Peudah, Wedelia biflora Linn, Streblus asper, BSLT, Artemia salina Leach, Toksisitas, LC50. [...]

UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK ETANOL BUNGA SERNAI (WEDELIA BIFLORA L.)
Oleh : Sella Veronika | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Tumbuhan sernai (Wedelia bifloraL.) adalah salah satu spesies dari famili Asteraceae yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis senyawa metabolit sekunder, aktivitas anitidiabetes, dan kajian kimia mengenai senyawa metabolit sekunder yang berpengaruh terhadap penurunan kadar glukosa darah pada b Antidiabetes, Bunga Sernai (Wedelia biflora L.), EkstrakEtanol, Kadar glukosa darah. [...]

ANALISIS PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)
Oleh : AFRIANI INTAN DEWI SIREGAR | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan keterlaksanaan model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan tipe pretest-posttest group design. Sampel keterampilan berpikir kreatif, PjBL, STEM, larutan elektrolit dan non elektrolit [...]

EKSTRAK ETANOL DAUN DAN BUAH JELUAK (MICROCOS TOMENTOSA), SERTA DAUN SERUT (STREBLUS ASPER) SEBAGAI ANTIOKSIDAN DENGAN METODE DPPH.
Oleh : Julina Wati | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengguna tanaman obat terbesar di dunia. Ada beberapa tanaman yang berpotensi sebagai obat, seperti tanaman Jeluak (Microcos tomentosa) dan Serut (Streblus asper). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak etanol daun dan buah jeluak (Microcos tomentosa), se Antioksidan, Daun dan Buah Jeluak (Microcos tomentosa), Daun Serut (Streblus asper), DPPH, Metabolit Sekunder. [...]

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA
Oleh : Rahimuddin | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2021)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN 1 Langsa tahun pelajaran 201 Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Asam Basa. [...]

PEMBUATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DARI HASIL RISET PEMANFAATAN EKSTRAK BUNGA SOKA MERAH SEBAGAI GREEN INHIBITOR CORROSION
Oleh : Rifvia Adelina | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2020)

Penelitian ini bertujuan untuk membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) dari hasil riset pemanfaatan ekstrak bunga soka merah sebagai green inhibitor corrosion. Metode penelitian ini meliputi penelitian kimia tentang bunga soka merah yang memiliki potensi sebagai inhibitor korosi alami dan tahap pembuatan bahan ajar LKPD, serta validasi bahan ajar melalui angket pe Bunga Soka Merah, Green Inhibitor Corrosion, LKPD [...]

PENERAPAN MEDIA KAHOOT PADA PEMBUATAN INSTRUMEN TES MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK SISWA SMA
Oleh : YULIA HANDAYANI | Prog.Studi : Pendidikan Kimia (2019)

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan media Kahoot pada pembuatan instrumen tes materi hidrolisis garam untuk siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kelayakan instrumen tes menggunakan media Kahoot. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Teknis analisis data yang digunakan Kata Kunci : Instrumen Tes, Media Kahoot, Hidrolisis Garam [...]

Kembali ke atas!