PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 MEURANDEH

EVALIANA SIREGAR (2023), PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 MEURANDEH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk bahan ajar digital berbantuan aplikasi animaker pada pembelajaran IPS kelas V untuk sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui validasi ahli materi dan ahli media serta hasil praktikalitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket validasi untuk para ahli serta angket respon guru dan siswa. Hasil validasi dari ahli materi didapatkan persentase sebesar 97.22% dengan kriteria “sangat layak” dan ahli media didapatkan persentase sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil praktisi dari angket respon guru didapatkan persentase sebesar 100% dengan Kriteria “sangat praktis”. Dari hasil penilaian bahan ajar berbantuan aplikasi animaker dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital berbantuan aplikasi animaker pada pembelajaran IPS kelas V sangat layak digunakan untuk pembelajaran.

Kata kunci : Bahan ajar digital, aplikasi animaker, pengembangan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : EVALIANA SIREGAR
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 10-01-2024 11:15
Terakhir diubah : 11-01-2024 15:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5193
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!