PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV

Selfia Nora (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan, validitas, praktikalitas, dan peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Model ADDIE digunakan dalam proyek Studi dan pengembangan (R&D) ini. Berikut hasil dari lima tahap pembuatan media edukasi berbentuk animasi dengan menggunakan media interaktif berbasis Adobe Flash: (Analisis), (Desain), (Pengembangan), (Implementasi), dan (Evaluasi) adalah urutan operasi. Sejauh mana penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash diukur kelayakannya, ditentukan oleh penilaian: Ahli materi memperoleh nilai rerata 4, sehingga menempatkan mereka pada kategori sangat valid. Ahli media mempunyai rerata 4,69 sehingga menempatkannya pada kategori sangat valid. Ahli bahasa mempunyai 4,25 sehinggak menempatkannya pada kategori sangat valid. Praktisi pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4,64 yang menempatkannya pada kategori sangat praktis. Skor kelayakan uji lapangan diperoleh rerata 4,55 sehingga menempatkannya pada kategori sangat praktis. Berdasarkan Studi peningkatan minat belajar siswa, materi pembelajaran yang dibuat menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash meningkatkan minat sebesar 40,73 dari 50,97% (sebelum) menjadi 91,70% (setelah)

Kata kunci : Interaktif, Adobe Flash, perkembangbiakan tumbuhan, minat belajar, ADDIE

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Selfia Nora
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 21-02-2024 15:31
Terakhir diubah : 23-04-2024 09:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5396
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!