PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN BLANG TUALANG ACEH TIMUR

Rohayati (2024), PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SDN BLANG TUALANG ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penggunaan metode pembelajaran di kelas perlu variasi dan tidak cukup dengan metode ceramah dan keterampilan saja sehingga tidak memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengamati, mencari demi menemukan konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa melalui metode inkuiri dikelas V SDN Blang Tualang Aceh Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dan dilakukan dalam tiga siklus pelaksanaan tindakan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket keterampilan sosial dan pedoman observasi. Data-data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan keterampilan sosial melalui tindakan pada siklus I, rata-rata hasil keterampilan sosial yaitu 69.90, pada siklus II, rata-rata hasil keterampilan sosial yaitu 77.90, dan pada siklus III, rata-rata hasil keterampilan sosial yaitu 97.18.

Kata kunci : Inkuiri, Keterampilan Sosial.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rohayati
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 13-03-2024 11:53
Terakhir diubah : 27-03-2024 10:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5531
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!