PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI KELAS V SD NEGERI 2 SEULALAH

Elsa Veronika Sihite (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI KELAS V SD NEGERI 2 SEULALAH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) pengembangan media pembelajaran Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, dan 3) untuk mengetahui praktikalitas dari penggunaan media Sistem pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline melalui  praktisi Guru dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Seulalah, ahli materi, ahli media,ahli bahasa dan praktisi Guru pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan angket skala 5 untuk mengetahui kelayakan dan praktikalitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, 1) pengembangan media pembelajaran Sistem Pernapasan manusia menggunakan Articulate Storyline dengan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE) dan 2) hasil uji kelayakan ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak (94,11%), ahli media termasuk dalam kategori “sangat layak” (100%), Ahli bahasa termasuk dalam kategori “sangat layak” (82%) 3) Hasil implementasi media pembelajaran Articulate Storyline pada Praktisi pembelajaran termasuk dalam dalam kategori “sangat Praktis” (95%)  dan uji coba pada peserta didik dari hasil respon siswa dalam 4 aspek yaitu aspek Motivasi belajar, aspek kemudahan pemakaian, aspek Desain tampilan dan aspek kebermanfaatan dengan  memenuhi kriteria kepraktisan oleh peserta didik menunjukkan kategori “Sangat praktis” dengan Skor total (92,97%). Berdasarkan hasil evaluasi kelayakan dan praktikalitas media pembelajaran disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS pada materi Sistem pernapasan manusia di kelas V Sekolah dasar.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Pernapasan Manusia, Articulate Storyline

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Elsa Veronika Sihite
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 31-01-2024 10:59
Terakhir diubah : 01-02-2024 11:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5303
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!