Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY,ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 LANGSA 2018/2019
Oleh : Ziza ananda | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2020)

Model pembelajaran yang telah diterapkan dalam pengajaran khususnya pembelajaran IPA di SMP Negeri 7 Langsa salah satunya  adalah pembelajaran konvensional, yaitu metode ceramah yang monoton, tanpa ada kegiatan eksperimen atau fasilitas pendukung sebagai media pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini akan Model Pembelajaran STEM, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa [...]

ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN RUSIP ANTARA
Oleh : Ayu Aynar Lida Fitri | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 19 Takengon di Kecamatan Rusip Antara selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitiam kuantitatif dengan hasil penelitian: Aspek Fasilitas yaitu 100% (seluruhnya) guru diberikan fasilitas kuota internet oleh sekola Covid-19, Fasilitas, Interaksi, Kendala, Peran Orang Tua Proses Pembelajaran, dan Tanggapan. [...]

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA AYUNAN NEWTON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Oleh : FITRI MAH BENGI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Mempelajari ilmu fisika merupakan salah satu hal yang penting di karenakan fisika adalah salah satu ilmu yang paling dasar dari ilmu pengetahuan. Dalam hal ini maka perlunya dilakukan suatu penelitian untuk memudahkan dalam mempelajari ilmu fisika yaitu salah satunya tentang pengembangan alat peraga. Telah dilakukan penelitian Pengembangan Alat Peraga Ayunan Newton Ayunan Newton, validasi praktisi lapangan dan respon siswa [...]

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI
Oleh : ESTAVINA BR SITEPU | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2019)

Dalam pembelajaran fisika guru biasanya menjelaskan dengan metode ceramah tanpamenjelaskan dan mengkaitkan ke kehidupan sehari-hari dan itu yang membuat siswasalah konsep dan salah pengertian sehingga menimbulkan miskonsepsi.Pembelajaran fisika di SMA saat ini banyak mengalami permasalahan karena siswasulit untuk memahami pelajaran fisika atau materi yang disampaikan gur Kata Kunci : Miskonsepsi, certainty of response index (CRI) [...]

PENGEMBANGAN MODUL LAB MANDIRI ROKET AIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM III NEWTON DI SMA NEGERI 4 LANGSA
Oleh : NURHALIZA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2019)

Dalam proses belajar mengajar, berdasarkan pengertian laboratorium, dan sifatmodul yang telah dijelaskan, modul dibutuhkan dalam pembelajaran laboratoriumFisika. Modul lab yang akan dirancang berupa modul lab mandiri roket air.Prinsip kerja roket air salah satunya adalah Hukum III Newton. Pada materiHukum III Newton perlu adanya penjelasan yang disajikan dengan praktikum - [...]

Kembali ke atas!