Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3059 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
36185 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA LOGGER PRO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Oleh : Sinta Nuriah | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Keterampilan berpikir kritis adalah potensi yang ada pada setiap individu, bisa dinilai, ditingkatkan, dan diperbaiki. Penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, karena hal ini mampu meningkatkan kecerdasan siswa. Penelitian bertujuan untuk melihat efektivitas keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran experie Model Pembelajaran Experiential Learning, Media Logger Pro, Keterampilan Berpikir Kritis [...]

PENGARUH MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS ETNOFISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Oleh : Muhammad Agussalim | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2024)

Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu perwujudan dari berpikir tingkat tinggi, hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan kognitif yang paling tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbasis etnofisika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 2 Langsa. Jenis penelitian PjBL (Project Based Learning), Etnofisika, Berpikir Kreatif [...]

REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) DI SMA NEGERI 1 BADAR
Oleh : Ega Maiyuri | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains yang mempelajari peristiwa alam dalam kehidupan sehari-hari dan mengutamakan penguasaan konsep. Konsep merupakan salah satu aspek penting bagi peserta didik. Pemahaman konsep tersebut memberikan tujuan dalam penelitian ini untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika materi suhu dan kalor dengan pendekatan SET Miskonsepsi, Suhu dan Kalor, Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society). [...]

PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA
Oleh : Febrina | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam IPA. Pendidikan IPA menjadikan siswa tidak hanya mengetahui dan menghafal konsep-konsep IPA saja, tapi harus mampu membuat siswa memahami konsep-konsep dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep tersebut memberikan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui jenis Miskonsepsi, Cahaya, CRI, Diagnostik Tes [...]

PEMBELAJARAN KONSEP ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL SISWA
Oleh : EMMI VIORENCE | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan dan peningkatan model mental siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi energi terbarukan di kelas eksperimen. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Sampel penelitian sebanyak 46 siswa ke Augmented Reality, N-Gain, Model Mental [...]

ANALISIS KETERAMPILAN SCIENTIFIC REASONING MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Oleh : Irma Nadia Siahaan | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Scientific Reasoning (Penalaran Ilmiah) merupakan keterampilan untuk menarik dan menyajikan kesimpulan yang beralasan, menjelaskan istilah-istilah yang digunakan dalam memecahkan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan Scientific Reasoning Mahasiswa Calon Guru Fisika. Metode Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan Keterampilan Scientific Reasoning Mahasiswa Calon Guru Fisika [...]

EFEKTIVITAS PENDEKATAN STEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Oleh : M. AULIA FAHREZY | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pendidikan di era globalisasi saat ini menuntut sekolah untuk dapat menciptakan siswa bukan hanya pintar kognitif, namun juga pintar secara keterampilan, begitu pula dengan cara melaksanakan suatu proses pembelajaran, peran pendidikan menjadi sangat penting dalam mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan abad 21, oleh karena itu dilakukanlah dengan menggunakan Literasi Sains, STEM, Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia [...]

ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP KETERTARIKAN MENAMBAH WAKTU BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK
Oleh : Wahyuni | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana mengetahui sikap siswa terhadap ketertarikan menambah waktu belajar Fisika. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Hasil penelitian persentase jawaban terhadap item pernyataan kategori Kognisi yaitu sebesar 72,37% yang menyatakan jawaban siswa terh Sikap siswa, Ketertarikan menambah waktu [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS MIKROKONTROLER PADA GERAK JATUH BEBAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA
Oleh : SITI HUMAIROH | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2026)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media praktikum berbasis mikrokontroler yang layak dan efektif untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian perkembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (Design), pengembangan (D Media Praktikum, Mikrokontroler, Keterampilan Proses Sains [...]

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 LANGSA
Oleh : MUTIA RAHMATIKA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Perkembangan teknologi diera saat ini menuntut penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif seperti adanya komputer dan internet, media animasi dan media gambar dapat digunakan sebagai media yang inovatif bagi peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dalam berimajinasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil Media Pembelajaran, Media Animasi, Media Gambar, Hasil Belajar [...]

PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN MENGGUNAKAN MEDIA KONVERTER ENERGI TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
Oleh : NISYA TAMBUN | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pendidikan merupakan pokok utama yang harus dimiliki oleh setiap orang, dan untuk menerapkan pendidikan membutuhkan sebuah metode, salah satu metodenya yaitu metode pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yaitu metode pembelajaran yang membutuhkan sebuah media berupa media Konverter Energi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masala Media Konverter Energi, Integrasi STEM, Kterampilan Pemecahan Masalah [...]

PEMBELAJARAN GELOMBANG BERMUATAN ETNOFISIKA ACEH “SEURUNE ON U” SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS
Oleh : SITI DESY RAHMADANI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Dunia pendidikan fisika erat kaitannya dengan fenomena alam. Proses pembelajaran fisika membutuhkan proyek kerja nyata. LKPD dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami dan memecahkan sebuah masalah sehingga siswa dapat lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan teruji dalam meni Desain LKPD, Literasi Sains, Pembelajaran Gelombang [...]

PENGEMBANGAN PROJECT BASED LABORATORY STEM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA SMA
Oleh : SALSA DILA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA setelah menggunakan LKPD model PjBL-STEM pada materi Fluida Statis. Metode penelitian menggunakan Research and Development (RND) model borg and gall dengan tahapan analisis masalah, perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk. Penelitian dilaksanakan pa Berpikir kreatif, PjBL-STEM, Fluida Statis [...]

ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM IMPLEMENTASI STEM-PJBL
Oleh : RISMAWATI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa sekolah menengah atas setelah diimplementasikan STEM-PjBL pada materi Gerak Parabola. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest penelitian. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa/i SMA dipilih menggunakan teknik simple random sampling. In (1). Dr. HENDRI SAPUTRA, M.Pd. (2). DONA MUSTIKA, S.Pd., M.PFis. [...]

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Oleh : WINDA CRISTINA SIAHAAN | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Banyaknya permasalahan pembelajaran yang sudah dialami oleh siswa saat pembelajaran berlangsung dan permasalahan tersebut menjadi pusat perhatian dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan oleh tenaga pendidik. Permasalahan ini banyak sekali ditemui pada tiap siswa mengenai pemahaman belajar siswa di dalam kelas tentang mata pelajaran yang diajarkan guru kepa Identifikasi miskonsepsi, CRI, Termodinamika [...]

PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LABORATORY STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Oleh : MUTIA SARI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran PBL-STEM pada materi Listrik Dinamis. Metode penelitian menggunakan Research and Development (RND) model Borg and gall dengan tahapan pengumpulan informasi awal, perencanaan, desain produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk. Penelitian dilakuka Keterampilan Berpikir Kritis, PBL-STEM, Listrik Dinamis [...]

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BELIEFS SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA
Oleh : YANTI | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pembelajaran yang biasa. Pembelajaran berbasis masalah membuat siswa merasa senang, tertarik, tertantang, serta dapat menumbuhkan sikap saling menghargai, keberanian dalam komunikasi dan juga meningkatkan keyakinan (beliefs) siswa. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terahadap beliefs s Pembelajaran Berbasis Masalah, Beliefs (keyakinan) siswa, dan Suhu dan Kalor [...]

DESAIN LKPD BERMUATAN ETNOFISIKA ACEH “GEULENGKUE TEU PEU POE” BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI GERAK PARABOLA
Oleh : VIRNALITA | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Pembelajaran fisika pada materi gerak parabola masih menggunakan metode ceramah dengan sumber belajar berupa buku cetak dan belum dapat mengukur keterampilan proses sains siswa sehingga peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan teruji dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Desain LKPD, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Parabola [...]

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUALISASI GERAK PELURU BERBASIS VBA EXCELL UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD PHYSICS LABORATORY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Oleh : Maqamam Mahmuda | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2023)

Media dalam pembelajaran merupakan sarana yang dipergunakan sebagai perantara komunikasi guna menyampaikan pesan berupa ilmu pengetahuan dari berbagai sumber ke peserta didik. Untuk itu pembelajaran fisika menjadi salah satu pembelajaran yang banyak memerlukan media untuk menjelaskan materi maupun konsep. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajara Media Simulasi, Pemahaman Konsep, dan Attitude Toward Physics Laboratory [...]

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN DI SMP NEGERI 9 LANGSA
Oleh : Devi Putri Wahyuni | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan memperoleh kesimpulan yang tepat dengan didasarkan pada pemikiran yang sistematis dan beralasan sehingga mampu memberikan banyak alternatif dari setiap hasil pemikirannya. Berpikir kritis juga merupakan suatu proses yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk membuat keputusan yang penting yang masuk akal terhadap apa yang harus d Berpikir, Indikator, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. [...]

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 LANGSA KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh : Wahyu Syahputra | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Covid-19 adalah sebuah wabah virus yang menyerang system pernapasan. Pandemi covid (19) ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk KesulitanBelajar, Covid-19 [...]

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BIOSKOP CYMATICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 TANJUNGBALAI
Oleh : Armelia Yuniani | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Kurang aktifnya siswa dan kesulitan guru dalam menyampaikan konsep materi fisika yang dianggap sulit oleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan media pembelajaran yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Alat Peraga Bioskop Cymatics sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Gelombang Bunyi untuk mengukur respon dan sikap ilmiah peserta didik. P Alat Peraga, Gelombang Bunyi, Cymatics, Respon Siswa, Sikap Ilmiah [...]

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP COMMUNICATION SKILL DAN COLLABORATION SKILL SISWA SMP NEGERI 5 LANGSA
Oleh : Nurdi | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Communication skill dan Collaboration Skill merupakan keterampilan yang termasuk kedalam 21st Century Skill. Kedua keterampilan tersebut dituntut untuk dimiliki setiap siswa demi menghadapi tantangan abad 21. Model pembelajaran yang tepat untuk mencapai keterampilan tersebut salah satunya Model Project Based Learning. Penelitian ini bertuj Communication skill, Collaboration skill, Project Based Learning [...]

PENERAPAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 LANGSA
Oleh : Wahyu Gunawan | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Pembelajaran fisika yang hanya berpusat pada guru, menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurang pahamnya siswa pada konsep fisika berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini Strategi REACT, Kognitif, Afektif, Psikomotorik [...]

ANALISIS INTEGRASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA KOTA LANGSA
Oleh : Nur Arafah | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Memasuki abad 21 pendidikan terdapat sebuah tantangan yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu untuk bersaing dalam era 4.0. Dalam menghadapi tantangan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan STEM dalam penddidikan. Hal tersebut karena STEM menerapkan empat aspek seperti sains, teknologi, teknik dan matematika agar mencipta STEM, Integrasi, Persepsi, Modul [...]

ANALISIS SOAL TES ESSAY BUATAN GURU PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI MAN 1 LANGSA
Oleh : canda | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal essay buatan guru fisika kelas XI di MAN 1 Langsa. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif. Subjek dan Objek dalam penelitian ini adalah guru fisika  dan soal essay buatan guru kelas XI di MAN 1 Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik anal validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, tes essay [...]

PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOLABORASI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU
Oleh : Tia Novia | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Perkembangan dan kemajuan teknologi di era modern ini telah mengubah sistem pembelajaran konvensional menjadi modern dengan memanfaatkan pembelajaran e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan kolaborasi siswa menggunakan pembelajaran e-learning berbasis aplikasi edmodo. Penelitian ini teermasuk penelitian Pre-eksperimental dengan desain Edmodo¸ E-learning, Keterampilan Kolaborasi, Pemahaman Konsep [...]

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Oleh : Nurlaili | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2021)

Proses belajar mengajar di sekolah mengalami kendala yang disebabkan menyebarnya wabah virus corona pada awal bulan Maret 2020 di Indonesia. Untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19, proses pembelajaran dilakukan secara online atau daring di semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pembelajaran daring selama pan efektivitas, pembelajaran daring, covid-19 [...]

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA YANG TERDAMPAK BENCANA BANJIR DI DESA SEULALAH BARU KECAMATAN LANGSA LAMA
Oleh : Fikransyah Tanjung | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Bencana banjir yang menjadi ancaman bagi infrastruktur masyarakat dan mempengaruhi kesejahteraan siswa dalam berbagai hal seperti akses makanan, kesehatan, kehadiran ke sekolah, akses air bersih dan sanitasi, keamanan fisik, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan minat belajar siswa yang terdampak bencana banjir di Desa Seulalah Minat Belajar Siswa, Bencana Banjir, Desa Seulalah Baru. [...]

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR TEMPERATUR RUANGAN BERBASIS ARDUINO UNO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LANGSA KELAS X IPA
Oleh : irwansyah putra | Prog.Studi : Pendidikan Fisika (2022)

Media pembelajaran merupakan salah satu pendukung berlangsungnya proses belajar mengajar disekolah, dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif. Fungsi utama dari media pembelajaran yaitu sebagai alat bantu mengajar yang dapat mempengaruhi kondisi kelas dan lingkun Media Pembelajaran, Metode Eksperimen Verifikasi, Hasil Belajar [...]

Kembali ke atas!