ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA

Kaswi Arleni (2022), ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 2 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada saat sekarang ini pembelajaran dilakukan secara DARING, hal ini dilakukan karena menaati surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksnaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19). Pembelajran DARING merupakan salah satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemahaman guru dalam pembelajaran DARING dan hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran DARING. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpul data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data (3) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru dalam pelaksanaan pembelajaran DARING sudah 60 dari 100%. Hal ini dilihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti dengan masing-masing guru kelas. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat video pembelajaran yang menarik lalu dikirim melaui grup whatsapp, sedangkan tugas orang tua adalah mendampingi anaknya dalam memahami dan mengerjakan tugas kemudian dikirim kembali kepada guru. Selaian itu, guru juga melakukan pembelajaran sistem LURING yakni membawa maksimal 5 orang siswa dalam setiap pertemuan ke lapangan terbuka namun tetap mengikuti protokol kesehatan. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa yang dilakukan guru yakni tugas harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan setoran hafalan melalui video call setiap minggu. Hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran DARING adalah sebagian siswa tidak memiliki gadget. Selain itu sebagian dari orang tua siswa kurang memiliki waktu untuk mendampingi anaknya belajar sehingga anak kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Guru sebaiknya lebih kreatif dalam membuat video pembelajaran agar menarik perhatian siswa sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran DARING. Selain itu guru sebaiknya lebih sering melakukan pembelajaran sistem LURING agar siswa tidak bosan belajar di rumah dan pembelajaran akan lebih mudah dipahami. Begitu juga orang tua seharusnya dapat memenuhi kebutuhan anak dalam belajar DARING seperti gadget, kuota internet dan meluangkan waktu untuk mendampingi anaknya dalam belajar di rumah

Kata kunci : Pemahaman Guru, Pembelajaran DARING

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kaswi Arleni
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 14-03-2024 14:53
Terakhir diubah : 25-03-2024 12:46
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5546
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!