MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SD NEGERI 2 LAWE HIJO TAHUN AJARAN 2021/2022

Armidayanti (2023), MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS IV SD NEGERI 2 LAWE HIJO TAHUN AJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Bertumpunya proses belajar mengajar pada guru menimbulkan kurang tumbuh berkembangnya sikap kemandirian belajar pada anak, sebab anak akan cenderung menganggap dirinya tergantung pada guru dan sekolah dalam belajar. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa Metode yang digunakan adalah metode kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). TGT (Teams Games Tournament) merupakan salah satu metode pembelajaran yang inovatif, menarik, mendorong keaktifan siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV melalui pembelajaran Teams Games Tournamet (TGT) Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di SD Negeri 2 Lawe Hijo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Lawe Hijo yang berjumlah 32 siswa.Dimana 17 laki-laki dan 15 perempuan. Model pembelajaran Teams Games Tournament berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Lawe Hijo pada tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup.Nilai rata-rata siklus I adalah 74,37% dengan jumlah peserta didik mencapai KKM adalah 57,56%. Dari data hasil belajar silklus II, diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 78,15% dengan jumlah peserta didik mencapai KKM adalah 71,68%. Hasil ini tentu telah mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I dan telah mencapai target capaian awal siklus II. Dari data hasil belajar siklus III, diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 80,59% dengan jumlah peserta didik mencapai KKM adalah 80,59%.

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajran, Teams Games Tournament (TGT)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Armidayanti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 06-03-2024 13:19
Terakhir diubah : 18-03-2024 11:37
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5513
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!