PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 10 LANGSA

Siti Rosmaijar (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 10 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon dan mengetahui, desain, kelayakan dan kepraktisan serta mengetahui hasil belajar pada media pembelajaran berbasis powtoon yang telah didapatkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Impelementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Penilaian validitas kelayakan diukur oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Kepraktisan media pembelajaran berbasis powtoon diukur berdasarkan penilaian praktisi pembelajaran dan respon peserta didik. Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon. Penelitian di ujicobakan pada siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa di SD Negeri 10 Langsa. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbasis powtoon dengan penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 94,44% dengan kriteria “sangat layak”, penilaian kelayakan oleh ahli media  sebesar 100%  dengan kriteria “sangat layak” dan penilaian kelayakan oleh ahli bahasa sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak” dinyatakan pada penilaian kelayakan oleh para ahli memperoleh nilai rerata persentase 97,36% dan termasuk kedalam kriterian “sangat layak”. Media pembelajaran berbasis powtoon dinyatakan praktis dengan hasil penilaian praktisi sebesar 99,00% dengan kriterian “sangat praktis”,  dan penilaian respon peserta didik mendapatkan nilai mencapai 98,43% dengan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar dengan uji t diperoleh thitung  -9,475 < ttabel 2,074 dan sig p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis powtoon efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Powtoon, Hasil Belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Rosmaijar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 22-03-2024 12:38
Terakhir diubah : 05-04-2024 09:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5581
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!