PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 MEURANDEH

Rauzatul Jannah (2024), PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 MEURANDEH. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Permasalahan yang terjadi pada saat penelitian yaitu dalam proses pembelajaran guru sudah menggunakan media tetapi media yang digunakan masih bersifat visual seperti media gambar, guru belum menggunakan media yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Maka oleh sebab itu peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran yang berbasis powtoon pada materi wujud zat dan perubahannya. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk video pembelajaran berbasis powtoon pada materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV SD Negeri 1 Meurandeh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai uji kevalidan dengan persentase 90%, validasi ahli media dengan persentase 100% dan validasi ahli bahasa dengan persentase 85,71% dengan kriteria sangat valid (layak) dan dapat di uji cobakan kepada siswa. Hasil praktikalis memperoleh nilai kepraktisan dengan persentase 81,73% menempati kriteria sangat praktis dengan artian mudah digunakan dan dapat menjadikan suasana belajar yang menyenangkan.

Kata kunci : Video Pembelajaran, Powtoon, Wujud Zat dan Perubahannya

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rauzatul Jannah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 14-03-2024 14:49
Terakhir diubah : 19-04-2024 10:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5545
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!