PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK PADA MATERI TEKS FIKSI UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA

Annisa Haura (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK PADA MATERI TEKS FIKSI UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEBUN LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelian ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan suatu produk media pembelajaran e-komik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-komik dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan. Tetapi, peneliti hanya menggunakan sampai lima tahapan dikarenakan sesuai dengan tujuan penelitian. Adapun lima tahapan metode Borg & Gall yang peneliti gunakan yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain dan 5) Revisi Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket analisis kebutuha dan angket validasi untuk para ahli. Hasil validasi dari ahli materi didapatkan persentase sebesar 92%dengan kriteria “sangat layak, ahli media  didapatkan persentase sebesar 95% dengan kriteria “sangat layak”. Dan ahli bahasa didapatkan persentase sebesar 86,66% dengan kriteria “sangat layak”. Dari hasil penelitian media pembelajaran e-komik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-komik pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran.

Kata kunci : e-komik, pengembangan, media pembelajaran

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Annisa Haura
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 04-03-2024 18:15
Terakhir diubah : 15-03-2024 15:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5497
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!