Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
1933 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
23660 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
PENGENALAN PENYAKIT DAUN PADI BERDASARKAN FITUR MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES
Oleh : Jauriah | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Penyakit pada daun padi sekarang ini semakin banyak ditemukan dalam  tumbuhan padi yang menyebabkan kegagalan panen di dalam mayarakat. penyakit daun padi tersebut terkadang  dianggap sama oleh  masyarakat awam dimana  menjadikan terjadinya kesalahan – kesalahan penanganan oleh petani padi sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuat sebuah sistem pengenalan penya Penyakit Daun Padi, Pengenalan Penyakit Daun Padi, Naive Bayes. [...]

IMPLEMENTASI KOMUNIKASI M2M (MACHINE TO MACHINE) DAN IOT (INTERNET OF THINGS) PADA SISTEM KONTROL DAN MONITORING PERAWATAN TANAMAN HIDROPONIK
Oleh : Rispani Himilda | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pertanian hidroponik adalah cara merawatnya, perawatan yang baik dengan memastikan sirkulasi atau penyiraman tanaman dan pemberian nutrisi tepat pada waktunya serta selalu melakukan pemantaun agar kadar pH dan suhu pada air tanaman hidroponik sesuai dengan kebutuhan. Kesibukan manusia sering  membuat mereka lupa Pengendalian dan Pemantau Hidroponik, Machine to Machine, Internet of Things. [...]

SISTEM PENGUKURAN SUHU TUBUH MENGGUNAKAN PENCITRAAN TERMAL PADA PROTOKOL KESEHATAN COVID-19
Oleh : Ragil Andika Johan | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam hal menangani penyebaran COVID-19 salah satunya mengenai adaptasi kebiasaan baru dan perintah untuk melakukan pengukuran suhu tubuh. Untuk melakukan pengukuran suhu tubuh alat yang umumnya digunakan saat ini adalah termometer infrared, namun dengan menugaskan seorang petugas untuk melakukan pengukuran COVID-19, Body Temperature Measurement, Thermal Camera [...]

IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION PADA APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING
Oleh : Muhammad Nazir Syafwan | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Inggris harus melalui pertemuan tatap muka serta menempuh jarak yang jauh dan menguras biaya. Beberapa media pembelajaran menggunakan web, desktop, dan mobile namun memerlukan jaringan internet untuk dapat diakses, kurangnya sebuah media pembelajaran bahasa Inggris terutama dibidang pengolahan suara menjadi Bahasa Inggris, Speech Recognition, Natural Language Processing [...]

DETEKSI PELANGGARAN JARAK PADA ZEBRA CROSS MENGGUNAKAN METODE MANHATTAN DISTANCE
Oleh : Nurul Husna | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Pada lampu lalu lintas terdapat marka jalan berupa zebra cross sebagai sarana yang berfungsi memberikan prioritas kepada pejalan kaki untuk menyeberangi jalan saat lampu merah. Pengendara diharuskan berhenti sebelum garis zebra cross serta mengutamakan pejalan kaki. Hal ini telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jal Deteksi Pelanggaran Jarak, Zebra Cross, Manhattan Distance [...]

SPEECH RECOGNITION PADA KALIMAT MENGGUNAKAN METODE HIDDEN MARKOV MODEL (HMM) BERBASIS ANDROID
Oleh : Kerdi Yanti Simarmata | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Penelitian ini tentang pengenalan ucapan pada kalimat dan implementasinya pada android, penerapan aplikasi speech recognition pada kalimat dengan menggunakan metode Hidden Markov Model (HMM) berbasis android. Pada aplikasi speech recognition ini dapat mengubah ucapan menjadi kalimat dan dapat digunakan semua orang yang menggunakan android. Tujuan dari penelitian ini Speech Recognition, Hidden Markov Model (HMM), Kalimat, Android. [...]

TEKNOLOGI SONIC BLOOM DENGAN PEMANFAATAN MUSIK MUROTTAL AL-FATIHAH PADA TANAMAN SAWI HIJAU (BRASSICA JUNCEA L.) MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC
Oleh : DICKI WAHYUDI HARAHAP | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Salah satu hasil pertanian Indonesia adalah tanaman sayuran. Sawi hijau adalah salah satu dari berbagai jenis tanaman sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh mencatat produksi sawi pada tahun 2015 di provinsi Aceh sebanyak 3.396,4 ton. Ketersediaan sayuran sawi hijau (Brassica juncea L.) dengan permintaan yang te Sonic Bloom, Matlab, Sawi hijau, Brassica juncea L, Fuzzy Logic Mamdani, Al-Fatihah [...]

SISTEM PENENTUAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE SAW ( SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ) DAN MFEP ( MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS ) SEBAGAI PERBANDINGAN HASIL PENILAIAN REAL
Oleh : Muhammad Rafi | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Penilaian kinerja dalam suatu instansi atau perusahaan digunakan untuk menilai perilakuyang mengukur aktivitas dalam kinerja Pegawai, Tujuan penelitian ini digunakan untukmenentukan penilaian terbaik dari setiap metode yang digunakan akan menjadikan hasilpenilaian yang sebenarnya terhadap pegawai di instansi tersebut. Dengan ini caramembuat S Penilaian Kinerja, Perbandingan Metode, Metode SAW dan MFEP [...]

KRIPTOGRAFI UNTUK KEAMANAN DOKUMEN RAHASIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MINKOWSKI DISTANCE
Oleh : Ellia vitriani | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Dokumen yang berkaitan dengan informasi rahasia atau berharga akan beresiko jika diakses oleh orang yang tidak berhak atau yang tidak mendapatkan izin dari pemilik. Sehingga dibuatlah sistem pengenalan untuk keamanan dokumen dengan menggunakan metode minkowski distance. Sistem ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan keamanan dokumen.suatu pengaman dokumen, maka peng Kriptografi, Keamanan, Dokumen, Minkowski Distance [...]

SMART SECURITY CAMERA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) PADA RUANG ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK
Oleh : harys fajri | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Seiring perkembangan teknologi semakin pesat terutama teknologi informasi dan komunikasi, memicu masyarakat modern mendapatkan layanan yang praktis, mudah, dan efisien. Camera Closed Circuit Television (CCTV) biasa digunakan sebagai sistem keamanan untuk mencegah kriminal. Biasanya sistem keamanan pada gedung rumah atau lainnya masih menggunakan sistem keamanan berb Pengenalan Wajah, Smart Security Camera, Support Vector Machine (SVM), Raspberry pi [...]

PELACAKAN UJUNG JARI SECARA REAL TIME MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK
Oleh : Tesa Asmita | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Pelacakan merupakan peran penting yang banyak di pergunakan dalam bidang interaksi manusia dan computer, pelacakan dapat didefinisikan sebagai suatu hal yang dalam memperkirakan lintasan objek dalam bidang gambar ketika bergerak di sekitaran frame. Ujung jari merupakan peranan penting dalam dunia teknologi diantaranya sebagai pelacakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Convolut Pelacakan Ujung Jari, Computer vision, Convolutional Neural Network (CNN) [...]

ANALISIS SENTIMEN TERKAIT VAKSIN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN TF-IDF DAN SUPPORT VECTOR MACHINE
Oleh : Adam Yordan | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Penelitan ini bertujuan melakukan analisis sentimen terkait opini masyarakat yang terdapat pada media sosial twitter terkait kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia yang memberlakukan vaksinasi kepada masyarakat indonesia, mengelompokkan opini tersebut kedalam kategori positif atau negatif dan mengukur tingkat akurasi, presisi, recall dan f1 covid-19, analisis sentimen, twitter, TF-IDF, support vector machine [...]

PREDIKSI JUMLAH PENDUDUK DI KOTA LANGSA MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION
Oleh : Seri rati | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Penduduk adalah orang yang tinggal menetap dalam satu wilayah negara selama jangka waktu tertentu. Mencatat data penduduk dilakukan dengan survei dan sensus penduduk. Lambatnya informasi hasil survei dan sensus penduduk tidak dapat memenuhi kebutuhan data penduduk pada masa yang akan datang. Dengan adanya prediksi jumlah penduduk berdasarkan data pada tahun sebelumn Data Jumlah Penduduk, Jaringan Syaraf Tiruan, Backpropagation [...]

SISTEM SELEKSI KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN KARYAWAN DENGAN ALGORITMA DECISION TREE
Oleh : Musriyadi | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Didalam dunia kerja, penentuan posisi divisi sangat berpengaruh hasilnya bagi karyawan yang terlibat didalamnya, keberhasilan karyawan dalam dunia kerja banyak sedikitnya dipengaruhi oleh sifat karakteristik karyawan. Perlu adanya kecocokan di setiap divisi untuk di isi oleh para karyawan yang memiliki sifat karakteristik yang sesuai dengan jobde Decision Tree, Klasifikasi, Karakteristik Kepribadian [...]

PENGENALAN EKSPRESI WAJAH MANUSIA MENGGUNAKAN METODE EXTREME LEARNING MACHINE (ELM)
Oleh : Sakdiani Lubis | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Manusia secara alami menggunakan ekspresi wajah untuk menunjukkan emosi dan berkomunikasi mereka pada saat berinteraksi sosial. Manusia bisa mengenali ekspresi dengan baik, tapi tidak dengan komputer. Pengenalan ekspresi wajah merupakan salah satu bidang yang masih menarik perhatian banyak peneliti  dalam waktu belakangan ini dikarenakan perkembangan Artificial Ekpresi Wajah, Pengenalan Ekspresi Wajah, Extreme Learning Machine [...]

IDENTIFIKASI PLAT NOMOR MOBIL BERDASARKAN KODE PROVINSI DAN WILAYAH INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK
Oleh : Rizky Fitria Haya | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Kemajuan teknologi saat ini berkaitan erat dengan efisensi manusia dalam melakukan pekerjaannya, salah satunya adalah pada sistem identifikasi provinsi dan wilayah yang ada di plat nomor. Di berbagai kota yang ada di Indonesia, untuk menjaga ketertiban dan keamanan lalu lintas, polisi melakukan kegiatan razia kendaraan secara manual dengan pengerahan anggota yang cukup banyak dan melakukan pros Plat Nomor Kendaraan, Pengenalan Karakter, Convolutional Neural Network (CNN), You Only Look Once (YOLO) [...]

SISTEM PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA)
Oleh : MIRNA ADELIA | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Dalam sebuah instansi pendidikan lanjutan seperti Universitas Samudra, mahasiswa merupakan salah satu aspek penting dalam mengevaluasi keberhasilandari program pendidikan. Salah satu indikator keberhasilan suatu Universitasdapat dilihat dari banyaknya tingkat kelulusan mahasiswa. Berdasarkan hasilpengamatan peneliti yang dilakukan pada progra Naïve Bayes Classiifer, probabilitas, Mahasiswa. [...]

PENERAPAN METODE K – MEANS CLUSTERING TERHADAP ALUMNI BERDASARKAN KUESIONER TRACER STUDY
Oleh : Silvia Febrianti | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Tracer study bertujuan untuk mengetahui seberapa besar lulusan perguruan tinggi dapat berpartisipasi di dunia kerja sesuai relevansi pendidikan merupakan makna dari tracer study. sistem tracer study ini menggunakan Metode K - means Clustering. K – Means Clustering merupakan pengelompokkan data kedalam satu atau lebih atau kelompok,sehingga data yang mempunyai alumni, tracer study, k - means clustering, kuesioner. [...]

SISTEM MONITORING PEGAWAI BERBASIS TEKNOLOGI GEOFENCING DENGAN FORMULA HAVERSINE
Oleh : Elvira Setiana | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Teknologi mobile merupakan teknologi dalam ponsel seluler atau smartphone (ponsel pintar) yang bersifat digital dan user terintegrasi satu sama lain sehingga dapat melakukan komunikasi maupun berbagi informasi dimana saja. Baru-baru ini, layanan berbasis lokasi menjadi proaktif dengan mendukung pemberitahuan cerdas jika pengguna memasuki atau menin Geofencing, LBS, GPS, Formula Haversine, Sistem Monitoring [...]

SISTEM CHAT MESSENGER END TO END PADA SMARTPHONE ANDROID MENGGUNAKAN METODE ENKRIPSI AES 128
Oleh : lucky andrian | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat terutama dalam masalah komunikasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan chat messenger seperti Line, Whatapps, KakaoTalk dan WeChat yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan pengiriman pesan dan data dengan waktu singkat. Hal ini juga menyebabkan perlu kewaspadaan mu Enkripsi, Dekripsi, Kriptografi, AES 128, End To End, Chat Messenger. [...]

VIRTUAL REALITY GAME FIRST PERSON SHOOTER (FPS) “ZOMBIE SURVIVAL” MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG)
Oleh : Mudhi Ulfani | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

 
 
Virtual Reality merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan 3D yang disimulasikan oleh komputer. Virtual reality bisa diimplementasikan pada bidang arsitektur, militer, maupun hiburan seperti game. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game virtual reality dan menerapkan metode Linear Congruential Generator (LCG) unt Android, Virtual Reality, Game First Person Shooter (FPS), dan Sensor Gyroscope [...]

IDENTIFIKASI WAJAH DALAM KERAMAIAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE
Oleh : Dara Havisha Lamkaruna | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Kemajuan teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap segala aspek kehidupan salah satu perwujudannya adalah teknologi biometrik pengenalan wajah (face recognition). Wajah merupakan salah satu ciri fisiologis yang dapat membedakan identitas setiap individu. Penerapan sistem pengenalan dengan banyak wajah sudah banyak dilakukan tetapi dengan jumlah data kurang dar Biometrik, Pengenalan wajah, Pengenalan Banyak Wajah, HOG, SVM [...]

SISTEM DETEKSI MASKER MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK
Oleh : Tri Novriza Putri | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Penggunaan masker saat ini merupakan bagian penting dari langkah pencegahan yang dapat membatasi penyebaran virus saluran pernapasan tertentu, termasuk virus Covid-19. Tetapi kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penggunaan masker masih sangat rendah. Bahkan pada saat meningkatnya penyebaran virus Covid-19, banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker, meskipun pemerintah telah menetapk Masker, Deteksi masker, Covid-19, Convolutional Neural Network. [...]

KACAMATA PENDETEKSI BENDA UNTUK PENYANDANG TUNANETRA MENGGUNAKAN METODE FUZZY
Oleh : Rica Gebi Febiola | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Penyandang disabilitas atau kurang berfungsinya panca indra merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua orang, sama halnya seperti tunanetra yaitu memiliki keterbatasan melihat dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Penyandang tunanetra umumnya menggunakan tongkat konvensional untuk mendeteksi adanya benda yang menghalangi jalan. Selain tongkat konvensional terda Kacamata, Tunanetra, Arduino, fuzzy [...]

UJIAN PADA SISTEM PEMBELAJARAN OPEN COURSE WARE MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES
Oleh : Feri Fadli Aiyub | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Open Course Ware atau disingkat dengan OCW merupakan sebuah sistem pembelajaran online dan publikasi digital yang bebas atau terbuka. Proses belajar mengajar yang ada saat ini adalah proses belajar mengajar tatap muka yang diadakan di dalam suatu kelas dimana seorang pendidik menyampaikan materi kuliah kepada sekelompok mahasiswa, dengan mengabaikan keuntungan yang ada, kontak Sistem Ujian, Pembelajaran, Open Course Ware, Fisher Yates [...]

OPTIMALISASI PERILAKU NPC ( NON PLAYER CHARACTER ) PADA GAME FIRST PERSON SHOOTER MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY
Oleh : ARIEF MAULANA | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Pengembangan kecerdasan buatan dalam sebuah game bertujuan untuk membuat aksi dan reaksi yang secara otomatis pada NPC agar game yang dimainkan lebih seru dan menantang. Dalam hal game, kecerdasan buatan mempunyai peran penting yang mampu membentuk karakter-karakter dalam game yang didasarkan pada simulasi pemikiran dan perilaku manusia. Penelitian ini menjelaskan bagaimana mengimplementasi kec Game, Logika Fuzzy, NPC [...]

PEMILIHAN KACAMATA BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN CONSTRAINED LOCAL MODELS
Oleh : T. Rahmad Effendi | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Kacamata merupakan aksesoris untuk laki-laki maupun perempuan. Dalam pemilihan kacamata, biasanya konsumen akan datang langsung ke toko dan akan memakan waktu, tenaga, dan belum tentu model yang diinginkan tersedia. Sedangkan pada toko online, konsumen hanya dapat melihat kacamata berupa gambar, tampak depan dan samping, jika kacamata yang di beli tidak sesuai keing Augmented Reality, Constrained Local Model, Kacamata. [...]

GERAKAN TARIAN SAMAN ANIMASI 3D MENGGUNAKAN METODE EXTREME LEARNING MACHINE CLASSIFIER
Oleh : Dewi Lestari | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Tari saman merupakan tarian yang mengutamakan gerakan tangan dengan berbagai motif. Tari saman memiliki bentuk gerak seperti gerak guncang (gerakan tepuk tangan penari), kirep (gerakan dada penari), lingang (gerakan tepukan paha penari), dan surang suring (gerakan tambahan). Ragam gerak pada tari saman hanya mengandalkan gerak tangan, badan dan kepala. Munculnya ber Gerakan Tarian Saman, Motion Capture, Extreme Learning Machine. [...]

SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KEJIWAAN MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING
Oleh : Wiwid andriani | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Masa remaja terdiri pada masa remaja awal (10-14 tahun), masa remaja(14-17 tahun). Pada masa remaja, banyak terjadi perubahan biologis,psikologis, maupun sosial. Prevalensi kesehatan jiwa di Indonesia adalah 18,5%yang berarti dari 1.000 penduduk terdapat sedikitnya 185 penduduk dengan gangguan kesehatan jiwa atau setiap rumah tangga terdapat seorang anggota keluarga Metode Backward Chaining, Sistem Pakar Gangguan Kejiwaan Pada Remaja [...]

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI UNIVERSITAS SAMUDRA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT
Oleh : Riki Altamald Tamba | Prog.Studi : Teknik Informatika (2021)

Pemilihan  prodi  yang  tepat  bagi  para mahasiswanya merupakan  salah  satu  faktor penunjang kelancaran kegiatan pembelajaran di UNSAM, hal tersebut dilakukan dengan tujuan setiap mahasiswa memperoleh pendidikan sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan sebagai alat bantu bagi para pengambil kepu Sistem Pendukung Keputusan, Weighting Product, Jurusan UNSAM [...]

Kembali ke atas!