Pusat Bantuan Unggah File ETD : 089514182433
3336 Data Penelitian Mahasiswa tersimpan
40377 File Mahasiswa
Berhasil Ter-unggah
Hasil Validasi
Lebih detail
PENERAPAN TEXT MINING PADA PENGECEKAN KEMIRIPAN JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK MENGGUNAKAN ALGORITMA TF-IDF DAN COSINE SIMILARITY
Oleh : Fatimah Zahara | Prog.Studi : Teknik Informatika (2024)

Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Program Studi Informatika, Universitas Samudra. Dimana setelah melakukan kegiatan kerja praktek, mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan kerja praktek masing-masing. Pembuatan laporan kerja praktek diambil berdasarkan suatu tema atau judul yang tidak boleh sama antara satu maha Text Mining, TF-IDF, Cosine Similarity, Kerja Praktek [...]

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN PENERAPAN GIS UNTUK MENGETAHUI TITIK LOKASI
Oleh : NADYA AULIZA | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pemberantasan kemiskinan di indonesia. Program tersebut rutin dijalankan pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat. Proses pendataan program ini diketahui masih belum terkomputerisasi sepenuhnya, yakni pihak berwewenang melakukan penandaan pada tiap rumah warga calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Simple Additive Weighting (SAW), Sistem Pendukung Keputusan (SPK), GIS, Website [...]

ANALISIS POLA PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI MULANA COFFEE MENGGUNAKAN METODE FREQUENT PATTERN
Oleh : EZHA ARDEVITA BEEN | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Di dunia bisnis makanan saat ini, terutama dalam bisnis yang sedang marak yaitu coffee shop, kini sudah tersedia berbagai pilihan menu selain kopi seperti teh, milk shake dan juga terdapat makanan dan dessert yang bisa dipesan. Karena banyaknya pilihan pada menu, terkadang membuat pelanggan bingung saat membeli atau memilih menu yang tersedia. Oleh karena itu, diper FP-Growth, Association Rules, Transaksi, Support, Confidence [...]

KLASIFIKASI TEKS EMOSI BAHASA BATAK TOBA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE
Oleh : MEGA YUSTIKA NAINGGOLAN | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Jenis emosi seperti malu, senang, sedih, marah dan jijik telah di kenal sejak lama dan mejadi peranan dalam komunikasi antar manusia di kehidupan sehari-hari dan menjadi aspek penting dari perilaku manusia pada umumnya. Akan tetapi penerapan emosi belum banyak di gunakan untuk interaksi antara manusia dan computer. Dalam bahasa batak toba teks emosi dapat dinyatakan Klasifikasi Emosi, Batak Toba, Support Vector Machine [...]

KLASIFIKASI CITRA UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DALAM SEL DARAH MANUSIA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Oleh : Aisyah Operadiva Arna | Prog.Studi : Teknik Informatika (2024)

Demam berdarah dengue atau yang dikenal dengan sebutan DBD adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus kepada manusia. Penyakit DBD masih menjadi salah satu penyebab terjadinya wabah besar dalam keadaan darurat yang parah maka dari itu diagnosis dini yang tepat dilakukan untuk mengu Demam Berdarah Dengue, Support Vector Machine, Gray Level Co-Occurrence Matrix [...]

OPTIMALISASI PENCARIAN JALUR TERPENDEK MOBILE ROBOT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO)
Oleh : SEPTIA HARLIANSYAH | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Teknologi robot pada zaman sekarang telah mengalami kemajuan yang pesat. Robot adalah perangkat mekanis yang dapat melakukan tugas fisik baik di bawah pengawasan dan kendali manusia atau melalui program yang tertanam dalam prosesor. Mobile robot dapat didefinisikan sebagai sistem mekanis yang dapat bergerak secara mandiri di lingkungannya. Permasalahan yang akan dit Mobile Robot, Jalur terpendek, Ant Colony Optimalization. [...]

SISTEM REKOMENDASI PROGRAM STUDI DAN UNIVERSITAS MENGGUNAKAN TEORI PSIKOLOGI ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK (RMIB) DAN METODE WEIGHTED PRODUCT
Oleh : LUTHFI FURQAN HIDAYAH | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Kesulitan dalam menentukan Program Studi dan Universitas merupakan masalah yang sering dihadapi oleh calon mahasiswa, Hal ini biasa dikarenakan kurangnya informasi mengenai Program Studi yang ingin diambil dan calon mahasiswa yang tidak memiliki pengetahuan terkait minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki sehingga mengakibatkan kebingungan dalam penentuan Program S Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product, Website [...]

PENERAPAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) PADA PEMETAAN SEBARAN GURU MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING
Oleh : Rif'ah Nurhidayah Nst | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Penempatan guru di Indonesia belum merata di beberapa wilayah, hal tersebut disebabkan diantaranya karena pengangkatan dan penempatan tenaga pengajar yang kurang tepat. Penyumbang terbesar rendahnya mutu pendidikan tentu dari wilayah pedesaan. Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meratakan penyebar Sebaran Guru, Clustering, K-Means, GIS, QGIS. ix [...]

DETEKSI KEMATANGAN PEPAYA MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI HSI (HUE, SATURATION, INTENSITY )
Oleh : SITI NUR AZIZAH SAFITRI | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Pepaya merupakan salah satu jenis buah kaya nutrisi yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi tertinggi yang ada pada buah pepaya adalah vitamin A. Pepaya juga sebagai buah klimakterik yang biasanya dipanen dan didistribusikan dalam kondisi belum matang dengan tingkat ketuaan yang bervariasi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi , pada peneliti Deteksi Kematangan Pepaya, HSI, Pengolahan Citra Digital. [...]

MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC) PADA SISTEM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING
Oleh : Rizky Fajri | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Perkembangan dunia pendidikan saat ini tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dunia pendidikan dituntut agar selalu bergerak seiring perkembangan teknologi global. Apalagi di dalam dunia pendidikan di tingkat sekolah umum dan sekolah kejuruan sangat berpengaruh sekali dalam peningkatan mutu pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar menjadi Pembelajaran, MOOC, Blended Learning [...]

SISTEM PENGATURAN JADWAL KULIAH MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIKA
Oleh : Fiki rahmita sari | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Jadwal kuliah merupakan suatu kegiatan yang sangat penting untuk dapat terlaksananya proses belajar mengajar yang baik. Dimana dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan oleh semua pihak yang terkait, bukan hanya bagi dosen yang mengajar, tetapi juga bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah. Dalam menyusun mata kuliah terdapat berbagai jenis komponen yang diperl Algoritma Genetika,Jadwal,Mata Kuliah [...]

SISTEM PENCARIAN AYAT AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE LEVENSHTEIN DISTANCE
Oleh : Rahmad Alfian Syahputra | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Penelitian ini bertujuan melakukan penerapan Levenshtein Distance pada sistem pencarian ayat pada Al-Quran yang dapat menampilkan ayat Al-Quran sesuai dengan pencarian, dan juga menghitung tingkat keberhasilan ditemukannya ayat yang dicari. Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data Al-Quran dari API Al-Quran dan juga data inputan berupa suara yang telah di ubah menjadi teks arab. Pe levenshtein distance, pencarian Al-Quran, Al-Quran [...]

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENANAMAN HIDROPONIK DENGAN METODE FUZZY LOGIC
Oleh : Rahmat Rudiyanto | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Perkembangan teknologi saat ini tidak pada bidang tertentu saja, perkembangan berpengaruh pada kemudahan semua aktifitas yang sulit untuk dilakukan manusia dapat dikerjakan dengan mudah, efektif dan efisien. Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem informasi spesifik yang ditujukan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan persoa Perkembangan Teknologi, Sistem Pendukung Keputusan, Hidroponik, Fuzzy Logic, User [...]

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT OSTEOARTHRITIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR STUDI KASUS : RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ACEH TAMIANG
Oleh : Erika Qiudandra | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif pada sendi yang melibatkan kartilago, lapisan sendi, ligamen, dan tulang sehingga menyebabkan nyeri dan kaku pada sendi yang mengidap gejala tersebut. Masyarakat sering mengabaikan rasa sakit yang terjadi saat menggerakkan bahu, pinggang, lutut dan tangan padahal rasa sakit itu berpote Osteoarthritis, Diagnosa, Gejala, K-Nearest Neighbors, Sistem Pakar [...]

PERBANDINGAN METODE ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE FOR ORDERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES) TINGKAT UNIVERSITAS SAMUDRA
Oleh : NURSABDA | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Mahasiswa berprestasi merupakan mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun kokurikuler sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Pada saat ini proses pengolahan data untuk penentuan calon mahasiswa berprestasi menggunakan sistem manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan dalam proses pengolahan data dalam menentukan mahasiswa berprestas Penilaian Kinerja, AHP, TOPSIS [...]

IMPLEMENTASI METODE SEQUENTIAL SEARCH PADA PEMBUATAN APLIKASI KAMUS TERJEMAHAN BAHASA ACEH-INDONESIA-KOREA BERBASIS ANDROID
Oleh : Lara Fitriani | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Kamus merupakan alat bantu yang digunakan untuk menerjemahkan suatu bahasa. Kamus Aceh-Indonesia-Korea dapat digunakan untuk membantu pencarian penerjemahan kata dari bahasa Aceh-Indonesia-Korea. Kamus yang umumnya berbentuk buku sulit untuk dibawa kemanapun karena tebal dan sangat berat, menggunakan buku juga sangat rumit karena banyak kata yang sulit dicari. Namun Kamus, Pencarian Kata, Pencarian Arti Kata, Sequential Search [...]

PENGENALAN TULISAN TANGAN KARAKTER AKSARA BATAK TOBA DENGAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN)
Oleh : ALFAEL MARADU ANDAR TURNIP | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Dari banyaknya budaya yang ada di Indonesia pasti memiliki bahasa yang berbeda beda. Dalam bahasa daerah ada yang memiliki huruf tersendiri sebagai bentuk penulisan atau representasi dari bahasa tersebut. Salah satu bahasa yang memiliki huruf khusus sebagai bentuk penulisan dari bahasa tersebut adalah bahasa Batak Toba yang lebih dikenal dengan tulisan aksara Batak Pengenalan, Tulisan Tangan, Aksara Batak Toba, Convolution Neural Network, Deep Learning. [...]

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KULIT MENGGUNAKAN METODE FORWARD DAN BACKWARD CHAINING
Oleh : THORIQ | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Penyakit kulit merupakan masalah kesehatan yang sangat sering dialami oleh banyak orang di kalangan masyarakat umum. Terkadang dengan adanya gejala penyakit kulit membuat kekhawatiran kepada penderita penyakit tersebut. Sehingga harus pergi ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis yang tentunya akan memakan waktu dan biaya. Untuk dapat menge Penyakit Kulit, Sistem Pakar, Metode Forward dan Backward Chaining [...]

SISTEM MONITORING KUALITAS AIR LAYAK KONSUMSI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING
Oleh : SHERLY FEBRIANTI JOHAN | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Air merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk perkembangan makhluk hidup. Sering kali masyarakat tidak mengawasi kualitas air dan standarisasi tentang keamanan air minum yang mereka konsumsi. Air dapat dikatakan berkualitas untuk keperluan sehari-hari jika memenuhi beberapa syarat, termasuk diantaranya adalah pH air (6,5 – 8,5), kekeruhan air (25 Nephelometr Kualitas Air, Internet Of Things, PH Air, Kekeruhan Air, Suhu Air [...]

PENGENALAN WAJAH BEREFEK SWAFOTO MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Oleh : ZILLA FITRIA | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Penggunaan efek swafoto pada media sosial sangat sering digunakan pada berbagai kalangan dari remaja hingga orang dewasa. Efek swafoto pada media sosial dapat memberikan hasil foto atau video yang maksimal disetiap pengambilan foto atau video sehingga terjadinya perubahan signifikan pada wajah. Efek swafoto tersebut dapat memengaruhi kemampuan mengenali orang dan be Pengenalan Wajah, Efek Swafoto, SVM [...]

SISTEM REKOMENDASI ARTIKEL ILMIAH MENGGUNAKAN CONTENT-BASED LEARNING DAN COLLABORATIVE FILTERING
Oleh : rahmatsyah | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Artikel ilmiah merupakan bentuk tulisan yang mengandung laporan-laporan terstruktur mengenai hasil dari analisis atau hasil dari penelitian yang disajikan dengan jenis ilmiah tertentu. Artikel ilmiah ialah salah satu wujud karya ilmiah, serta eksklusif buat diterbitkan pada jurnal ilmiah. Banyak data artikel ilmiah dalam sebuah web membuat data sulit di tampilkan ke pengguna sehingga menyulitka Rekomendasi Artikel, Content-based Learning, Collaborative Filtering [...]

PEMANTAUAN KINERJA PANEL SURYA SECARA REAL-TIME MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC BERBASIS IOT
Oleh : Ahda Muammar | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Teknologi Panel Surya telah mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi sumber energi terbarukan yang paling disukai. Namun, performa panel surya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lingkungan seperti debu, suhu, kelembaban, dan intensitas radiasi matahari. Pengurangan output panel surya dapat menyebabkan penurunan efisiensi sistem sekaligus meningkatkan degr Panel Surya, Fotovoltaik, Energi, Baterai, Internet of Things [...]

SISTEM ABSENSI MENGGUNAKAN FACE RECOGNITION DENGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Oleh : SELI RAMADANI | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Pengenalan wajah adalah pada sistem biometrik yang paling banyak digunakan saat ini. Sistem biometrik dengan pengenalan wajah (face recognition) dapat diterapkan dalam proses absensi. Kehadiran merupakan faktor yang sangat berguna untuk berbagai keperluan dan merupakan salah satu kriteria penilaian terpenting dalam suatu institusi. Selain dalam dunia pendidikan, keh Face Recognition, Face Detection, Absensi, Support Vector Machine (SVM) [...]

KLASTERISASI POLA PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (STUDY KASUS PENJUALAN DI TUNAS PONSEL KOTA LANGSA)
Oleh : JULIANA MAULI | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Data Mining adalah suatu proses pencarian atau penggalian suatu informasi yang dilakukan di dalam sebuah data yang besar. Clustering (pengelompokan) merupakan salah satu metode yang dilakukan di dalam proses Data Mining. Pengelompokan yang terjadi adalah mengelompokkan penjualan handphone. Atribut yang digunakan dalam melakukan pengelompokan ini adalah total penjual Data Mining, Clustering, K-Means Algoritma [...]

IDENTIFIKASI KESEGARAN DAGING SAPI BERDASARKAN WARNA MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR
Oleh : MELATY AINI SARI SIREGAR | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi salah satunya protein. Banyak penjual yang mencampur daging sapi segar dan tidak segar dalam dagangannya dengan tujuan untuk memperoleh laba yang lebih tinggi. Tingkat kesegaran daging sapi dapat dilihat secara manual dengan cara melihat langsung warna dan tekstur d Citra, Daging Sapi, Metode K-Nearest Neighbor (KNN) [...]

PELACAKAN OBJEK 2D SECARA REAL TIME MENGGUNAKAN ALGORITMA BINARY ROBUST INVARIANT SCALABLE KEYPOINTS (BRISK)
Oleh : RESHA ELFRIYANI | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Pelacakan objek memiliki peranan yang cukup penting dalam membantu proses keberhasilan suatu kegiatan di beberapa cangkupan bidang. Pada dasarnya, pelacakan objek dapat digambarkan sebagai pelacakan lokasi objek (target) dari gambar satu ke gambar lainnya. Objek-objek yang memiliki unsur seni seperti objek motif Pinto Aceh dan beberapa objek yang memiliki nilai guna Binary Robust Invariant Scalable Keypoint (BRISK), Brute Force Matcher, Homography [...]

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING ANGGORA MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : MOGUGU PETSHOP & KLINIK KOTA LANGSA)
Oleh : NUR AYNUN SIREGAR | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Kucing merupakan mamalia yang paling digemari banyak orang seperti kucing Anggora. Pecinta kucing tidak memandang usia, kebanyakan kucing ini disukai oleh semua kalangan sehingga tidak jarang kucing ditemukan dimana - mana. Kucing Anggora memiliki keperawakan yang indah dengan bulu dan wajahnya yang lucu. Sehingga tidak jarang kucing Anggora ini menjadi pawang hati Anggora, Feline Calicivirus, Helminthiasis, Dermatophytosis, Konjungtivitis, Toksoplasmsosis, Diagnosa, Gejala, Fuzzy Mamdani, Sistem Pakar [...]

SISTEM PENENTUAN JARAK TERPENDEK PADA DESTINASI WISATA ALAM ACEH TAMIANG BERBASIS GIS MENGGUNAKAN ALGORITMA DJIKSTRA
Oleh : M. ZIKRI IQFAN FAJAR | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Tempat – tempat objek wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang tersebar diberbagai daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Untuk menuju destinasi wisata alam, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Wisatawan pastinya menginginkan rute yang paling efisien untuk menuju destinasi wisata alam tujuan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Tentunya masih banyak para wisatawan tidak mengetahui rute un Algoritma Dijkstra, Rute Terpendek, Sistem Informasi Geografis [...]

VIRTUAL MAP GEDUNG BALEE JUANG KOTA LANGSA MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE
Oleh : AHYAR SYAHPUTRA | Prog.Studi : Teknik Informatika (2023)

Kota Langsa adalah salah satu kota yang berada di provinsi Aceh, Indonesia dengan luas wilayah 262,41 KM2 yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai daerah wisata, seperti lapangan merdeka Kota Langsa, taman bambu runcing, dan Gedung Balee Juang. Gedung Balee Juang merupakan gedung peninggalan kolonial Belanda sejak tahun 1920. Tujuan dari penelitian ini untuk memvi Virtual Reality (VR), Finite State Mechine (FSM), Unity 3D, Blender 3D, Google Cardboard SDK [...]

SISTEM KEUANGAN TERDESENTRALISASI PADA UANG KRIPTO MENGGUNAKAN METODE PROOF OF STAKE
Oleh : AHMAD SALEH BANCIN | Prog.Studi : Teknik Informatika (2022)

Sistem keuangan terpusat tidak memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengelola penuh keuangannya. Keuangan sepenuhnya dikendalikan oleh bank, jika bank memiliki kendala maka transaksi tidak bisa dilakukan. Selain itu sistem keuangan terpusat memiliki waktu kerja terbatas serta adanya waktu-waktu untuk maintance sehingga tidak semua transaksi bisa dilakukan selama 24 jam, kurangnya jangk DeFi, Blockchain, Staking, Reward, Cryptocirrency [...]

Kembali ke atas!