PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 5 LANGSA

Siska Agustina (2023), PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Problem based learning (pbl) merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan meningkatkan pemahaman dari materi pelajaran. Pembelajaran berbasis masalah merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan fenomena dunia nyata sebagai konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan memecahkan suatu permasalahan, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep penting dari materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pembelajaran geografi.penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental yang datanya diolah menggunakan teknik perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent ttest) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas eksperimen yaitu 82,6. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan model pembelajaran problem based learning yaitu 75,5 Sehingga peserta didik yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siska Agustina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 01-03-2024 19:17
Terakhir diubah : 24-04-2024 11:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5484
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!