Pencarian
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA
Afra Syadida (2024),
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA . Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi keragaman flora dan fauna serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk tertentu serta menguji kevalidan suatu produk. Prosedur penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analysis dilakukan proses menggambarkan atau mendefinisikan apa yang akan dilakukan dengan meliputi analisis sarana prasarana, analisis materi, analisis media pembelajaran, dan analisis aplikasi. Tahap Design membuat rancangan produk media pembelajaran Sparkol Videoscribe yang akan digunakan dengan membuat storyline dan menyusun storyboard. Tahap Development melakukan proses penerapan desain yang direncanakan dengan melibatkan 1 validator ahli materi ahli media, dan praktisi pendidik untuk menilai kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Tahap Implementation menerapkan media pembelajaran yang sudah dibuat dan uji coba dilakukan terhadap 23 peserta didik di kelas VII-1 MTs MIM Langsa. Hasil penilaian validasi ahli materi memperoleh presentase 85, 71% dengan kategori sangat layak, penilaian validasi ahli media memperoleh presentase 88,33% dengan kategori sangat layak, penilaian praktisi pendidik memperoleh presentase 80% dengan kategori sangat layak, dan pada penilaian uji coba peserta didik memperoleh presentase 88,94% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi keragaman flora dan fauna dinyatakan sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, sparkol videoscribe, keragaman flora dan faunaFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Afra Syadida |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Geografi (2024) |
Tanggal disimpan | : 26-02-2024 11:38 |
Terakhir diubah | : 05-03-2024 15:49 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2024 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5415 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |