PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA LITOSFER KELAS X DI SMAN 2 LANGSA

GITA IRIANI (2023), PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA LITOSFER KELAS X DI SMAN 2 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran pada materi dinamika litosfer kelas X, (2) Menganalisis kelayakan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran pada materi dinamika litosfer kelas X di SMA Negeri 2 Langsa Penelitian ini mengunakan jenis penlitian pengambangan (Research and Development). Prosedur yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan 4D. Terdapat 4 tahap pada pengembangan 4D, yaitu (1) Tahap define (pendefinisian), (2) Tahap design (perancangan), (3) Tahap Develop (pengembangan), dan (4) Tahap dissemination (penyebaran). Pengambilan penilaian keyalakan media pembelajaran, dengan memberikn angket kepada ahli materi dan ahli media, responden uji coba lapangan terbatas sebanyak 10 siswa dan responden uji coba lapangan luas sebanyak 38 siswa. Uji coba dilakukan di sekolah SMA Negeri 2 Langsa. Penilaian dari ahli materi untuk media pembelajaran materi dinamika litosfer ini mendapatkan nilai rata – rata sebesar 3.7 yang kategorikan sangat layak, penilaian dari ahli media mendapatkan nilai rata – rata sebesar 3.7 yang dapat disimpulkan sebagai kategori sangat layak, penilaian yang diperoleh dari uji lapangan terbatas mendapatkan nilai rata – rata sebesar 3.26 yang masuk ke kategori sangat layak, dan pada penilaian uji coba lapangan luas memperoleh nilai rata – rata sebesar 3.33 yang mana dapat disimpulkan sebagai kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Dinamika Litosfer dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Adobe Flash, dan Materi Dinamika Litosfer

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : GITA IRIANI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 25-01-2024 12:11
Terakhir diubah : 25-01-2024 12:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5271
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!