PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL DINAMIKA PLANET BUMI DAN TATA SURYA KELAS X DI SMA N 1 PEUREULAK

Khairunnisa (2024), PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL DINAMIKA PLANET BUMI DAN TATA SURYA KELAS X DI SMA N 1 PEUREULAK . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian dirancang untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Flip Book Maker pada materi mengenal dinamika planet bumi dan tata surya kelas X (2) Untuk mengetahu respon peserta didik terhadap media pembelajaran digital book menggunakan Flip Book Maker (3) Menganalisis kelayakan multimedia berbasis flip book maker sebagai media pembelajaran pada materi dinamika planet bumi kelas X. Penelitian ini mengunakan jenis penlitian pengambangan (Research and Development). Prosedur yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan 4D. Terdapat 4 tahap pada pengembangan 4D, yaitu (1) Tahap define (pendefinisian), (2) Tahap design (perancangan), (3) Tahap Develop (pengembangan), dan (4) Tahap dissemination (penyebaran). Penilaian media pembelajaran diperoleh dari penilaian para ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik, yang mana penilaian ahli media memperoleh nilai rata – rata 3,4 yang masuk ke dalam kategori sangat layak, penilaian ahli media memperoleh nilai rata rata 3,7 yang masuk ke dalam kategori sangat layak, penilaian uji coba lapangan terbatas memperoleh nilai rata – rata 3,28 yang masuk ke dalam kategori sangat layak dan pada uji lapangan luas memperoleh nilai rata – rata 3,30 dan masuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan dari data tersebut Multimedia Berbasis Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Materi Mengenal Dinamika Planet Bumi Dan Tata Surya dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Flip Book , dan Materi Mengenal Dinamika Planet Bumi Dan Tata Surya

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Khairunnisa
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 11-12-2023 13:23
Terakhir diubah : 14-12-2023 11:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5068
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!