PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) UNTUK KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

TRIWINDA (2024), PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) UNTUK KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model Discovery Learning yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PJBL) dan discovery learning (DL) untuk kemampuan bernalar kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Unggul Cut Nyak Dhien, Kota Langsa. Sampel yang digunakan adalah XI.1 dan kelas XI.2 Tahun pelajaran 2023-2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan teknik analisis data non-parametrik Uji Kruskal Wallis dan Uji Mann-Whitney U. Kelas XI.1 dan Kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Model project based learning diterapkan pada kelas eksperimen I, sedangkan Model discovery learning diterapkan pada kelas eksperimen II. Instrumen tes yang digunakan merupakan berupa soal Essay untuk mengetahui hasil keterampilan bernalar kritis siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh model project based learning (PJBL) dan discovery learning (DL) terhadap kemampuan bernalar kritis siswa. hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada model project based learning (PJBL) 75 dan 76 untuk model discovery learning (DL), hasi uji Kruskal Wallis menunjukan adanya interaksi antara kedua model pembelajaran sedangkan hasil uji Mann-Whitney U, untuk model project based learning diperoleh nilai 490.00 dan model discovery learning sebesar 330.00. Hal ini berarti model project based learning (PJBL) lebih baik jika dibandingkan dengan model discovery learning (DL).


 


 

Kata kunci : Pengaruh, Kemampuan Bernalar Kritis, Project Based Learning, Discovery Learning

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : TRIWINDA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 04-03-2024 17:09
Terakhir diubah : 19-03-2024 14:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5496
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!