PENGARUH METODE EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BENTUK PERMUKAAN BUMI

Ayu Nasri (2024), PENGARUH METODE EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI BENTUK PERMUKAAN BUMI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam membahas kajian geografi, maka kreativitas menjadi salah satu tolok ukur yang penting bagi guru dan siswa. Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk menemukan cara-cara bagi pemecahan suatu masalah yang dihadapi siswa dalam situasi belajar yang berdasarkan tingkah laku siswa guna menghadapi perubahan yang tidak dapat dihindari dalam perkembangan proses belajar siswa. Akan tetapi, kesempatan siswa untuk dapat mengembangkan kreativitasnya di dalam belajar menjadi berkurang karena selama pembelajaran siswa hanya dihadapkan dengan model pembelajaran yang monoton dan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode explicit instruction dengan  karya seni grafis lukis dalam teknik gores terhadap kreativitas siswa di Kelas X MAN 2 Langsa pada materi bentuk permukaan bumi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantittaif dengan desain pre eksperimen design dengan one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian ini merupakan siswa MAN 2 Langsa, tahun pelajaran 2023/2024 semester genap yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes essai. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Independent Simple T-Test. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh bahwa terdapat pengaruh metode explicit instruction dengan karya seni grafis lukis dalam teknik gores terhadap kreativitas siswa di Kelas X MAN 2 Langsa pada materi bentuk permukaan bumi. Hal tersebut berdasarkan hasil uji Independent Simple T-Test, yaitu 0,000 (0,000 < 0,05) yang menandakan bahwa perbedaan  kreativitas siswa dalam materi bentuk permukaan bumi di MAN 2 Langsa sebelum diterapkan dan sesudah diterapkan karya seni grfais lukis dalam teknik gores melalui metode pembelajaran langsung (explicit instruction) adalah signifikan.


 


 


 

Kata kunci : Kreativitas, Metode Explicit Instruction, Bentuk Permukaan Bumi, Karya Seni Lukis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ayu Nasri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 29-04-2024 15:40
Terakhir diubah : 29-05-2024 15:37
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5690
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!