PERSEPSI RISIKO DAN FATALISMEMASYARAKAT DESA ALUE IE MIRAH TERHADAP BAHAYA BANJIR DIKECAMATAN INDRAMAKMUR KABUPATEN ACEH TIMUR

Putri Agustin Daulay (2024), PERSEPSI RISIKO DAN FATALISMEMASYARAKAT DESA ALUE IE MIRAH TERHADAP BAHAYA BANJIR DIKECAMATAN INDRAMAKMUR KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat persepsi risiko dan fatalisme masyarakat Desa Alue Ie Mirah yang bertempat tinggal di Desa Alue Ie Mirah,Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh terhadap bahaya banjir, total seluruh responden dalam penelitian iniadalah 30 subjek dan seluruh responden di dalam penenlitian ini pernah mengalami bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner sebagai instrumen penelitian dan studi dokumentasi sebagai data pendukung penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat tentang Bencana banjir, tingkat persepsi risiko dan tingkatfatalisme, kategorisasi skor dilakukan dengan mengunakan mean teoritik sebagai acuan. Tingkat persepsi risiko masyarakat Desa Alue Ie Mirah dan tingkat fatalisme berdasarkan hasil analisis dan kategorisasi didapat kesimpulan bahwa tingkat persepi risiko masyarakat Desa Alue Ie Mirah terhadap bahaya banjirmasuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase 80,9 % dan tingkat fatalisme yang tergolong dalam kategori tinggi dengan hasil persentase 80,9 %.

Kata kunci : Persepsi risiko, fatalisme, bencana banjir .

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Agustin Daulay
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 20-05-2024 10:51
Terakhir diubah : 04-06-2024 11:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5791
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!