PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA

Efatri Muswika (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran yang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi geografi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran generatif dan dengan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan model konvensional di SMA N 5 Langsa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Mata Pelajaran Geografi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy exsperiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X Jurusan IPS, dengan sampel penelitian yaitu kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 3 berjumlah 46 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode quasy exsperiment. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas isi kemudian untuk reliabilitasnya menggunakan rumus Spearman Brown dengan bantuan program SPSS. Tingkat kesukaran soal berada pada kategori sedang dan daya beda soal dengan kriteria baik. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t yang berbasis model pembelajaran generatif pada Mata Pelajaran Geografi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil nilai signifikansi uji-t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 sehingga diperoleh keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model generatif dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Dari hasil penelitian maka diketahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa. Hasil rata-rata Post-Test kelas eksperimen sebesar 75,09 sedangkan hasil rata-rata Post-Test kelas kontrol sebesar 66,61 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran generatif pada Mata Pelajaran Geografi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Efatri Muswika
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2024)
Tanggal disimpan : 11-12-2023 13:06
Terakhir diubah : 07-02-2024 08:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5067
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!