PENGARUH KEBERADAAN PETERNAKAN AYAM BOILER TERHADAP KUALITAS AIR BAKU DI DESA LAE ORAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM

JUWITA KHAIRANI (2022), PENGARUH KEBERADAAN PETERNAKAN AYAM BOILER TERHADAP KUALITAS AIR BAKU DI DESA LAE ORAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ayam boiler merupakan jenis ayam unggulan hasil persilangan bangsabangsa ayam yang memiliki produktifitas tinggi. Namun sangat disayangkan letak pemukiman ini masi sangat dekat dengan pemukiman, salah satunya terletak di Desa Lae Oram, Kabupaten Subulussalam. Letaknya sangat dekat dengan pemukiman mengakibatkan berbagai masalah bagi lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi kualitas air baku. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana pengaruh letak peternakan ayam boiler terhadap kualitas air baku di lingkungan sekitar.


Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan lokasi sebaran sampel yang diambil sebanyak 4 titik yang berjarak 0-300 meter dari sumber pembuangan limbah peternakan dengan masing-masing sampel berjarak 100 meter. Kemudian melakukan tes uji laboratorium untuk mengetahui
kandungan zat organik dan pH.


Hasil penelitian menunjukkan jarak 0-100 meter dari pembuangan limbah pembuangan peternakan ayam boiler air baku tidak layak untuk dikonsusmsi. Jarak 200-300 meter dari peternakan ayam boiler air layak untuk dikonsumsi.

Kata kunci : Peternakan Ayam Boiler, Desa Lae Oram, Air Baku

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : JUWITA KHAIRANI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2022)
Tanggal disimpan : 28-02-2024 11:55
Terakhir diubah : 28-02-2024 12:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5446
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!