REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) DI SMA NEGERI 1 BADAR

Ega Maiyuri (2023), REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PELAJARAN FISIKA MATERI SUHU DAN KALOR DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) DI SMA NEGERI 1 BADAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu sains yang mempelajari peristiwa alam dalam kehidupan sehari-hari dan mengutamakan penguasaan konsep. Konsep merupakan salah satu aspek penting bagi peserta didik. Pemahaman konsep tersebut memberikan tujuan dalam penelitian ini untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada pelajaran fisika materi suhu dan kalor dengan pendekatan SETS (Science Environmet Technology Society) di SMA Negeri 1 Badar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan responden sebanyak 22 siswa-siswi. Instrumen Diagnostik tes menggunakan soal tes dalam bentuk pilihan ganda beserta alasannya yang dilengkapi dengan indeks CRI siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan miskonsepsi siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,45 yang termasuk ke dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata Pretest 35% dan Posttest sebesar 65%. Penurunan miskonsepsi juga menurun secara signifikan yang dapat dilihat dari nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan terdapat penurunan miskonsepsi dari pendekatan SETS (Science Environment Technology Society). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai miskonsepsi siswa pada pretest 30 dan posttest 10 termasuk ke dalam kategori rendah.

Kata kunci : Miskonsepsi, Suhu dan Kalor, Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society).

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ega Maiyuri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 06-11-2023 16:18
Terakhir diubah : 10-11-2023 11:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4912
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!