PENGARUH MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS ETNOFISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Muhammad Agussalim (2024), PENGARUH MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS ETNOFISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu perwujudan dari berpikir tingkat tinggi, hal ini dikarenakan kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan kognitif yang paling tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbasis etnofisika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 2 Langsa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini sebanyak 54 siswa dengan 27 siswa pada kelas eksperimen dan 27 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes esai kemampuan berpikir kreatif siswa, angket respon siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat bahwa indikator fluency pada kelas kontrol nilai N-Gain sebesar 0,37 meningkat menjadi 0,59 di kelas eksperimen. Indikator flexibility pada kelas kontrol nilai N-Gain sebesar 0,20 meningkat menjadi 0,58 di kelas eksperimen. Indikator originality pada kelas kontrol nilai N-Gain sebesar 0,53 meningkat menjadi 0,61 di kelas eksperimen, dan Indikator elaboration pada kelas kontrol nilai N-Gain sebesar 0,14 meningkat menjadi 0,77 di kelas eksperimen; (2) respon siswa terhadap penerapan model PjBL (Project Based Learning) berbasis etnofisika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan respon yang positif. Maka dari itu secara keseluruhan terdapat pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbasis etnofisika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Kata kunci : PjBL (Project Based Learning), Etnofisika, Berpikir Kreatif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Agussalim
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2024)
Tanggal disimpan : 20-11-2023 12:08
Terakhir diubah : 24-11-2023 10:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4965
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!