PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD LEARNING PHYSICS SISWA

KHAIRATUL NISA RITONGA (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD LEARNING PHYSICS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang semakin maju dapat mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia, seperti halnya dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran yang kurang menarik akan mempengaruhi attitude toward learning physics siswa, maka dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan attitude toward learning physics siswa seperti media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) atau lebih dikenal penelitian dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Eksperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanysk 60 siswa dengan 30 siswa pada kelas kontrol dan 30 siswa pada kelas eksperimen dengan masing-masing 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki pada setiap kelas. Adapun peningkatan attitude toward learning physics pada indikator adopsi sikap ilmiah sebesar 0,29 dengan interpretasi rendah pada kelas kontrol dan 0,71 dengan interpretasi tinggi pada kelas eksperimen. Peningkatan attitude toward learning physics pada indikator kesenangan siswa terhadap pembelajaran fisika sebesar 0,16 dengan interpretasi rendah pada kelas kontrol dan 0,74 dengan interpretasi tinggi pada kelas eksperimen. Peningkatan attitude toward learning physics pada indikator ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika sebesar 0,11 dengan interpretasi rendah pada kelas kontrol dan 0,71 dengan interpretasi tinggi pada kelas eksperimen. Maka dari itu secara keseluruhan terdapat peningkatan attitude toward learning physics siswa setelah diterapkannya media pembelajaran energi terbarukan berbasis Augmented Reality (AR).

Kata kunci : Augmented Reality (AR), Attitude Toward Learning Physics, Praktis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : KHAIRATUL NISA RITONGA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 01-02-2024 11:40
Terakhir diubah : 01-02-2024 11:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5312
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!