PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SISWA SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA

Dion Bagus DS (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SISWA SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian didasari oleh kurangnya siswa dalam memahami konsep-konsep fisika karena metode pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Lawe Sigala-gala masih menggunakan metode konvensial. Sehingga pembelajaran cenderung kurang kondusif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa di mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran fisika. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september hingga november 2021 di SMA Negeri 1 Lawe Sigala-gala. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA1 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest – posttest, penilaian antar teman dan penilaian mini project. Hasil penelitian yang diperoleh didapatkan nilai rata-rata pretest siswa sebesar 43,71 dan nilai rata-rata posttest siswa meningkat menjadi 82,94. Perhitungan keefektifan menggunakan rumus hake didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71 (kategori sedang). Hasil penelitian yang diperoleh pada penilaian afektif secara keseluruhan persentase rata-rata yang didapatkan sebesar 85,69 (kategori baik). Dan untuk hasil penelitian pada penilaian psikomotor secara keseluruhan didapatkan persentase rata-rata sebesar 79,17 termasuk kategori baik. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika terutama pada materi usaha dan energi.

Kata kunci : Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dion Bagus DS
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 02-02-2024 11:36
Terakhir diubah : 13-02-2024 09:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5330
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!