PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS MIKROKONTROLER PADA GERAK JATUH BEBAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA

SITI HUMAIROH (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM BERBASIS MIKROKONTROLER PADA GERAK JATUH BEBAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media praktikum berbasis mikrokontroler yang layak dan efektif untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian perkembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik on probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Langsa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 berjumlah 35 siswa. Pada tahap pengembangan, diperoleh hasil validasi media sebesar 92,4% (Sangat Layak), dan hasil validasi materi pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 83,2% (Sangat Layak). Kemudian diperoleh hasil validasi Instrument tes Keterampilan Proses Sains (KPS) sebesar 80,4% (Sangat Layak) dan validasi instrument respon siswa sebesar 80,12% (Layak). Pada tahap implementasi diperoleh nilai KPS pada saat melakukan kegiatan praktikum sebesar 80,58%, dan peningkatan KPS dapat dilihat secara signifikan dengan kategori sedang (N-Gain 0,47). Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media mikrokontroler diperoleh sebesar 82,04%. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh dari Pengembangan Media Praktikum Berbasis Mikrokontroler pada Gerak Jatuh Bebas sudah sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dengan layak.

Kata kunci : Media Praktikum, Mikrokontroler, Keterampilan Proses Sains

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SITI HUMAIROH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 09:53
Terakhir diubah : 25-01-2024 11:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4515
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!