EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

Krismanto Ramadan (2023), EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Case Method adalah alternatif dari aktivitas belajar mengajar dengan pola penerapan berupa metode kasus dari permasalahan terkait dengan materi perkuliahan yang bisa saja bersumber dari lingkungan internal organisasi ataupun dari lingkungan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Case Method dan Project Based Learning di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Samudra. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan metode survey. Sampel penelitian ini berjumlah 35 Mahasiswa angkatan 2019-2022 Prodi Pendidikan Fisika dan 3 Dosen Prodi Pendidikan Fisika. Instrumen penelitian terdiri dari 4 Indikator yaitu Context, Input, Procces, Product (CIPP). Masing-masing indikator terdiri dari Contect (28,2 %) kategori sedang, Input (28%) kategori rendah, Procces (27,4%) kategori rendah, Product (27,8%) kategori rendah, dan berdasarkan nilai rata-rata keempat indikator efektivitas pembelajaran diperoleh (27,8%) dengan kategori rendah, yang artinya pelaksanaan proses pembelajaran Case Method dan Project Based Learning di Program Studi Pendidikan Fisika belum terlaksana dengan baik.  

Kata kunci : Case Method, Project Based Learning (PjBL), Model CIPP

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Krismanto Ramadan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 14-09-2023 15:38
Terakhir diubah : 17-01-2024 14:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4549
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!